Uji Diagnostik Antigen Tuberkulosis Kuantitatif dibandingkan dengan Tes Cepat Molekuler dan Pewarnaan Bakteri Tahan Asam pada Spesimen Sputum Subjek Terduga Tuberkulosis

Siska, Fran and dr. Agustin Iskandar, M.Kes, Sp.PK(K) and dr. Catur Suci Sutrisnani, M.Biomed, Sp.PK (K). (2021) Uji Diagnostik Antigen Tuberkulosis Kuantitatif dibandingkan dengan Tes Cepat Molekuler dan Pewarnaan Bakteri Tahan Asam pada Spesimen Sputum Subjek Terduga Tuberkulosis. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar Belakang: Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penderita Tuberkulosis tertinggi. Tuberkulosis disebabkan oleh anggota dari spesies Mycobacterium tuberculosis complex. M. tuberculosis mengsekresikan protein imunogenik, terdapat 3 protein yang paling banyak diteliti yaitu MPT-64, ESAT-6, dan CFP-10. Ketiga protein ini hanya disekresikan oleh M. tuberculosis yang virulen dan hidup. Tujuan Penelitian: Mengetahui performa diagnostik antigen Tuberkulosis kuantitatatif dalam diagnosis TB. Metode: Studi potong lintang menggunakan sembilan puluh enam sampel sputum terduga Tuberkulosis. Diagnosis Tuberkulosis ditegakan berdasarkan hasil TCM. Pemeriksaan Antigen Tuberkulosis menggunakan ICT dengan tiga antibodi monoklonal terhadap protein TB yang dikuantifikasi dengan reader sedangkan pemeriksaan BTA dilakukan dengan pewarnaan Ziehl Neelsen. Analisis diagnosis menggunakan kurva ROC dengan membandingkan hasil Antigen TB dengan TCM dan Antigen TB dengan BTA. Hasil dan Pembahasan: Terdapat perbedaan rerata kadar antigen TB kuantitatif antara kelompok TB dan nonTB, (p<0,05). TB antigen memiliki AUC=0,867 (p<0,05), sensitivitas 88,88%, nilai spesifitas 80,77%, nilai ramal positif 51,61%, nilai ramal negatif 96,92% dan nilai akurasi diperoleh 82,30%. Kesimpulan: Antigen Tuberkulosis kuantitatif memiliki performa diagnostik yang baik dan dapat dipertimbangkan sebagai salah satu metode diagnosis Tuberkulosis.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0421060034
Uncontrolled Keywords: Antigen Tuberkulosis Kuantitatif, pewarnaan BTA, TCM, Tuberkulosis paru, ICT, reader
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.07 Pathology
Divisions: Profesi Kedokteran > Spesialis Patologi Klinik, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Jun 2022 01:59
Last Modified: 13 Jun 2022 01:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190990
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fran Siska.pdf
Restricted to Registered users only until 6 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item