Literature Review : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Nelayan Pesisir

Savero, Alifa Naufal Anja and Dr. Ir. Pudji Purwanti, MP (2022) Literature Review : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Nelayan Pesisir. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam memenuhi persyaratan kelulusan kuliah jenjang sarjana (S1). Skripsi ini mengambil judul “ Literature Review : Analisis Fakto-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Nelayan Pesisir”. Penelitian ini menggunakan metode Literature review. Literature review merupakan metode dalam menyelesaikan suatu permasalahan berdasarkan fakta dan uji hipotesis dari penelitian terdahulu yang sejalan. Sumber-sumber pustaka diambil dari search engine google, mencakup jurnal-jurnal dari 10 tahun sebelumnya yang terdiri dari jurnal internasional dan jurnal nasional. Kesejahteraan masyarakat nelayan pesisir menjadi fokusan dalam bahasan penelitian ini, yang meneliti tentang seberapa berpengaruhnya variabel pendapatan dan variabel konsumsi terhadap peningkatan kesejahteraan rumah tangga nelayan pesisir. Kesejahteraan rumah tangga nelayan pesisir menjadi permasalahan yang tidak kunjung selesai dari tahun ke tahun menjadikan latar belakang pengangkatan tema penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan, variabel pendapatan berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan nelayan pesisir. Hal itu ditunjukkan dengan meningkatnya pola konsumsi nelayan jika pendapatan dari hasil tangkapan mereka meningkat. Meningkatnya pendapatan nelayan dipengaruhi beberapa faktor antara lain : modal kerja, pengalaman kerja, jumlah tenaga kerja, lama waktu melaut, jenjang pendidikan, teknologi, jumlah hasil tangkapan. Variabel konsumsi juga menjadi sebab naik turunnya taraf kesejahteraan rumah tangga nelayan. pola konsumsi nelayan sangat mempengaruhi, seberapa besar tingkat konsumsi yang dihabiskan dari hasil tangkapan terhadap kebutuhan rumah tangga mereka. Maka perencanaan pola konsumsi menjadi faktor pengaruh dalam peningkatan kesejahteraan rumah tangga nelayan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522080004
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 10 Jun 2022 09:14
Last Modified: 10 Jun 2022 09:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190960
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ALIFA NAUFAL ANJA SAVERO.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item