Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Aplikasi Fintech Berbasis Peer-To-Peer Lending Dalam Perspektif Utaut2

Rizkiyah, Ainul and Nurlita Novianti,, SE., MSA., Ak (2021) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Aplikasi Fintech Berbasis Peer-To-Peer Lending Dalam Perspektif Utaut2. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan memprediksi pengaruh ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, motivasi hedonis, nilai harga, dan kebiasaan terhadap niat perilaku dan perilaku penggunaan aplikasi fintech berbasis peer-to-peer (P2P) lending. Sampel dari penelitian ini berjumlah 93 milenial yang telah menggunakan layanan P2P lending. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survei dengan teknik purposive sampling. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan bantuan aplikasi SmartPLS 3.3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekspektasi kinerja, pengaruh sosial, dan motivasi hedonis berpengaruh positif terhadap niat perilaku penggunaan aplikasi fintech berbasis P2P lending, sedangkan ekspektasi usaha, dan nilai harga tidak berpengaruh terhadap niat perilaku penggunaan aplikasi fintech berbasis P2P lending. Selanjutnya, kondisi yang memfasilitasi juga tidak berpengaruh terhadap perilaku penggunaan, sedangkan kebiasaan dan niat perilaku berpengaruh positif terhadap perilaku penggunaan aplikasi fintech berbasis P2P lending

English Abstract

his study aims to explain and predict the effect of performance expectations, business expectations, social influences, facilitating conditions, hedonic motivation, price values, and habits on behavior and intentions to use peer to peer (P2P) lending based fintech applications. The samples of this study include 93 millennials of P2P lending service users. The data are collected through survey method with purposive sampling technique, and analyzed by Partial Least Square (PLS) utilizing SmartPLS 3.3 software. The results of this study indicate that performance expectations, social influence, and hedonic motivation have a positive effect on behavior and intentions to use P2P lending-based fintech applications, while business expectations, and price values do not affect behavior and intentions to use P2P lending-based fintech applications. Furthermore, the facilitating conditions has no effect on usage behavior, while habits and intentions have a positive effect on the behavior of using P2P lending-based fintech applications.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020325
Uncontrolled Keywords: UTAUT2, Aplikasi, Fintech, Peer-to-Peer Lending, Milenial, UTAUT2, Applications, Fintech, Peer to Peer Lending, Millennials
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Jun 2022 03:13
Last Modified: 10 Jun 2022 03:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190920
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ainul Rizkiyah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item