Pengaruh Psikoedukasi Berbasis Neuro Linguistic Programming Terhadap Tingkat Adiksi Gawai pada Anak

Wicaksono, Phandhu and Ns. Sholihatul Amaliya, S.Kp., M.Kep., Sp.Kep.An. and Dr. Asti Melani Astari, S.Kp., M.Kep., Sp.Kep.Mat (2021) Pengaruh Psikoedukasi Berbasis Neuro Linguistic Programming Terhadap Tingkat Adiksi Gawai pada Anak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada tahun 2019, pengguna internet di Indonesia memiliki waktu penggunaan internet melalui gawai rata-rata mencapai 8 jam per hari. Dari hasil studi pendahuluan terhadap siswa Kelas VI di SDN Pandian 1 Sumenep yang menggunakan smartphone pada tanggal 04 September 2021, didapatkan hasil bahwa 62,5% siswa memiliki rata-rata penggunaan smartphone lebih dari 7 jam per hari untuk mengakses media sosial dan bermain gim. Angka tersebut melampaui rata-rata global yang hanya menghabiskan waktu 6 jam 43 menit di internet per harinya. Untuk menangani adiksi seperti ini, intervensi harus sudah dimulai sejak tingkat pendidikan awal. Perubahan perilaku pada seseorang dapat diwujudkan dengan programming pada data di dalam pikiran melalui Neuro- linguistic Programming (NLP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi berbasis NLP terhadap tingkat adiksi gawai pada anak. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pendekatan one group pre-post-test dan melibatkan 32 responden yang dipilih melalui purposive sampling. Karakteristik responden mayoritas adalah perempuan dengan usia 11 tahun. Setelah diberikan psikoedukasi, rata-rata durasi penggunaan menjadi 6,4 jam/hari. Mayoritas orangtua responden memiliki latar belakang pendidikan SMA dan bekerja sebagai wirausahawan serta memiliki penghasilan dibawah Rp1.000.000. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan dan peghasilan orang tua terhadap tingkat adiksi gawai pada anak dengan nilai Sig. (2-tailed) masing-masing sebesar 0,688 dan 0,323. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi Shapiro Wilk adalah sebesar 0,289 dan nilai Sig.(2-tailed) dalam uji Paired Sample t-Test sebesar 0,001. Dapat ditarik kesimpulan bahwa pemberian psikoedukasi berbasis Neuro Linguistic Programming dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat adiksi gawai pada anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521060345
Uncontrolled Keywords: Adiksi, Anak, Psikoedukasi, NLP, Neuro Linguistic Programming
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:50
Last Modified: 10 Oct 2024 01:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190876
[thumbnail of Phandhu Wicaksono_unlocked (1).pdf] Text
Phandhu Wicaksono_unlocked (1).pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item