Penjadwalan Produksi Dan Distribusi Yang Terintegrasi Untuk Meminimalkan Total Biaya Dengan Menggunakan Modifikasi Koloni Semut (Studi Kasus Pt. Blambangan Foodpackers Indonesia)

Sukmarini, Mita Akbar (2019) Penjadwalan Produksi Dan Distribusi Yang Terintegrasi Untuk Meminimalkan Total Biaya Dengan Menggunakan Modifikasi Koloni Semut (Studi Kasus Pt. Blambangan Foodpackers Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang optimasi menggunakan modifikasi koloni semut untuk menyelesaikan penjadwalan produksi dan distribusi yang terintegrasi. Modifikasi yang dilakukan adalah penambahan dua seleksi algoritma genetika pada algoritma koloni semut, yaitu roulette wheel selection dan elitism selection. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan jadwal produksi dan distribusi yang optimal, sehingga dapat meminimalkan total biaya. Pada penjadwalan produksi, terdapat empat job yang akan dijadwalkan pada empat mesin, sedangkan pada penjadwalan distribusi, terdapat tujuh customer yang harus dikunjungi. Optimasi dilakukan dengan menjalankan program modifikasi koloni semut pada matlab dengan menggunakan berbagai nilai parameter. Jadwal produksi optimal yang didapatkan adalah J4−J1−J3−J2, dengan penghematan biaya dalam satu kali proses produksi sebesar Rp 177.560,00. Jadwal distribusi optimal yang didapatkan adalah PT−C3−C6−C7−C2−C1−C4−C5−PT dan PT−C5−C4−C1−C2−C7−C6−C3−PT. Dalam satu kali proses pengiriman produk, biaya distribusi menurun sampai Rp 33.250,00. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang diusulkan sesuai untuk diaplikasikan pada permasalahan penjadwalan produksi dan distribusi yang terintegrasi, khususnya yang telah diteliti pada PT. Blambangan Foodpackers Indonesia. Penjadwalan menggunakan modifikasi algoritma koloni semut memberikan hasil yang baik, dimana total biaya dapat ditekan sampai 13,8% dengan penuruan total biaya sebesar Rp 210.810,00.

English Abstract

This study discusses optimization using modification of ant colony optimization to solve scheduling of integrated production and distribution. The modification is done by adding two selections from the genetic algorithm on the ant colony algorithm, namely roulette wheel selection and elitism selection. The purpose of this study is to obtain an optimal production and distribution schedule, such that it can minimize the total cost. In production part, there are four jobs that will be scheduled on four machines, while in distribution part, there are seven customers that must be visited. Optimization is done by running a modified ant colony program in matlab using various parameters values. Based on the experiments conducted, the optimal production schedule is J4−J1−J3−J2, with cost savings in one production process is Rp177,560.00 and the optimal schedule in distribution is PT−C3−C6−C7−C2− C1−C4−C5−PT and PT−C5−C4−C1−C2−C7−C6−C3−PT. In one product delivery process, distribution costs decrease to Rp33,250.00. The results of this study show that the proposed method is suitable for applied to solve integrated production and distribution scheduling problems, especially that have been studied at PT. Blambangan Foodpackers Indonesia. Scheduling using modified ant colony algorithm gives good results, where total costs can be reduced to 13.8% with total reduction costs is Rp 210,810.00.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/519.6/SUK/p/2019/041903400
Uncontrolled Keywords: koloni semut, roulette wheel selection, elitism selection, penjadwalan terintegrasi,-ant colony optimization, roulette wheel selection, elitism selection, integrated scheduling.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.6 Mathematical optimization
Divisions: S2/S3 > Magister Matematika, Fakultas MIPA
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:00
Last Modified: 09 Jun 2022 03:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190874
[thumbnail of MITA AKBAR SUKMARINI.pdf] Text
MITA AKBAR SUKMARINI.pdf

Download (12MB)

Actions (login required)

View Item View Item