Analisis Sebaran dan Distribusi Sedimen di Kali Porong dan Muaranya Akibat Pembuangan Lumpur Sidoarjo

Saputro, Robert Agung Abdi and Prof.Dr.Ir.Suhardjono, MPd.Dipl. HE. and Prof.Dr.Ir.Tri Juwono., MT. (2021) Analisis Sebaran dan Distribusi Sedimen di Kali Porong dan Muaranya Akibat Pembuangan Lumpur Sidoarjo. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dengan ditambahkannya fungsi Kali Porong yang semulanya hanya sebagai Kanal Banjir DAS Brantas menjadi untuk penanganan luapan lumpur Sidoarjo, maka diperlukan studi mengenai kapasitas pengaliran Kali Porong agar tetap terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kapasitas Kali Porong. Studi ini melihat dari bagaimana pola sebaran sedimen, pola endapan sedimen, distribusi sedimen sungai akibat pembuangan lumpur, dan bagaimana dampak dari pembuangan lumpur terhadap kapasitas Kali Porong, serta apakah pembuangan lumpur tersebut berdampak Buruk terhadap kualitas air Kali Porong. Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder mulai dari data topografi dan Bathimetri Kali Porong, penampang sungai dan pola sebaran sedimen lapangan. Setelah data terkumpul, dilakukan analisis data lapangan dan sekunder, analisa oceanografi mura Kali, dan analisa hidrolika sungai. Berdasarkan kajian terhadap kapasitas Kali Porong, guna mempertahankan kaspasitasnya, maka dibutuhkan perlindungan tebing dan tanggul sepanjang ruas sungai percabangan menuju utara baik kiri dan kanan aliran. Untuk melindungi kawasan tambak masyarakat perlu adanya tanggul dan atau kegiatan pengerukan sungai di sepanjang ruas mulai percabangan hingga muara Pulau Lusi. Selain itu, diperlukan pula penambahan input buatan yaitu berupa pengarah aliran seperti Krib Submearsible yang disusun atas kontruksi tiang pancang untuk menangani permasalahan endapan sungai di bagian kanan aliran mulut percabangan Kali Porong.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0421070003
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : lumpur Sidoarjo, kali Porong, sedimentasi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Pengairan, Fakultas Teknik
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 30 May 2022 07:06
Last Modified: 16 Jun 2022 03:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190783
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ROBERT AGUNG ABSI SAPUTRO.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (19MB)

Actions (login required)

View Item View Item