Setyaningrum, Nimas Ageng and Dr.Eng Oke Oktavianty, S.Si., MT. (2022) Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Balance Scorecard (Studi Kasus Pada Perusahaan Benih Padi UD Sari Makmur Banyuwangi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
UD Sari Makmur Banyuwangi merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri benih padi. Dalam persaingan dunia usaha yang semakin ketat, tidak ada lagi pilihan bagi perusahaan selain meningkatkan kemampuan bersaing dalam pasar lokal maupun global. Oleh karena itu dengan adanya pengembangan strategi perusahaan dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard membantu perusahaan untuk melakukan pengukuran kinerja secara akurat yaitu dengan memperhitungkan aspek keuangan maupun aspek non keuangan agar mampu mengoptimalkan pertumbuhan dan peningkatan kinerja usahanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan Balanced Scorecard sebagai alat pengukuran kinerja dan dasar pengembangan strategi pada perusahaan benih UD Sari Makmur Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan dengan pengukuran kinerja menggunakan Balanced Scorecard. Jenis penelitian ini adalah penelitian tanpa hipotesis, dimana semua data yang disajikan diperoleh dari hasil penelitian. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang diperoleh melalui wawancara dan observasi, sedangkan data kuantitatif berupa laporan laba rugi, penjualan, data pelanggan dan data karyawan. Teknik analisis data yang dilakukan adalah melakukan pemahaman visi, misi, dan strategi perusahaan, mendesain KPI dari masing-masing perspektif Balanced Scorecard dan menetapkan targetnya, membandingkan hasil analisis kinerja dengan target yang ingin dicapai perusahaan, kemudian melakukan pengambilan keputusan untuk alternative terbaik pada setiap perspektif Balanced Scorecard dan KPI pada setiap perspektif Balanced Scorecard dengan metode analytical hierarchy process (AHP), selanjutnya dilakukan pengukuran objective matrix (OMAX) dan traffic light system untuk mengetahui KPI yang memerlukan perbaikan. Hasil penelitian dengan menggunakan Balanced Scorecard menunjukkan bahwa kinerja perspektif keuangan yang diukur dengan rasio margin laba kotor, margin laba bersih, return on assets (ROA), current ratio dan total assets turnover (TATO) sudah cukup baik meskipun pencapaian untuk efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan assets perusahaan masih sangat kecil. Pada perspektif pelanggan, untuk retensi pelanggan, akuisisi pelanggan dan jumlah keluhan pelanggan sudah baik, meskipun pencapaian untuk mendapatkan pelanggan baru masih sedikit. Perspektif proses bisnis internal untuk jumlah inovasi produk dan jumlah frekuensi rapat evaluasi perusahaan juga sudah baik. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan untuk produktivitas karyawan, retensi karyawan, dan pelatihan pegawai cukup baik, meskipun pada produktivitas karyawan perusahaan belum mencapai target yang diharapkan.
English Abstract
UD Sari Makmur Banyuwangi is a company engaged in the rice seed industry. In the increasingly fierce competition in the business world, companies have no choice but to increase their ability to compete in local and global markets. Therefore, the development of a company strategy using the Balanced Scorecard concept helps companies to measure performance accurately, by taking into account both financial and non-financial aspects in order to optimize growth and improve business performance. The purpose of this research is to apply the Balanced Scorecard as a performance measurement tool and the basis for developing strategies at the seed company UD Sari Makmur Banyuwangi. This research was done with measuring performance using the Balanced Scorecard. This type of research is a research without a hypothesis, where all the data presented are obtained from the results of the study. The type of data used is qualitative data obtained through interviews and observations, while quantitative data in the form of income statements, sales, customer data and employee data. The data analysis technique used is to understand the company's vision, mission, and strategy, design KPIs from each Balanced Scorecard perspective and set targets, compare the results of performance analysis with the targets to be achieved by the company, then make decisions for the best alternative in each perspective. Balanced Scorecard and KPI in each perspective of the Balanced Scorecard using the analytical hierarchy process (AHP) method, then measuring the objective matrix (OMAX) and traffic light system to determine the KPIs that need improvement. The results of the study using the Balanced Scorecard show that the performance of the financial perspective as measured by the ratio of gross profit margin, net profit margin, return on assets (ROA), current ratio and total assets turnover (TATO) is quite good even though the achievement for efficiency and effectiveness in using the company's assets are still very small. From the customer perspective, for customer retention, customer acquisition and the number of customer complaints is good, although the achievement of getting new customers is still small. The internal business process perspective for the number of product innovations and the number of frequency of company evaluation meetings is also good. The learning and growth perspective for employee productivity, employee retention, and employee training is quite good, although the company's employee productivity has not yet reached the expected target.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522070072 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: AHP, Balanced Scorecard, OMAX, Pengukuran Kinerja, strategi, dan traffic light systems. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | yulia Chasanah |
Date Deposited: | 25 May 2022 07:34 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 07:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190754 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
nimas ageng.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |