Pengaruh Etika Kerja Islami, Sistem Informasi, Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Rumah Sakit di Kabupaten Kuningan)

Rahmantya, Yanneri Elfa Kiswara (2019) Pengaruh Etika Kerja Islami, Sistem Informasi, Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Rumah Sakit di Kabupaten Kuningan). Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis etika kerja islami dan sistem Informasi dalam meningkatkan keunggulan bersaing berkelanjutan secara langsung maupun tidak langsung melalui kualitas layanan dan citra perusahaan. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi pada ilmu manajemen khususnya di bidang manajemen pemasaran dan manajemen strategi, baik dalam teoritis maupun praktis. Sehingga hasil penelitian ini bermanfaat bagi akademisi maupun praktisi ilmu manajemen. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh pasien rawat inap di Rumah Sakit yang tercatat di Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan. Dengan jumlah sampel 115 responden di enam Rumah Sakit. Metode pengambilan sampel yang digunakan ialah accidental sampling. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan SEM (Structural Equation Model) dengan menggunakan alat analisis Smart PLS 15. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Meningkatnya Etika Kerja Islami akan mampu meningkatkan Kualitas Layanan, Meningkatnya Etika Kerja Islami tidak mampu memberikan Citra Perusahaan yang positif. Meningkatnya Etika Kerja Islami akan mampu menciptakan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan. Meningkatnya Etika Kerja Islami akan mampu membentuk Citra Perusahaan melalui Kualitas Layanan. Meningkatnya Etika Kerja Islami tidak mampu menciptakan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan melalui Citra Perusahaan. Meningkatnya Sistem Informasi akan mampu menciptakan Kualitas Layanan. Meningkatnya Sistem Informasi tidak mampu membangun Citra Perusahaan. Meningkatnya Sistem Informasi akan mampu menciptakan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan. Meningkatnya Sistem Informasi akan mampu menciptakan Citra Perusahaan melalui Kualitas Layanan. Meningkatnya Sistem Informasi tidak mampu menciptakan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan melalui Citra Perusahaan. Meningkatnya Kualitas Layanan akan mampu membentuk Citra Perusahaan. Meningkatnya Kualitas Layanan akan mampu menciptakan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan melalui Citra Perusahaan. Meningkatnya Citra Perusahaan akan mampu menciptakan Keunggulan Bersaing Perusahaan.

English Abstract

The objective of this study is to assess and analyze the direct effect of Islamic work ethics and information system on sustainable competitive advantage and their indirect effect through service quality and corporate image. This study is expected to contribute to management science particulary in marketing management and strategic management, both theoretically and practically, for the benefits of academic and practitioners. The population of this research is all inhouse patients of hospitals registered in the Health Service Agency of Kuningan regency. Using accidental sampling, 115 people from six hospitals were selected as the respondents. The data of this research was analyzed using Structural Equation Modelling in Smart PLS 15. This study finds that the increase in Islamic work ethic improves service quality, that the increase in Islamic work ethics does not improve corporate image, that the increase in Islamic work ethics creates sustainable competitive advantage, that the increase in Islamic work ethic creates corporate image through service quality, and that the increase in Islamic work ethic does not create sustainable competitive advantage through corporate image. This research also finds that the increase in information system improves service quality, that the increase in information system does not create corporate image, that the increase in information system creates sustainable competitive advantage, that the increase in information system improves corporate image through service quality, that the increase in information system does not create sustainable competitive advantage through corporate image. In addition, the improvements in service quality create sustainable competitive advantage through corporate image, and the improvement in corporate images creates sustainable competitive advantage.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: DIS/306.361 3/RAH/p/2019/061911237
Uncontrolled Keywords: Etika Kerja Islami, Sistem Informasi, Kualitas Layanan, Citra Perusahaan, Keunggulan Bersaing Berkelanjutan,-Islamic work ethic, information system, service quality, corporate image, sustainable competitive advantage
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.3 Economic institutions > 306.36 Systems of labor > 306.361 General aspects of systems of labor
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 May 2022 05:47
Last Modified: 25 May 2022 05:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190751
[thumbnail of Yanneri Elfa Kiswara Rahmantya (2).pdf] Text
Yanneri Elfa Kiswara Rahmantya (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item