Pengaruh Keunggulan Bersaing Dan Komitmen Ekspor Terhadap Kinerja Ekspor: Bantuan Finansial Dan Bantuan Pemasaran Sebagai Variabel Moderasi (Studi pada industri garmen di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah)

Purwanto, Setiyo (2019) Pengaruh Keunggulan Bersaing Dan Komitmen Ekspor Terhadap Kinerja Ekspor: Bantuan Finansial Dan Bantuan Pemasaran Sebagai Variabel Moderasi (Studi pada industri garmen di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah). Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena kinerja ekspor Indonesia di sektor industri garmen, melalui analisis pengaruh keunggulan bersaing dan komitmen ekspor dengan dimoderatori oleh bantuan finansial dan bantuan pemasaran sebagai bantuan ekspor pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh strategi daya saing terhadap kinerja ekspor perusahaan dengan diperkuat oleh bantuan ekspor melalui berdasarkan peraturan pemerintah. Metode penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, dan analisis regresi moderasi menggunakan SPSS 24. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner terhadap 148 responden di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel keunggulan bersaing dan komitmen ekspor mempunyai pengaruh yang signifikan dalam memperbaiki kinerja ekspor perusahaan. Selain itu, moderasi bantuan finansial dan bantuan pemasaran mampu memperkuat pengaruh keunggulan bersaing untuk memperbaiki kinerja ekspor. Sementara itu, bantuan finansial tidak mampu memperkuat komitmen ekspor, tetapi bantuan pemasaran mampu memperkuat pengaruh komitmen ekspor. Bantuan ekspor merupakan instrumen pendukung yang dibuat melalui peraturan pemerintah, dimana kedua bantuan tersebut termasuk tipe moderasi potensial dalam memperkuat pengaruh keunggulan bersaing. Namun, kedua bantuan ekspor tersebut pada saat memoderasi komitmen ekspor, menjadi variabel moderasi semu dan prediktor. Artinya, komitmen ekspor tidak perlu dimoderasi oleh bantuan ekspor pada penelitian selanjutnya. Nilai kebaruan dari penelitian ini terletak pada posisi bantuan ekspor sebagai moderator variabel keunggulan bersaing dan komitmen ekspor dalam upaya memperbaiki kinerja ekspor perusahaan, dan studi ini masih dapat dikembangkan lebih lanjut. Penulis juga memberikan kontribusi literatur terhadap pengujian moderasi bantuan ekspor dalam memperkuat pengaruh keunggulan bersaing dan mengukur hubungan antar variabel yang terkait dengan kinerja ekspor, dimana ditemukan suatu hal yang baru mengenai bagaimana kemampuan keunggulan bersaing perusahaan menjadi peranan penting dalam mendorong kinerja ekspor.

English Abstract

This research is based on some phenomenon of Indonesia export performance in garment industries sectors, through analysis effect of competitive advantage and export commitment with be moderated by financial and marketing assistant. The purpose of this research to measure and the effect of competitiveness strategy on export firms performance moderated by export assistance through government regulation. The using method in this research is quantitative approach with moderated regression analysis data by SPSS 24. Data collection techniques was done by distributing questioners 148 respondent in DKI Jakarta, West Java and Middle Java. The result showed that competitive advantage and export commitment variables has significant effect to improve export firms performance. Then, financial and marketing assistant have moderated effect on competitive advantage to improve export performance. Otherwise, the financial assistant has no moderated effect, but marketing assistant has moderated effect on export commitment to improve export performance. Export assistances are government regulated as an instrumental supporting, and both of them are showed as potential moderator when they moderated competitive advantage. But financial assistant will be predictor moderator and marketing assistant will be quasi moderator when moderated export commitment. So, the export commitment no need moderated by export assistant in future research. Originality value research on export assistant that be moderating position of competitive advantage and export commitment to improve firm export performance, the study provides a base from which future work can be developed. The authors also contribute to the literature by examining the moderating role of export assistant to competitive advantage in the capability-export performance relationship, thereby offering new insights into how and why competitive advantage capabilities play a crucial role in explaining the firm’s export performance.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: DIS/658.84/PUR/p/2019/061904288
Uncontrolled Keywords: Keunggulan Bersaing, Komitmen Ekspor, Bantuan Finansial, Bantuan Pemasaran, Kinerja Ekspor,-Competitive Advantage, Export Commitment, Financial Assistant, Marketing Assistant, Export Performance.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.84 Export marketing
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 May 2022 07:03
Last Modified: 24 May 2022 07:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190737
[thumbnail of SETIYO PURWANTO (2).pdf] Text
SETIYO PURWANTO (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item