Al Miftah, Amanda Rizka Rachmadhani and Destyana Ellingga Pratiwi,, SP., MP., M.BA and Dina Novia Priminingtyas,, SP., M.Si (2021) Pengaruh Strategi Branding Pada Produk pesenkopi. terhadap Niat Membeli Kembali. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Produk minuman kopi adalah produk yang sering dijual diberbagai daerah di Indonesia, khususnya di Kota Malang. Hal tersebut diketahui dari banyaknya bermunculan kedai-kedai seperti kafe dan warung kopi di daerah-daerah Kota Malang. Salah satu kedai kopi yang masih bertahan sampai saat ini adalah pesenkopi. yang sudah ada sejak tahun 2018. pesenkopi. merupakan kedai kopi yang pertama kali mempopulerkan konsep sistem take away coffee di Kota Malang, dengan konsep tersebut merek ini dapat menarik minat masyarakat dan terus mendapatkan respon yang positif dari berbagai kalangan terutama dari kalangan mahasiswa. Semenjak saat itu mulai bermunculan pesaing-pesaing baru dari merek pesenkopi., seperti KopiStudio24, belikopi, Go.kopi., dan lain-lain. Merek pesenkopi., harus mempertahankan brand atau merek yang mereka miliki dengan meningkatkan strategi branding serta agar konsumen tidak beralih ke merek lain dan memiliki keinginan untuk membeli kembali produk pesenkopi. Citra merek yang terbentuk dalam pikiran konsumen serta kepercayaan merek juga merupakan hal yang penting untuk menimbulkan keinginan konsumen dalam membeli kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel strategi branding, citra merek dan kepercayaan merek terhadap niat membeli kembali. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif untuk menjelaskan hubungan antar variabel yang dilakukan melalui pengolahan data secara statistik. Penelitian dilakukan di Kota Malang pada bulan Juni 2021. Sampel yang dipilih adalah sebanyak 120 responden serta data dari responden dikumpulkan secara online melalui Google Form. Alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan aplikasi WarpPLS. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa variabel strategi branding (β = 0,153 dan P = 0,04) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat membeli kembali pada konsumen. Hal tersebut karena menurut konsumen nilai serta nama merek yang dimiliki sudah sesuai dengan target konsumen dari pesenkopi. sehingga dapat meningkatkan niat membeli kembali pada merek tersebut. Variabel lain, yaitu variabel citra merek (β = 0,374 dan P < 0,01) juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat membeli kembali dari konsumen pesenkopi. Hal tersebut karena citra merek positif dari pesenkopi. yang tertanam pada konsumen sehingga menyebabkan adanya niat membeli kembali. Variabel kepercayaan merek (β = 0,442 dan P < 0,01) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat membeli kembali dari konsumen. Hal ini terjadi dikarenakan konsumen mendapatkan pengalaman yang baik, adanya rasa cocok antara konsumen dengan merek pesenkopi., serta persepsi konsumen mengenai pesenkopi. yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. ii Berdasarkan hasil dari penelitian, terdapat beberapa hal yang dapat disarankan. Merek pesenkopi. dapat meningkatkan strategi branding salah satunya adalah dengan cara melakukan rebranding. Peningkatan dalam strategi branding dari merek pesenkopi. diharapkan dapat menjadi cara untuk meningkatkan daya saing merek. Merek pesenkopi. juga diharapkan dapat terus meningkatkan hal yang disukai oleh konsumen, mulai dari varian produk, harga serta lokasi-lokasi gerai dari pesenkopi. Saran yang terakhir adalah pesenkopi. harus mempertahankan dan bahkan meningkatkan kepercayaan merek dari konsumen dengan terus memastikan agar konsumen mendapatkan pengalaman yang baik pada saat berinteraksi dengan pesenkopi
English Abstract
Coffee drink products are products that are often sold in various regions in Indonesia, especially in the Malang City. This is known from the number of emerging shops such as cafes and coffee shops in Malang City areas. One of the many coffee shops that still survives today is pesenkopi. which has been established since 2018. pesenkopi. is the first coffee shop that popularized the concept of take away system coffee in Malang City. The concept of this brand became public interest and continue to get positive responses from various groups especially students. However, since then, new competitors have started to emerge and build a new brand with the same concept, such as KopiStudio24, belikopi, Go.kopi and others. In order to survive in the market, pesenkopi. must maintain the brand by keep improving their branding strategy, so that the consumers won’t switch to other brands and have the desire to repurchase from pesenkopi. The brand image that formed in the minds of consumers and brand trust are also important things to create the repurchase intention in consumers. This study aims to determine the effect of the variables of branding strategy, brand image and brand trust towards repurchase intention. The research was conducted using quantitative methods to explain the relationship between variables which was carried out through statistical data processing. The study was conducted in Malang City in June 2021. The sample collected was 120 respondents and data were collected through online using Google Form. The analytical tool used is Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) using the WarpPLS application. The result of the research explains that the branding strategy (β = 0,153 and P = 0,04) has a positive and significant effect on consumers’ repurchase intention. According to consumers, the value of the brand and the brand’s name already suitable to pesenkopi.’s target consumers, and it can increase the repurchase intention from consumers. Another result also stated that brand image (β = 0,374 and P < 0,01) has a positive and significant effect on consumers’ repurchase intention. This is because, positive brand image of pesenkopi. embedded in consumers, causing repurchase intention. Brand trust variable (β = 0.442 and P < 0.01) has a positive and significant effect on repurchase intention from consumers. This happens because when consumers get a good experience, there is a sense of compatibility between consumers and the pesenkopi.’s brand, as well as consumers perceptions about pesenkopi. that can meet their needs. Based on the results of the study, there are several things that can be suggested. One of the ways to improve pesenkopi.’s branding strategy is by rebranding. The improvement in branding strategy is expected to be a way to increase brand competitiveness. And pesenkopi. can also continue to improve the things that are liked by consumers, ranging from products variant, prices, and locations. The last suggestion iv is pesenkopi. must maintain and increase the brand trust from consumers by continuously ensuring that consumers get a good experience when interacting with pesenkopi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521040192 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | agung |
Date Deposited: | 20 May 2022 08:28 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 08:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190693 |
![]() |
Text
AMANDA RIZKA RACHMADHANI AL MIFTAH.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |