Pengaruh arus lalu lintas dan tata guna lahan terhadap kinerja koridor jalan Manado-Blitung menggunakan metode Structural Equation Modeling

Rumayar, Audie Lexie Egbert (2018) Pengaruh arus lalu lintas dan tata guna lahan terhadap kinerja koridor jalan Manado-Blitung menggunakan metode Structural Equation Modeling. Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada penelitian ini peneliti bermaksud untuk menganalisa pengaruh arus lalu lintas dan tata guna lahan terhadap kinerja koridor jalan dalam hal ini koridor jalan pada ruas Manodo-Bitung dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM), Untuk mengukur pengaruh arus lalu lintas dan tata guna lahan terhadap kinerja di karidor jalan, peneliti melakukan survei persepsi pada masyarakat pengguna koridor jalan yang menjadi daerah studi sebagai responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dimana Responden penelitian adalah masyarakat pengguna koridor jalan Manado-Bitung yang berdomisili sesuai daerah studi yaitu sekitar ruas koridor jalan Airmadidi-Kauditan dan Kauditan-batas Kota Bitung. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode probability sampling, yaitu menggunakan sampling acak sederhana. Probability sampling adalah teknik sampling yang memberkan kemungkinan yang sama pada setiap individu untuk dipilih sebagai sampel. Dengan menggunakan formula sampel yang digunakan Levy, P.S., and Stanley, L.(1999), diperoleh ukuran sampel sebesar 250 responden.

English Abstract

In this study, the researcher intends to analyze the effect of traffic flow and land use on the performance of road corridors, in this case the road corridor on the Manodo-Bitung segment by using the Structural Equation Modeling (SEM) method. performance in the road corridor, the researcher conducted a perception survey on the community of road corridor users who became the study area as respondents. The data collection technique was carried out using a questionnaire where the research respondents were community users of the Manado-Bitung road corridor who lived according to the study area, namely around the Airmadidi-Kauditan and Kauditan road corridor sections of Bitung City. The sampling method used in this study is a probability sampling method, which uses simple random sampling. Probability sampling is a sampling technique that gives each individual an equal probability of being selected as a sample. By using the sample formula used by Levy, P.S., and Stanley, L. (1999),is obtained the sample size as many as 250 respondents.

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: DIS/388.1/RUM/p/2018/061901062
Uncontrolled Keywords: ROADS
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.1 Roads
Divisions: S2/S3 > Doktor Teknik Sipil, Fakultas Teknik
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 May 2022 04:41
Last Modified: 20 May 2022 04:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190669
[thumbnail of Audie Lexie Egbert Rumayar.pdf] Text
Audie Lexie Egbert Rumayar.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item