Hubungan Geodemografis Generasi Milenial dengan Customer Path Hisana Fried Chicken di Kota Malang

Putri., Allysa Denia and Dr. Ir. Agustina Shinta HW., MP. and Dr. Dwi Retno Andriani,, SP., MP (2021) Hubungan Geodemografis Generasi Milenial dengan Customer Path Hisana Fried Chicken di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri kuliner menjadi salah satu yang terus berkembang secara pesat di Kota Malang. Peningkatan yang signifikan terhadap jumlah unit restoran menyebabkan semakin tingginya tingkat persaingan. Selain itu, adanya Pandemi COVID-19 menyebabkan keterbatasan dalam melakukan kegiatan. Hisana Fried Chicken sebagai satu gerai makanan cepat saji yang telah lama berdiri mengubah 2 gerainya menjadi gerai express akibat pandemi, oleh karena itu bukanlah hal yang mudah untuk tetap bertahan dan terus populer di tengah situasi pandemi. Saat ini sering terjadi perubahan selera dan preferensi konsumen, dimana tidak lagi hanya fokus pada kebiasaan offline tetapi interaksi di lakukan di secara online sangat penting untuk diperhatikan. Selain itu karena persaingan dalam industri ini sangat ketat serta kondisi usaha yang tidak baik, maka perusahaan perlu mengetahui cara membuat konsumen membeli kembali produk/jasa dan mempertahankannya sebagai pelanggan setia dalam jangka panjang dengan memahami kebutuhan, keinginan, dan tuntutan pelanggan. Salah satu faktor penting untuk meningkatkan profitabilitas dan mempertahankan posisi suatu perusahaan adalah loyalitas. Salah satu potensi konsumen yang menawarkan peluang besar bagi pemasar adalah generasi milenial. Untuk mengetahui hubungan tersebut maka pelaku usaha khususnya Hisana Fried Chicken dapat menerapakan strategi dengan menargetkan karakteristik geo-demografis untuk meningkatkan advokasi konsumen sesuai dengan tujuan analisis customer path. Tujuan penelitian yaitu (1) Mengetahui karakteristik konsumen generasi milenial Hisana Fried Chicken di Kota Malang (2) Mengidentifikasi titik sentuh dan saluran di customer path yang terbentuk dari konsumen generasi milenial Hisana Fried Chicken di Kota Malang (3) Menganalisis hubungan karakteristik konsumen generasi milenial berdasarkan geodemografis dengan advocate dalam customer path Hisana Fried Chicken di Kota Malang. Metode penentuan sampel yang digunakan purposive dengan kriteria responden dengan tahun kelahiran 1980- 1999, berdomisili di Kota Malang, pernah mengonsumsi produk Hisana Fried Chicken di Kota Malang dengan jumlah 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, analisis korelasi peringkat spearman, tabulasi silang, chi-square dan cramer’s v. Hasil penelitian menunjukan bahwa mayoritas responden adalah berjenis kelamin perempuan dengan usia 22 hingga 26 tahun, belum menikah, seorang pelajar/mahasiswa, dengan pendapatan dibawah 1 juta. Mayoritas responden mengonsumsi Hisana Fried Chicken karena lokasi yang terjangkau dan kondisi iklim dan cuaca yang mendukung. Sedangkan untuk saluran komunikasi Hisana Fried Chicken yang disukai berupa media offline (datang langsung ke gerai) dan media online (media sosial) serta saluran penjualan yang menjadi favorit adalah langsung datang ke restoran. Untuk tingkatan customer path hanya pada tahap ask yang termasuk kategori sedang. Terdapat hubungan antara karakteristik geodemografis dengan customer advocate tetapi tingkatnya rendah. Untuk hubungan demografis didapatkan bahwa pendapatan signifikan dengan pemilihan vi Hisana Fried Chicken sebagai restoran favorite. Maka saran yang mungkin dapat dipertimbangkan kepada pihak Hisana Fried Chicken mempertahankan pelayanan, memberikan potongan harga sehingga dapat menarik konsumen untuk melakukan pembelian khususnya apabila melakukan pembelian secara online, meningkatkan komunikasi dengan para konsumennya melalui media sosial atau website yang terintergrasi, serta melakukan gamification.

English Abstract

The culinary industry continues to grow rapidly in the Malang City. A significant increase in the number of restaurant units has led to a higher level of competition. In addition, the COVID-19 pandemic caused limitations in carrying out activities. Hisana Fried Chicken as a fastfood outlet that has been around for a long time has changed 2 outlets become express outlet due to the pandemic, therefore it is not easy to survive and continue to be popular amid in the pandemic situation. In particular that consumer tastes and preferences are constantly changing, they are no longer focused on offline behaviors but online interactions are becoming more and more important. Because the industry is so competitive and business conditions are so difficult, organizations must figure out how to get customers to repurchase products/services and keep them as loyal customers over time by understanding their needs, wants, and demands. One of the important factors in increasing profitability and maintaining a company's position is loyalty. One of the potential consumers who offer great opportunities for marketers is the millennial generation. To find out this relationship, companies especially Hisana Fried Chicken, can apply strategies by targeting geo-demographic characteristics to increase consumer advocacy following the objectives of customer path analysis. The research goals are (1) to understand the characteristics of the millennial generation of Hisana Fried Chicken in Malang (2) to identify the touchpoints and channels in the customer path formed by the consumers of the millennial generation of Hisana Fried Chicken in Malang (3) to analyze the relationship between the characteristics of the millennial generation consumers based on geodemographics with advocates in the customer path of Hisana Fried Chicken in Malang City. The sampling method used is based on the criteria of respondents who were born in 1980-1999, live in Malang city and have consumed Hisana Fried Chicken products in Malang city with a total of 100 respondents. This study uses descriptive analysis, spearman rank correlation analysis, cross-tabulation, chi-square, and cramer's v. The results showed that the majority of respondents were female, aged 22 to 26 years, single, students, with an income below 1 million. The majority of respondents consume Hisana Fried Chicken because of its good location, nvironment and weather conditions are suitable. Meanwhile, Hisana Fried Chicken's priority communication channels are offline communication (directly at the point of sale) and online communication (sosial media), the preferred sales channel comes directly at the restaurant. For the customer path, only the ask stage is included in the medium category. There is a relationship between geodemographic characteristics and customer advocates, but the level is low. For the demographic relationship, it was found that income was significant with the selection of Hisana Fried Chicken as a favorite restaurant. As a result, suggestions for Hisana Fried Chicken could include maintaining service, offering discounts to entice customers to buy especially when buying online, boosting contact with customers through integrated sosial media or websites, and implementing gamification.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040191
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: agung
Date Deposited: 19 May 2022 07:58
Last Modified: 19 May 2022 07:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190648
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ALLYSA DENIA PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item