Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Philosophy of Juice Kota Bandung

Syaban, Akila Setia Nur and Destyana Ellingga Pratiwi,, SP., MP., MBA. and Andrean Eka Hardana, SP., MP., MBA. (2021) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Philosophy of Juice Kota Bandung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Atribut produk merupakan sebuah instrument yang melekat pada sebuah produk yang dapat mendeskripsikan serta memberikan kesan produk terhadap konsumen. Atribut produk dijadikan tolak ukur oleh konsumen untuk mau membeli dan menginformasikan produknya kepada orang lain yang dirasa membutuhkan produk tersebut. Atribut produk juga dapat dijadikan sebuah alasan untuk evaluasi sebuah kegiatan usaha berdasarkan dari pengalaman pembelian oleh konsumen terhadap produk yang dikonsumsinya. Philosophy of Juice merupakan sebuah kegiatan usaha yang bergerak di bidang industri minuman ringan yang memberikan nilai tambah terhadap atribut produk yang diberikan untuk konsumen. Persaingan usaha yang cukup ketat mengharuskan Philosophy of Juice melakukan evaluasi terhadap produk-produk yang ditawarkan kepada konsumen. Penelitian yang telah banyak dilakukan tentang pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian oleh konsumen banyak berfokus kepada atribut fisik produk. Penelitian ini akan berfokus membahas tentang atribut produk diantaranya variabel fisik produk (physical product), psikologis produk (psychological product), dan produk pelayanan konsumen (consumer service product). Atribut-atribut diatas merupakan fokus penelitian yang dilakukan terhadap kegiatan usaha yang dilakukan oleh Philosophy of Juice. Penelitian ini dilakukan di Kota Bandung pada bulan Juli hingga Agustus tahun 2021. Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder, yang disebar melalui google form kepada konsumen Philosophy of Juice di Kota Bandung dan buku atau jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara struktur melalui kuisioner dan wawancara tidak terstruktur kepada pemilik usaha. Data tersebut diolah menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS. Tahapan dalam penelitian ini melalui uji validitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda. Data yang telah dianalisis nantinya akan diketahui karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin dan usia serta hubungan setiap variabel independen terhadap variabel dependen. Adapun hipotesis dalam penelitian ini sebanyak 3 yang akan diuji kebenarannya menggunakan uji f dan uji t. Setelah diketahui hasil dari setiap pengujian maka hasil tersebut akan dijelaskan dengan didukung oleh teori-teori yang relevan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif yang diberikan atribut produk fisik produk (physical product), psikologis produk (psychological product), dan produk pelayanan konsumen (consumer service product) terhadap keputusan pembelian oleh konsumen. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai f hitung sebesar 53,312 dan nilai R square 0,741. Pengaruh variabel fisik produk (physical product) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 3,354 > 2,000. Begitupun dengan variabel psikologis produk (psychological product) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 2,425 > 2,000. iii vii Pengaruh signifikan juga diberikan oleh variabel produk pelayanan konsumen (consumer service product) terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 1,966 > 1,671. Variabel fisik produk merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel produk pelayanan konsumen menjadi variabel yang paling kecil pengaruhnya terhadap keputusan pembelian oleh konsumen. Hal tersebut disebabkan oleh masih kurangnya pelayanan yang diberikan oleh pelaku usaha terhadap konsumen yang datang untuk membeli

English Abstract

Product attribute is an instrument attached to a product that can describe and give the impression of the product to consumers. Product attributes are used as benchmarks by consumers to want to buy and inform their products to others who feel they need the product. Product attributes can also be used as a reason for evaluating a business activity based on the purchase experience by consumers of the products they consume. Philosophy of Juice is a business activity engaged in the soft drink industry that provides added value to product attributes provided to consumers. The tight business competition requires Philosophy of Juice to evaluate the products offered to consumers. The research that has been done on the influence of product attributes on purchasing decisions by consumers focuses on the physical attributes of the product. This research will focus on discussing product attributes including product physical variables, product psychology, and consumer service products . The above attributes are the focus of research conducted on the business activities carried out by Philosophy of Juice. This research was conducted in Bandung City from July to August 2021. The data used are primary data and secondary data, which are distributed via google form to Philosophy of Juice consumers in Bandung City and books or journals relevant to this research. Data collection techniques used are structured interviews through questionnaires and unstructured interviews with business owners. The data was processed using multiple regression analysis with the help ofsoftware SPSS. The stages in this research are validity test, classical assumption test, and multiple linear regression analysis. The data that has been analyzed will later know the characteristics of the respondents based on gender and age as well as the relationship of each independent variable to the dependent variable. There are 3 hypotheses in this study which will be tested for truth using the f test and t test. After knowing the results of each test, the results will be explained and supported by theories relevant to this research. The results of this study are that there is a positive influence given by the attributes of physical products , psychological products , and consumer service products on purchasing decisions by consumers. This is indicated by the calculated f value of 53.312 and the R square value of 0.741. The effect of the physical product variable has a significant effect on purchasing decisions as shown by the value of t count > t table that is 3,354 > 2,000. Likewise, product psychological variables have a significant effect on purchasing decisions with a value of t count > t table that is 2,425 > 2,000. A significant influence is also given by the variable of consumer service products on purchasing decisions with a value of t count > t table that is 1,966 > 1,671. The physical product variable is the variable that has the greatest influence on purchasing decisions, while the consumer service product variable is the variable that has the least influence on purchasing decisions by consumers. This is due to the lack of services provided by business actors to consumers who come to buy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040189
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: agung
Date Deposited: 19 May 2022 04:33
Last Modified: 19 May 2022 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190625
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
AKILA SETIA NUR SYA`BAN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item