Evaluasi Kinerja Pemasok pada Rantai Pasok Agroindustri Apel pada Masa Pandemi Covid-19

Wardana, Afrizal Wisnu and Dr. Silvana Maulidah,, SP., MP. and Anisa Aprilia, SP., MP., M.BA. (2022) Evaluasi Kinerja Pemasok pada Rantai Pasok Agroindustri Apel pada Masa Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemasok merupakan salah satu entitas dalam rantai pasok yang berfungsi sebagai penyedia bahan baku yang memiliki pengaruh besar dalam kegiatan produksi dan operasi dalam agroindustri apel di Kota Batu, Jawa Timur. Kinerja pemasok yang buruk akan berdampak negatif terhadap kelancaran sistem produksi yang dijalankan oleh perusahaan. Perlu adanya penilaian kinerja pemasok sehingga perusahaan dapat menyusun strategi dalam melakukan evaluasi terhadap pemasok yang mereka miliki. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kriteria yang berpengaruh terhadap kinerja pemasok dalam agroindustri apel, menganalisis bobot prioritas kriteria kinerja pemasok, dan mengevaluasi kinerja pemasok pada agroindustri apel. Penelitian ini dilakukan di CV. Bagus Agriseta Mandiri yang menjadi perusahaan yang bergerak pada bidang pengolahan buah apel menjadi olahan buah. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan Agustus 2021. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik perusahaan yaitu CV. Bagus Agriseta Mandiri yang dipilih menggunakan metode judgmental sampling. Bobot prioritas kriteria kinerja pemasok diuji menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) sedangkan prioritas kinerja pemasok diuji menggunakan metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution). Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kueisoner dan dokumentasi yang dilakukan kepada pemilik perusahaan. Adapun kriteria yang diteliti adalah kualitas dengan subkriteria ukuran buah, tingkat kematangan dan kemulusan kulit buah; kriteria harga dengan subkriteria harga yang ditawarkann dan diskon; kriteria pengiriman dengan subkriteria ketepatan kuantitas dan ketepatan waktu pengiriman; dan kriteria layanan dengan subkriteria garansi, komplain serta ketanggapan dari pemasok. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa bobot prioritas kriteria tertinggi didapatkan pada kriteria layanan kemudian diikuti oleh harga, kualitas dan pengiriman. Layanan yang baik akan berdampak positif terhadap integrasi sehingga rantai pasok yang efektif dan efisien lebih mudah tercapai. Sedangkan dalam prioritas kinerja pemasok tetap perusahaan, penilaian tertinggi didapatkan oleh pemasok 1 diikuti dengan pemasok 2 dan pemasok 3. Kinerja pemasok yang dimiliki oleh CV. Bagus Agriseta Mandiri secara umu sudah tergolong cukup baik namun terdapat hal yang perlu ditingkatkan oleh perusahaan yaitu pada ukuran buah, diskon dan ketanggapan pada pemasok 3 serta harga pada pemasok 1 dan 2.

English Abstract

The supplier is one of the supply chain entities that serves as a provider of raw materials and has a significant impact on production and operations in the apple agro-industry in Batu City, East Java. Poor supplier performance will have a negative impact on the company's smooth production system. There must be an evaluation of supplier performance so that businesses can develop strategies for evaluating their suppliers. As a result, the purpose of this research is to identify the criteria that influence supplier performance in the apple agroindustry, analyze the priority weights of supplier performance criteria, and evaluate supplier performance in the apple agroindustry. This study was carried out at CV. Bagus Agriseta Mandiri, a company that processes apples into processed fruit. The study was carried out in August 2021. Respondents for this study were business owners, specifically CV. Bagus Agriseta Mandiri, who were chosen using the judgmental sampling method. The AHP (Analytical Hierarchy Process) method was used to test the priority weights of supplier performance criteria, while the TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) method was used to test the priority weights of supplier performance priorities. Data collection through interviews, questionnaires, and documentation conducted with the company's owner. The criteria studied were quality, with sub-criteria for fruit size, maturity level, and fruit skin smoothness; price, with sub-criteria for prices offered and discounts; delivery, with sub-criteria for quantity accuracy and on-time delivery; and service, with sub-criteria for guarantees, complaints, and supplier responses. According to the study's findings, the service criteria received the highest priority weight criteria, followed by price, quality, and delivery. Good service will have a positive impact on integration, making it easier to achieve an effective and efficient supply chain. Supplier 1 received the highest rating in the company's fixed supplier performance priority, followed by Suppliers 2 and 3. In general, the performance of CV. Bagus Agriseta Mandiri's suppliers is quite good, but there are some things that the company should improve, namely the size of the fruit, discounts and responsiveness to supplier 3, and prices to suppliers 1 and 2.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040187
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: agung
Date Deposited: 19 May 2022 03:29
Last Modified: 19 May 2022 03:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190616
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Afrizal Wisnu Wardana.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item