Pembinaan Kepribadian Anak Dalam Rangka Perlindungan Anak (Studi Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar)

Siahaan, Sintya Junaika and Dr. Nurini Aprilianda, S.H., M.H. and Eny Harjati, S.H., M.Hum. (2021) Pembinaan Kepribadian Anak Dalam Rangka Perlindungan Anak (Studi Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat penelitian tentang bagaimana pelaksanaan pembinaan kepribadian anak dalam rangka perlindungan anak. Latar belakang dipilihnya tema tersebut karena berdasarkan hasil penelitian per April 2021 terdapat 83 (delapan puluh tiga) anak yang masih dibawah umur 18 (delapan belas) tahun yang melakukan tindak pidana dan menjalani masa pidananya di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar, menganalisis apakah pelaksanaan pembinaan kepribadian anak telah sesuai dengan prinsip-prinsip dasar konvensi hak anak dan telah mendapat hak-haknya sesuai dengan undangundang perlindungan anak serta bagaimana pelaksanaan pembinaan kepribadian anak pada saat pandemi Covid-19 di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar. Berdasarkan latar belakang diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah: (1) Bagaimana pembinaan kepribadian anak dalam rangka perlindungan anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar? (2) Apa saja faktor kendala dalam proses pembinaan kepribadian anak dalam rangka perlindungan anak di Lembaga Pembinaan Anak Kelas I Blitar?. Kemudian penulisan karya tulis ini menggunakan metode yuridis empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Berlokasi di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar, jenis data dalam penulisan ini adalah data primer yang diperoleh dari wawancara secara langsung dengan responden, data sekunder diperoleh dari hasil studi kepustakaan, internet, literatur,peraturan perundangundangan, dan data/berkas yang ada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar, dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dengan metode di atas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa pelaksanaan pembinaan kepribadian anak telah sesuai dengan asas dan tujuan perlindungan anak serta prinsip-prinsipo konvensi hak-hak anak meskipun dalam praktik pelaksanaanya belum berjalan secara optimal. Pembinaan kepribadian anak yang ada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar yaitu: (1) Fisik terdiri atas: olahraga, pendidikan formal, rekreasi, kesenian, perpustakaan, pramuka, dan kesehatan. (2) Sosial: menerima kunjungan keluarga. (3) Mental dan Spiritual terdiri: keagamaan, ceramahceramah, dan pesantren kilat. Kendala yang dihadapi oleh Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar dalam proses pembinan kepribadian anak dalam rangka perlindungan anak terdiri dari faktor internal yaitu: (1) kurangnya minat dan kemauan belajar dari Anak sendiri (2) masa pidana anak yang pendek/singkat (3) kurangnya tenaga pengajar (4) tidak adanya tenaga kesehatan mental/psikolog di dalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar dan faktor eksternal yaitu: (1) adanya pandemi Covid-19 (2) kurangnya tenaga kesehatan mental di Kota Blitar (3) kurangnya perhatian dan kepedulian keluarga dan/atau kedua orang tua kepada anak untuk berkunjung ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar.

English Abstract

In this thesis, the author raised research on how to implement child personality development in the framework of child protection. The background of the theme was chosen because based on the results of the study as of April 2021 there are 83 (eighty-three) children under the age of 18 (eighteen) years who committed crimes and served their criminal period at the Special Development Institute for Children Class I Blitar, analyzing whether the implementation of child personality coaching has been in accordance with the basic principles of the convention of children's rights and has obtained its rights in accordance with child protection laws and how the implementation of child personality coaching at the time of the Covid-19 pandemic in the Child Development Institute Class I Blitar. Based on the background above, this paper raises the formulation of the problem: (1) How to foster the personality of children in the framework of child protection in the Special Development Institute for Children Grade I Blitar? (2) What are the obstacle factors in the process of fostering children's personalities in the framework of child protection in the Blitar Class I Child Development Institute?. Then the writing of this paper uses empirical juridical methods with a method of sociological juridical approach. Located in the Special Development Institute of Children Class I Blitar, this type of data in writing is the primary data obtained from direct interviews with respondents, secondary data obtained from the results of literature, internet, literature, legislation, and data / files in the Special Development Institute of Children Class I Blitar, and analyzed using qualitative descriptive analysis techniques. From the results of the research with the above method, the author obtained an answer to the problem that the implementation of child personality coaching has been in accordance with the principles and objectives of child protection and the principles of the convention on children's rights even though in practice the implementation has not been run optimally. The development of children's personalities in the Special Development Institute for Children class I Blitar are: (1) Physical consists of: sports, formal education, recreation, arts, libraries, scouts, and health. (2) Social: receive family visits. (3) Mental and Spiritual consists of: religious, lectures, and pesantren kilat. The obstacles faced by the Special Development Institute for Children Grade I Blitar in the process of fostering children's personalities in the framework of child protection consists of internal factors, namely: (1) lack of interest and willingness to learn from the child himself (2) the criminal period of the child is short /short (3) lack of teachers (4) the absence of mental health workers / psychologists in the Special Development Institute for Children Class I Blitar and external factors namely: (1) the existence of the Covid-19 pandemic (2) lack of mental health workers in the city of Blitar (3) lack of attention and concern for families and / or parents to children to visit the Special Development Institute for Children Class I Blitar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521010146
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 19 May 2022 02:13
Last Modified: 01 Oct 2024 06:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190606
[thumbnail of Sintya Junaika Siahaan.pdf] Text
Sintya Junaika Siahaan.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item