Analisis Sebaran Polutan CO, HC, NOx, dan SOx Dari Sumber Bergerak Di Kampus Utama Universitas Brawijaya

Novanto, Rahmadar Tri and Dr. Eng. EviKurniati,, STP, MT. and Dr. Ir. J. Bambang Rahadi W,, MS. (2022) Analisis Sebaran Polutan CO, HC, NOx, dan SOx Dari Sumber Bergerak Di Kampus Utama Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Udara adalah komponen yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tetapi, dengan perkembangan yang terjadi membuat juga perubahan dengan dampak negatif dalam lingkungan itu sendiri. Pencemaran udara adalah hal nyata di Indonesia. Kendaraan bermotor merupakan sumber pencemar udara yang banyak memberikan sumbangsih atas tingginya konsentrasi pencemaran udara. Gas tersebut mengandung unsur pencemar seperti karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), sulfur dioksida (SO2), nitrogen oksida (NO), hidrokarbon (HC) dan partikel yang terdiri dari asap, abu melayang, timah hitam (Pb), debu serta campuran gas dan partikel yang dioksidasi oleh matahari. Universitas Brawijaya adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang menerima mahasiswa baru dengan jumlah yang sangat banyak tiap tahunnya. Dengan kepadatan yang terjadi di Universitas Brawijaya ini akan mengakibatkan juga peningkatan dari jumlah kendaraan yang ada di Universitas Brawijaya. Hal tersebut dapat menyebabkan penurunan kualitas udara yang terjadi di kampus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui besar laju emisi CO, HC, NOx, dan SOx Universitas Brawijaya Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data, pengambilan sampel udara, tahap pengolahan data, uji validasi, dan visualisasi dan zonasi sebaran pencemaran udara. Tahapan penelitian ini adalah pengumpulan dan analisis data primer, pengumpulan data sekunder, penyusunan simulasi FLLS, validasi dan visualisasi. Pengumpulan data traffic counting dilakukan pada tanggal 14,15,16, dan 17 Oktober 2019 di 4 titik pada pukul 06.00 – 09.00 dan pukul . Hasil sebaran polutan akan dianalisis menggunakan aplikasi Arcmap. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan laju emisi CO terbesar adalah pada Bundaran Universitas Brawijaya adalah 80410,28 μg/m.s di pagi hari. Laju emisi HC terbesar adalah pada pada Bundaran Universitas Brawijaya adalah 21481,14 μg/m.s. Laju emisi NO terbesar adalah pada Bundaran Universitas Brawijaya adalah 3717,32 μg/m.s di pagi hari. Hal ini disebabkan oleh titik Bundaran Universitas Brawijaya adalah titik yang paling banyak dilalui oleh kendaraan. Nilai Fraction Bias (FB) pada parameter CO, HC, NO, dan SOx, pada masing-masing sebesar 1,466656036; 1,804767627; -0,99454627; dan -1,798499741.

English Abstract

Air is a very important component in human life. However, with the developments that occur there are also changes with negative impacts in the environment itself. Air pollution is a real thing in Indonesia. Motor vehicles are a source of air pollution that contributes a lot to the high concentration of air pollution. The gas contains pollutant elements such as carbon dioxide (CO2), carbon monoxide (CO), sulfur dioxide (SO2), nitrogen oxides (NO), hydrocarbons (HC) and particles consisting of smoke, drift ash, lead (Pb), dust and a mixture of gases and particles oxidized by the sun. Brawijaya University is one of the State Universities that accepts a large number of new students every year. With the density that occurs at Brawijaya University, it will also result in an increase in the number of vehicles at Brawijaya University. This can cause a decrease in air quality that occurs on campus. The purpose of this study was to determine the rate of SOx, NOX, CO, and HC emissions at Brawijaya University, Malang. The research method used is data collection, air sampling, data processing stage, validation test, and visualization and zoning of air pollution distribution. The stages of this research are primary data collection and analysis, secondary data collection, FLLS simulation preparation, validation and visualization. Traffic counting data collection was carried out on October 14, 15, 16, and 17, 2019 at 4 points at 06.00 – 09.00 and 06.00 WIB. The results of the distribution of pollutants will be analyzed using the Arcmap application. Based on the results of this study, the largest CO emission rate was at the Brawijaya University Roundabout, which was 80410,28 g/m.s in the morning. The largest HC emission rate is at the Universitas Brawijaya Roundabout which is 21481.14 g/m.s. The largest NO emission rate is at the Brawijaya University Roundabout, which is 3717.32 g/m.s in the morning. This is because the point of the Universitas Brawijaya Roundabout is the point where the most vehicles pass. Fraction Bias (FB) values for CO, HC, NO, and SOx parameters were 1.466656036, respectively; 1.804767627; -0.99454627; and -1.798499741.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522100037
Uncontrolled Keywords: Kualitas Udara, Kendaraan Bermotor, Universitas Brawijaya,Air Quality, Motor Vehicles, Brawijaya University
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 17 May 2022 01:57
Last Modified: 17 May 2022 01:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190479
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rahmadar Tri Novanto.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item