Perlindungan Hukum Terhadap Slogan Produk Ditinjau Dari Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta Dan Undang-Undang No. 20 Tahun 2016 Tentang Merek Dan Indikasi Geografis

Indriani, Dewi and Dr. Yuliati, S.H., LL.M and Moch. Zairul Alam, S.H., M.H (2022) Perlindungan Hukum Terhadap Slogan Produk Ditinjau Dari Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta Dan Undang-Undang No. 20 Tahun 2016 Tentang Merek Dan Indikasi Geografis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada Skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan terkait perlindungan hukum slogan produk ditinjau dari Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta Dan Undang-Undang No. 20 Tahun 2016 Tentang Merek Dan Indikasi Geografis, di dalam peraturan perundang-undangan tersebut, pengaturan terkait slogan produk tidak diatur secara eksplisit dalam peraturan tersebut sehingga timbul kekaburan. Sedangkan sebenarnya slogan produk tersebut dapat dilindungi baik berdasarkan hak cipta dan hak merek, mengingat pentingnya peran slogan produk bagi kegiatan promosi suatu produk. Berdasarkan hal tersebut diatas, skripsi ini mengangkat rumusan masalah: (1) Bagaimana perlindungan hukum terhadap slogan produk ditinjau dari Undang- Undang No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta dan Undang-Undang No. 20 Tahun 2016 Tentang Merek Dan Indikasi Geografis di Indonesia? (2) Bagaimana pengaturan yang tepat terhadap slogan produk ditinjau dari Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta dan/atau Undang-Undang No. 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis? Kemudian penulisan skripsi ini menggunakan metode yuridis normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan (statute approach), pendekatan kasus (case approach), dan pendekatan perbandingan (comparative approach). Bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan metode penafsiran gramatikal dan penafsiran komparatif. Dari hasil penelitian dengan metode di atas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa perlindungan hukum slogan produk yang ditinjau dari Undang-Undang Hak Cipta, meskipun tidak diatur secara eksplisit, jika slogan tersebut diwujudnyatakan sebagai ciptaan terlebih dahulu seperti jingle/lagu dalam iklan, maka slogan itu dapat dilindungi sebagai lagu yang di dalamnya terkandung slogan produk tersebut. Jika ditinjau dari Undang-Undang Merek dan Indikasi Geografis, slogan juga tidak diatur secara eksplisit, namun bisa dilindungi jika slogan produk tersebut memiliki daya pembeda, tidak deskriptif, dan memiliki brand image yang kuat. Berdasarkan perbandingan serta contoh kasus, dapat dilihat bahwa banyak negara yang tidak mengatur secara eksplisit terkait slogan produk baik dalam hak cipta maupun merek, untuk hak cipta negara lain tidak melindungi slogan produk. Sedangkan berdasarkan merek, slogan dapat dilindungi dengan pengaturan yang sama dengan Indonesia, sehingga pengaturan slogan produk berdasarkan Undang-Undang Merek sudah tepat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522010010
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 May 2022 01:44
Last Modified: 17 May 2022 01:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190476
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
DEWI INDRIANI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item