Pengaruh Pergerakan Kendaraan Berat Terhadap Tingkat Pelayanan Eksisting Jalan di Kota Malang

Rahimah, Asfiyah Radhya and Septyanti, Sherly and Prof. Ir. Ludfi Djakfar, MSCE., Ph.D. and asmini Ambarwati, ST., M.Eng. (2022) Pengaruh Pergerakan Kendaraan Berat Terhadap Tingkat Pelayanan Eksisting Jalan di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Terjadinya peningkatan kawasan industri di dalam Kota Malang memberi dampak pada peningkatan kepadatan arus lalu lintas eksisting jalan untuk kendaraan berat di Kota Malang. Di dalam penelitian ini, strategi alternatif dibutuhkan untuk pergerakan kendaraan berat agar kondisi kinerja eksisting jalan tersebut dapat ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja jalan eksisting, mengetahui strategi yang dapat digunakan untuk kendaraan berat jika kondisi jalan eksisting tidak memenuhi standar, serta pengaruh strategi alternative terpilih terhadap kinerja eksisting jalan di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk mengetahui strategi alternative yang akan digunakan kendaraan berat di Kota Malang, dan Metode SWOT untuk mengatasi ancaman maupun kelemahan dari strategi alternative terpilih. Dari hasil analisis didapatkan kinerja eksisting jalan di Kota Malang rata-rata nilai LOS (Level of Service) adalah C dan D, sementara minimum kerja jalan sebaiknya C, serta kecepatan aktual tidak ada yang memenuhi standart minimal kecepatan 40 km/jam. Pola asal tujuan pergerakan kendaraan berat di Kota Malang dengan 29% yang berasal dari luar Kota Malang menuju Kota Malang (Kecamatan Klojen, Sukun, Blimbing). Strategi alternative terbaik dari analisis AHP adalah pembangunan Ringroad dengan nilai total sebesar 0,242 (24%) didukung dengan perolehan nilai tertinggi pada kriteria keselamatan dengan nilai tertinggi 0,450 (45%). Hasil dari analisis SWOT , didapatkan strategi untuk mengatasi kelemahan dan ancaman dari alternatif pembangunan Ringroad dengan melakukan pengajuan anggaran pada pemerintah untuk pembebasan lahan dan pembangunan Ringroad, serta akses keluar dan masuk Ringroad ditempatkan di lokasi yang strategis seperti di daerah Kedungkandang, untuk mengatasi pergerakan yang bertujuan maupun berasal dari dan ke arah utara Kota Malang.

English Abstract

The increase of industrial areas in Malang City has a impacts on traffic density on for (ganti “especially”) heavy vehicles on the existing roads. In this study, an alternative strategy for heavy vehicles is needed so that the existing road performance can be improved. The purpose of this study is to determine the existing road performance, to find out the strategies that can be used for heavy vehicles if the existing road performances do not meet the standards, and the effects of the selected alternative strategy on the existing road performance in Malang City. This study uses the Analytical Hierarchy Process (AHP) method to determine the alternative strategy to be used by heavy vehicles in Malang City, and the SWOT method to overcome the threats and weaknesses of the selected alternative strategy. From the analysis, it is found that the existing road performance in Malang City has an average LOS (Level of Service) value of C and D while the minimum standard of urban road should be B, and the actual speed does not meet the minimum speed standard of 40 km/hour. The pattern of origin and destination of heavy vehicle movement is a percentage of 29% coming from outside Malang City to Malang City (Klojen, Sukun, Blimbing Sub-districts). The best alternative strategy from the AHP analysis is a Ringroad construction with a total score of 0.242(24%) supported by the highest score on safety criteria with the highest score of 0.450(45%). The results of the SWOT analysis obtained a the strategiesy to overcome the weaknesses and threats of the selected alternative by submitting a budget to the government for land acquisition and ringroad construction, as well as access to and from the Ringroad placed in a strategic location in the Kedungkandang area, to overcome the movement from and to the north of Malang City.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522070037
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kendaraan berat, Analytical Hierarchy Process (AHP), strategi alternative.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 11 May 2022 08:24
Last Modified: 11 May 2022 08:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190345
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Asfiyah Radhya Rahimah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (13MB)

Actions (login required)

View Item View Item