Kualitas Pelayanan Publik Bidang Kesehatan Dalam Prespektif Good Governance (Studi tentang Pelayanan Pasien BPJS di Bagian Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo Surabaya)

Umiyati, Sri (2019) Kualitas Pelayanan Publik Bidang Kesehatan Dalam Prespektif Good Governance (Studi tentang Pelayanan Pasien BPJS di Bagian Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo Surabaya). Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Banyaknya keluhan pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan hingga memasuki tahun ke lima dan berlakunya aturan baru tentang rujukan berjenjang berdampak pada persyaratan yang membingungkan, prosedur masih berbelit serta kepastian waktu tunggu konsultasi kesehatan belum sesuai Standart Pelayanan Minimal dan masih ada tambahan biaya obat yang tidak di caver Badan Penyelenggara Jaminan Sosial kesehatan menjadi beban pasien, biaya Ina-CBGs yang masih rendah berdampak pada mutu layanan. Keadaan tersebut menjadi salah satu faktor yang turut menyebabkan banyaknya pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial kesehatan di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo Surabaya banyak yang mengadu ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Wacth Jatim yang menjadi advokasi dari layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Pelayanan publik pada program Jaminan Kesehatan Nasional – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial kesehatan selama ini, masih dipandang sebagai sesuatu yang rutin, dimana pihak rumah sakit belum bisa melayani dengan optimal. Sementara,pasien yang belum terlayani dengan sepenuh hati, belum dilakukan langkah-langkah proaktif secara komprehensif. Melalui pendekatan good governance, permasalahan layanan pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial kesehatan dipandang dari perspektif yang lebih luas, yakni bagaimana membangun kualitas pelayanan publik yang efektif dan efisien, penegakan hukum, transparansi responsif, akuntabilitas, partisipasi, konsensus, keadilan, serta visioner. Atas dasar tersebut di atas, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis : (1) Kualitas pelayanan publik bidang kesehatan dalam perspektif good governance pada pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di Instalasi Rawat Jalan RSUD Dr.Soetomo Surabaya. (2). Faktor – faktor pendukung dan penghambat pelayanan publik bidang kesehatan dalam prespektif good governance pada pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di Instalasi Rawat Jalan RSUD Dr. Soetomo Surabaya, (3).Model pelayanan publik bidang kesehatan di Instalasi Rawat Jalan RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Penelitian ini berjenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Penelitian ini berlokasi di lingkungan Pemerintahan Provinsi Jawa Timur dengan situs utama pada Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo Surabaya tepatnya di Instalasi Rawat Jalan (IRJ). Data primer bersumber dari para informan kunci dan sejumlah informan pendukung, sedangkan data sekunder berupa dokumen atau kebijakan/peraturan yang diperoleh dari instansi pemerintah (Kementrian Kesehatan, Dinas kesehatan dan x lembaga terkait (BPJS ) baik peraturan pemerintah ,peraturan daerah, peraturan gubernur, keputusan gubernur, maupun berbagai kebijakan Direktur RSUD Dr. Soetomo , penarikan kesimpulan didasarkan pada data di analisis dengan teknik analisis data model interaktif yang digagas oleh Miles Huberman , dan Saldana(2014) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, kualitas pelayanan publik bidang kesehatan dalam perspektif good governance pelayanan pasien BPJS kesehatan di IRJ RSUD Dr. Soetomo Surabaya ditelaah dari sembilan prinsip good governance (GG), masih berada dalam kategori “Rendah”, dan rumah sakit sudah berupaya menjalankan prinsip GG meskipun belum maksimal. Hal tersebut terlihat dari belum terlaksananya aspek partisipasi masyarakat pengguna, dimana pelayanan yang terpenting adalah aspirasi masyarakat dari harapannya, lemahnya perlindungan hukum pada pasien peserta BPJS Kesehatan yang dilaksanakan di IRJ RSUD Dr. Soetomo Surabaya dari aspek regulasi sudah terlindungi hak-haknya baik sebagai pasien rumah sakit maupun sebagai peserta BPJS Kesehatan. Namun dalam penerapannya masih terdapat kekurangan yang menimbulkan ketidakpuasaan pasien terhadap pelayanan di rumah sakit, seperti kurangnya informasi yang diberikan oleh pihak rumah sakit kepada peserta BPJS Kesehatan; belum transparansi , lambatnya responsivitas, belum adanya konsensus dengan masyarakat pengguna dan pihak-pihak lain yang berkepentingan, kurang kuatnya keberpihakan kepada masyarakat peserta BPJS kesehatan baik PBI maupun Non PBI, belum maksimal tercapainya efektivitas dan efisiensi, akuntabilitas publik telah dilaksanakan secara baik dan implementasi visi strategi masih belum konsisten. Kedua, faktor pendukung dalam pelayanan pasien BPJS kesehatan di IRJ RSUD Dr. Soetomo Surabaya adalah sarana dan prasarana serta komitmen kebijakan. Sementara faktor penghambatnya adalah SDM, lemahnya kualitas Sumber Daya Manusia ,terutama orang staf pelayanan yang berstatus pengawai BLUD non PNS rumah sakit dalam pengelolaan kepegawaiannya belum maksimal dan belum konsisten dalam menggunakan merit system dan permasalahan itu terjadi karena belum ada prioritas anggaran. Ketiga, model pelayanan publik bidang kesehatan yang tepat dalam pelayanan pasien peserta BPJS kesehatan adalah model pelayanan publik dalam bidang kesehatan yang Efektif dengan berbasis GG (Good Governance). Selanjutnya diajukan rekomendasi : 1) Keterbukaan informasi sangat penting agar masyarakat dapat ikut berkontribusi untuk memudahkan RSUD Dr. Soetomo dalam melakukan tata kelola yang baik. 2). Guna menghadirkan sumber daya manusia pelayanan yang profesional, harus didukung sumber daya keuangan yang memadai, tentu diperlukan komitmen yang kuat dari Lembaga-lembaga yang terkait (DPRD, Gubernur, Wali Kota, Direktur Rumah Sakit, Dewan Pengawas).3) Sistim control klaim di rumah sakit harus diperbaiki dengan basis IT supaya sistim pembayaran lebih teratur dan cepat, tepat, 4) Perlu dilakukan perubahan perspektif pelayanan dari pola dengan sistim tertutup ke pola yang lebih terbuka dengan memasukan unsur-unsur dalam perspektif Good Governance

English Abstract

Many complaints patients members social security agency health until entering year to four and the new regulation tiered about the impact on the requirements confusin, procedures and still as certainty waiting times are not based on minimum service standart and there are still extra cost medicine in caver social security agency health a burden patients, the cost of ina-cbgs remain low affects the quality of service, it is still was year after year. This situation is one factor with the was due caused many patients social security agency in installation health outpatient the district general hospital dr .Soetomo surabaya many complained to social security agency wacth jatim, which become advocacy of a service of social security agency numbers or numbers belonging to social security agency of a branch office of surabaya .A public service on the national health insurance scheme - social security agency health so far , is stated to you as a matter of routine , which the hospital has not yet could serve to work optimally .While , patients who have not yet been provided to with a vengeance , has not been carried out proactive steps in a comprehensive manner .Through good governance , service problems patients social security agency health viewed from a wider perspective , which is how do build the quality of public services effectively and efficiently , Law enforcement , transparency responsive , accountability , participation , consensus , justice , and visionary . On the basis of at a rate of , this study aims to to describe and analyze: (1 ) the quality of public services in the health sector in perspective of good governance on a patient participants social security agency in installation health outpatient rsud dr.soetomo surabaya .( 2 ) .Factors by factors in support of and inhibitors of our health service in prespektif good governance on a patient participants social security agency in installation health outpatient rsud dr .Soetomo surabaya , ( 3 ) .model of our health service on a patient participants social security agency in installation health outpatient rsud dr .Soetomo surabaya . This research as descriptive with a qualitative approach , research is located at government environment the province of east java with site main on a body of public service area ( BLUD ) the district general hospital (RSUD) Dr .Soetomo surabaya precisely in installation outpatient ( IRJ ) .Primary data funded by the key informants and a number of supporting informants , while secondary data of documents or policy / regulation obtained from government agencies ( ministry of health , health agency and related institutions ( BPJS) both government regulation , regional regulation , governor regulation , governor decree , and policies director of RSUD Dr .Soetomo , withdrawal conclusion were based on the data in analysis xii to technique data analysis interactive model is held by miles huberman , and saldana ( 2014 ) This research result indicates that: the first , the quality of public services in the health sector in perspective of good governance patient care BPJS health in IRJ RSUD Dr .Soetomo surabaya review of the nine GG the principles of good governance , is still in the category of low , and hospitals tried to run the principle of maximum GG although it is not in .This can be seen from the aspect of the participation of the community users unrealized , it is all about the service community aspirations of his expectations , the quality and the cost of least 24 human services; the weakness of the protection of the law on a patient participants BPJS health that has been implemented in IRJ RSUD Dr .Soetomo surabaya from the aspect of good regulations have protected their rights as a consumer of services , as patients hospitals and as a participant BPJS health .But in it is dissatisfaction patients there is a shortage of that give rise to the service at the hospital , as the information provided by the hospital to participants health BPJS; not transparency, the responsiveness, there is no consensus with the user and other pihak-pihak concerned, less powerful partiality to the participants BPJS good health PBI and non PBI, not maximum the effectiveness and efficiency, public accountability has been done properly and implementation of vision still not consistent strategy, Both , supporting factors in patient care health BPJS IRJ hospital Dr .Soetomo surabaya is a means and infrastructure as well as policy commitments .While penghambatnya factor is human resources , the weak quality of human resources , especially by staff services are line thr components state officials non ( civil servants ) hospital in the management of kepegawaiannya not maximum and has consistently use of merit system and permaslahan it happened because there were no priority budget .Third, model public services exact in patient care bpjs health service is a model in health based good governance Based on the research done at a rate of , then the researcher give recommend as follows: First, the progress of the implementation good governance health BPJS IRJ hospital still in on the criteria “ low” in aspects, then report is very important to allow people to contribute to ease hospital dr.Soetomo in doing good governance; Second , to call human resources professional services , must be supported financial resources sufficient , of necessary strong commitment related institutions city ,( governor , the mayor of , director of the hospital , a board of trustees ).Control systems claims in the hospital must be repaired with the base it that payment systems more regular and right ,Third, Good governance refers to how to do more good governance to be a healthy organization , it takes the appropriate in services in the service of health service patients bpjs irj health hospital dr .Soeotomo surabaya

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: DIS/353.6/UMI/k/2019/061902918
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan publik dan good governance,-publik service quality and good governance
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.6 Public administration of health services
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 May 2022 04:25
Last Modified: 10 May 2022 04:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190316
[thumbnail of SRI UMIYATI.pdf] Text
SRI UMIYATI.pdf

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item