Peran nasabah dan Keadilan bagi hasil dalam memediasi Pengaruh kualitas layanan dan relationship Marketing terhadap loyalitas Nasabah (Studi Pada bank BUMN unit Syari’ah di kota Makassar)

Basalamah, Muhammad Ridwan (2018) Peran nasabah dan Keadilan bagi hasil dalam memediasi Pengaruh kualitas layanan dan relationship Marketing terhadap loyalitas Nasabah (Studi Pada bank BUMN unit Syari’ah di kota Makassar). Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan relationship marketing terhadap loyalitas nasabah dengan keadilan bagi hasil dan kepuasan nasabah sebagai variabel mediasi. Data penelitian dikumpulkan dengan mengirimkan kuisioner kepada 200 nasabah.Sampel yang dipilih secara random di empat (4) bank BUMN Syari’ah di kota Makassar. Sampel penelitian adalah nasabah yang menabung di Bank BUMN Syari’ah. Pengujian hipotesis menggunakan SEM dengan Program AMOS versi 20.Hasil penelitian menunjukkan bahwa :kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keadilan bagi hasil dan kepuasan nasabah, relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, selanjutnya kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas sedangkan kualitas pelayanan, relationship marketing dan keadilan bagi hasil tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah.Hasil penelitian ini memiliki implikasi praktis bagi pimpinan bank Syari’ah untuk memperkuat kualitas pelayanan danrelationship marketing serta keadilan bagi hasil agar loyalitas nasabah dapat ditingkatkan.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: DIS/332.17/BAS/p/2018/061810809
Uncontrolled Keywords: keadilan bagi hasil, kepuasan nasabah, kualitas layanan, relationship marketing,dan loyalitas nasabah.
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.1 Banks > 332.17 Banking services
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:14
Last Modified: 26 Apr 2022 03:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190176
[thumbnail of Muhammad Ridwan Basalamah.pdf] Text
Muhammad Ridwan Basalamah.pdf

Download (28MB)

Actions (login required)

View Item View Item