Pengaruh Hotel Service Quality (HOLSERV), Service Convenience dan Percaived Value Terhadap Satisfaction Pengunjung (Survei Online pada pengunjung Tugu Hotel Malang di Jawa Timur).

Clarissa, Cindy and Aniesa Samira Bafadhal, S.AB., M.AB. (2021) Pengaruh Hotel Service Quality (HOLSERV), Service Convenience dan Percaived Value Terhadap Satisfaction Pengunjung (Survei Online pada pengunjung Tugu Hotel Malang di Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam jenis destinasi wisata yang menarik minat wisatawan dengan pilihan kota yang berbeda dan keunikannya masing-masing. Salah satu kota yang sering dikunjungi wisatawan di Indonesia ialah Kota Malang yang merupakan kota dengan berbagai objek wisata seperti wisata alam, wisata edukasi, sejarah, seni, budaya hingga wisata kuliner yang menjadi diminati wisatawan. Tugu Hotel merupkan hotel butik, yang kaya akan “Peranakan Babah Jawa” yang terletak pada jantung kota Malang, berhadapan langsung dengan ikon kota Malang yaitu alun-alun tugu kota Malang, yang juga merupakan destinasi wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh parsial Hotel Service Quality (HOLSERV), Service Convenience, dan Perceived Value Terhadap Satisfaction Pengunjung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan merupakan pengunjung Tugu Hotel Malang. Uji validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi Product Moment Pearson dan uji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) variabel Hotel Service Quaity memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Satisfaction Pengunjung, 2) variabel Service Convenience memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Satisfaction Pengunjung, 3) variabel Percaived Value memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Satisfaction Pengunjung.

English Abstract

Indonesia is a country that has various types of tourist destinations that attract tourists with a choice of different cities and their own uniqueness. One of the cities frequently visited by tourists in Indonesia is Malang City, which is a city with various tourist objects such as nature tourism, educational tourism, history, art, culture and culinary tourism which are attractive to tourists. Tugu Hotel is a boutique hotel, rich in “Javanese Babah Peranakan” which is located in the heart of Malang city, directly opposite the icon of Malang city, namely Malang city monument square, which is also a tourist destination. The purpose of this study was to determine and explain the partial effect of Hotel Service Quality, Service Convenience, and Perceived Value on Visitor Satisfaction. The type of research used in this research is explanatory with a quantitative approach. The samples used are visitors to Tugu Hotel Malang. The instrument validity test in this study used the Pearson Product Moment correlation formula and the reliability test used Crinbach's Alpha. Meanwhile, to test the hypothesis using Multiple Linear Regression Analysis The results of this study indicate that: 1) the Hotel Service Quality (HOLSERV) variable has a significant and positive effect on Visitors Satisfaction, 2) the Service Convenience variable has a significant and positive influence on Visitors Satisfaction, 3) the Percaived Value variable has a significant and positive influence on Visitors Satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030279
Uncontrolled Keywords: KUALITAS PELAYANAN HOTEL, KENYAMANAN PELAYANAN, NILAI PRODUK/JASA, KEPUASAN PENGUNJUNG.HOTEL SERVICE QUALITY, SERVICE CONVENIENCE, PERCEIVED VALUE, VISITORS SATISFACTION.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Apr 2022 01:12
Last Modified: 26 Apr 2022 01:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190150
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
CINDY CLARISSA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item