Sulistiyowati,, Asri and Dr. Siti Rochmah,, M.Si (2022) Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Mini Mal Pelayanan Publik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Inovasi pada organisasi sektor publik pada era reformasi birokrasi terjadi secara terbuka dan memiliki sistem yang lebih kompleks, hal ini dikarenakan adanya peluang kompetisi antar daerah dan antar lembaga publik yang berakibat menimbulkan ancaman bagi kelangsungan hidup organisasi. Undang-Undang RI Nomor 24 Tahun 2013 sebagai pedoman pemberian pelayanan administrasi kependudukan bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil didalamnnya termuat tugas dan kewenangan organisasi. Penelitian dilakukan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model interaksi Miles, Hubermen, dan Saldana. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo memiliki sasaran yang akan diwujudkan diantaranya, kepemilikan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil yang sesuai dengan data kependudukan didukung meningkatnya kualitas pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Serta, tujuan yang akan dilakukan mewujudkan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dengan kualitas pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil yang prima. Hal ini disesuaikan oleh misi RPJMD 2016-2021 Kabupaten Sidoarjo. Kecamatan Sukodono berhasil mendapatkan predikat zona integritas pada 2018 dan 2021. Hal ini membuktikan bahwa pelayanan Kecamatan Sukodono responsif, terintegrasi, dan dapat dijangkau dibanding Kecamatan lainnya di Kabupaten Sidoarjo. Salah satu wujudnya dengan membangun mini mal pelayanan publik. Didalamnya tersedia berbagai pelayanan dari instansi pemerintah daerah, BUMD, BUMN, instansi Bank daerah. Mini mal pelayanan publik diresmikan pada tahun 2020, dan mendapatkan respon positif dari masyarakat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di mini mal pelayanan publik menyediakan pelayanan pembuatan KIA (kartu identitas anak), Kartu Keluarga, Akta kelahiran, Akta Kematian, dan Surat pindah dan datang. Pelayanan tersebut dapat diakses oleh seluruh warga Kabupaten Sidoarjo. Selain menyediakan pembuatan pelayanan juga terdapat mesin ADM (anjungan DUKCAPIL mandiri) yang berguna sebagai mesin cetak berkas yang dapat diakses dengan pin yang didapat dari petugas.
English Abstract
Innovation in public sector organizations in the era of bureaucratic reform occurred openly and had a more complex system, this was due to the opportunity for competition between regions and between public institutions which resulted in a threat to the survival of the organization. The Law of the Republic of Indonesia Number 24 of 2013 as a guide for the provision of population administration services for the Department of Population and Civil Registration contains the duties and authorities of the organization. The research was conducted using a descriptive type of research with a qualitative approach. Sources of data used are primary data and secondary data. Data collection techniques by observation, interviews, and documentation. Analysis of the data used is the analysis of the interaction model of Miles, Hubermen, and Saldana. The Population and Civil Registration Office of Sidoarjo Regency has targets to be realized including, ownership of population documents and civil registration in accordance with population data supported by increasing the quality of population administration and civil registration services. Also, the goal to be carried out is to realize population administration and civil registration with excellent quality of population administration and civil registration services. This is adjusted by the mission of the 2016-2021 RPJMD for Sidoarjo Regency. Sukodono Sub-district managed to get the integrity zone predicate in 2018 and 2021. This proves that Sukodono Sub-district services are responsive, integrated, and accessible compared to other sub-districts in Sidoarjo Regency. One of the forms is by building a mini mall for public services. It provides various services from local government agencies, BUMD, BUMN, regional bank agencies. The public service mini mall was inaugurated in 2020, and received a positive response from the community. The Department of Population and Civil Registration in public service mini malls provides services for making KIA (child identity cards), family cards, birth certificates, death certificates, and transfer and arrival certificates. These services can be accessed by all residents of Sidoarjo Regency. In addition to providing services, there is also an ADM machine (independent DUKCAPIL platform) which is useful as a file printing machine that can be accessed with a pin obtained from the officer.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521030269 |
Uncontrolled Keywords: | inovasi, Pelayanan Administrasi Kependudukan, Mini Mal Pelayanan Publik,innovation, Population Administration Service, Mini Mall Public Service |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 04:42 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 06:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190129 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
ASRI SULISTIYOWATI.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |