Kemitraan Perguruan Tinggi Swasta Dengan Sekolah Menengah Atas (Studi Tentang Perencanaan Dan Pengorganisasian Kemitraan Uk Petra Surabaya Dengan Sekolah Menengah Atas)

Kushandoko, Pratjoyo (2017) Kemitraan Perguruan Tinggi Swasta Dengan Sekolah Menengah Atas (Studi Tentang Perencanaan Dan Pengorganisasian Kemitraan Uk Petra Surabaya Dengan Sekolah Menengah Atas). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berjudul Kemitraan Perguruan Tinggi Swasta dengan Sekolah Menengah Atas (studi tentang perencanaan dan pengorganisasian kemitraan UK Petra dengan Sekolah Menengah Atas). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemitraan UK Petra dengan SMA dengan lingkup penerimaan mahasiswa baru yang meliputi: proses perencanaan dan pengorganisasian kemitraan UK Petra-SMA, dan faktor pendorong dan faktor penghambat kemitraan UK Petra-SMA. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan analisis data model interaktif dari Miles, Huberman, dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berfokus pada rencana strategis kemitraan, pemahaman kekuatan sumberdaya, penyesuaian perencanaan dengan kesempatan, penentuan sumberdaya dan kegiatan, perancangan struktur organisasi dan pengembangannya, dan penugasan tanggung jawab dan pendelegasian wewenang. Perencanaan kemitraan UK Petra-SMA lingkup penerimaan mahasiswa baru dilakukan dengan: perencanaan strategi kemitraan dengan kegiatan/program jalur prestasi/jalur kerjasama, workshop kepala sekolah/guru BK, parenting, kunjungan/silaturahmi ke SMA-SMA mitra, dan menghadiri pameran di SMA-SMA; pemahaman aset/kekuatan sumber daya baik tangible maupun intangible; dan berusaha menyesuaikan perencanaan dengan kesempatan yang muncul. Kemitraan UK Petra-SMA lingkup penerimaan mahasiswa diorganisir dengan mempertimbangkan: penentuan sumber daya (fasilitas, SDM dosen dan tenaga kependidikan) dan kegiatan yang telah direncanakan; penugasan tanggung jawab dan pendelegasian wewenang dilakukan dalam struktur organisasi BAA, Humas dan BAKP yang masih bersifat mekanistik dengan desain divisional. Selain itu ada beberapa tugas atau tanggung jawab yang hampir sama antar unit Humas dan BAA. Faktor-faktor pendorong tangible maupun intangible seperti fasilitas fisik kampus yang memadai, persepsi publik yang positif terhadap kualitas institusi UK Petra, anggaran kemitraan yang mencukupi, adanya kerjasama antara UK Petra dengan universitas di luar negeri yang berkualitas, dan adanya pengakuan atau penilaian dan penghargaan baik dari asesor dalam (Kopertis dan DIKTI) maupun dari luar negeri diharapkan dapat menguatkan posisi tawar UK Petra dalam bermitra. Faktor-faktor penghambat kemitraan UK Petra-SMA adalah masih adanya pengkotak-kotakan unit dalam pengelolaan kemitraan, struktur tiga organisasi yang berbeda (Humas, BAA, dan BAKP) dalam menangani kemitraan, menjadi penyebab aliran informasi kurang lancar; masih ada SDM yang belum memahami sepenuhnya nilai kemitraan; masih belum adanya dokumen resmi sebagai panduan penentuan SMA mitra; dan SDM yang hanya bersikap prosedural dan kurang fleksibel.

English Abstract

This research entitled The Partnership between Private University with High Schools (A Study on planning and organizing Partnership between Petra Christian University (PCU) with High Schools). This study aims to describe and analyze the partnership of PCU-High schools with the scope of admission process which include: planning and organizing PCU-High schools partnership, and factors of impediment and inhibiting factors of the partnership. To achieve these objectives, the researcher used interactive data model analysis from Miles, Huberman, and Saldana which are data collection, data condensation, data presentation, and conclusion. The research used descriptive research method with qualitative approach. This research focused on the strategic plan of partnership, understanding the power of resources, adjusting the planning with opportunity, determining the resources and activities, designing the organizational structure and development, and assigning responsibility and delegating authority. The partnership in the scheme of new student enrollment scopes is carried out by: Partnership strategy planning with enrollment with achievement pathway, workshop for principals and councelors, parenting, hospitality visit to high schools, and attending education exhibitions at high schools; Understanding of tangible and intangible resource assets/strengths; And trying to adjust the planning to emerging opportunities. The partnership is organized by considering: Determination of resources (facilities, human resources of lecturers and education personnel) and planned activities; Assignment of responsibilities and delegation of authority is carried out in the organizational structure of Academic Administration Bureau, Public Relations and Bureau for Cooperarion and Institutional Development, which is still mechanistic with divisional design. In addition there are several tasks or responsibilities that are almost the same between Public Relations and Academic Administration Bureau. Tangible and intangible driving factors such as adequate campus physical facilities, positive public perceptions of the quality of UK Petra institutions, adequate partnership budgets, cooperation between UK Petra and qualified overseas universities, and recognition or good assestment and appreciation from internal assessors (goverment) and from overseas are expected to strengthen bargaining position of PCU in partnership. The inhibiting factors of the partnership are the inclusion of uniting units in partnership management, the structure of three different organizations (Academic Administration Bureau, Public Relations and Bureau for Cooperarion and Institutional Development) in handling partnerships, leading to a hampered information flow; There are still human resources that do not fully understand the value of the partnership; There is still no official document as a guide for determining partners; And human resources who only act procedurally and less flexible.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.042/KUS/k/2017/041705110
Uncontrolled Keywords: PARTNERSHIP, PRIVATE UNIVERSITIES AND COLLEGES, HIGH SCHOOLS
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.7 Business enterprises > 338.73 Partnerships
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen Pendidikan Tinggi, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 13 Jul 2017 02:38
Last Modified: 18 Dec 2020 10:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item