-, RINI MUTISARI , SP., MP. (2020) THE UTILIZATION OF INFORMATION TECHNOLOGY IN IMPROVING MARKETING PERFORMANCE OF AGRICULTURAL PRODUCTS. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 4 (2). pp. 238-246. ISSN ISSN 2580-0566 EISSN 2621-9778
Abstract
Excess supply dari produk pertanian cenderung akan terjadi jika jumlah produksinya tidak termanfaatkan sepenuhnya oleh pasar. Diharapkan petani bisa memanfaatkan teknologi dalam pemasaran hasil pertaniannya (e-marketing). Semakin tinggi tingkat pengetahuan terhadap IT semakin besar peluang dalam pengunaan e-marketing. Penelitian ini mempunyai tujuan mengkaji tingkatan pengetahuan dan keterampilan penggunaan teknologi informasi oleh petani, serta dampak pemanfaatannya terhadap pemasaran hasil pertanian, harga jual hasil pertanian dan tingkat pendapatan usahatani dibandingkan pemasaran dengan metode konvensional. Penentuan lokasi penelitian dilakukan menggunakan metode purposive pada Kabupaten Malang dan Kota Batu sebagai sentra tanaman hortikultura di Provinsi Jawa Timur. Pada kabupaten sentra dipilih kecamatan sentra komoditas yang selanjutnya dipilih desa sebagai tempat penelitian. Metode yang digunakan untuk menguji tujuan tersebut adalah uji beda rata-rata Independent sample t-test. Metode ini digunakan karena sampel yang akan diuji adalah dari dua kelompok yang berbeda yaitu petani yang menggunakan metode konvensional dan petani yang menggunakan e-commerce dalam proses pemasaran produk pertaniannya. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signiifikan pada variabel harga, volume penjualan, dan pendapatan usahatani antara kedua kelompok. Dimana rata-rata harga yang diterima, volume penjualan, dan tingkat pendapatan milik petani pengguna e-marketing lebih besar daripada petani konvensional.
English Abstract
Excess supply on agricultural products tends to occur when the market does not fully utilize their products. In that condition, technology plays an essential role in helping farmers promote and sell their products (e-marketing). In the other hand, applying e-marketing requires specific knowledge and skill by the farmers as the users. Higher knowledge and skill about IT mean a higher chance for farmers to apply e-marketing for their business. This research aimed to identify the level of farmers’ knowledge and skill on using IT and to analyze its impact on the level their income, revenue, and selling price. Location of research was chosen purposively at Malang Regency and Batu City as production areas of horticultural products in Province of East Java. The samples were categorized into two; those were farmers who use e-commerce and those who do not (conventional farmers). The data was analyzed and tested used independent t-test to compare those categories. The results indicated that the level of income, revenue, and selling price were different significantly between those categories of the farmer, in which farmers who used e-commerce received higher income, higher revenue, and higher selling price than the conventional ones.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-marketing, harga, konvensional, pendapatan, volume penjualan |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 25 Mar 2022 01:27 |
Last Modified: | 25 Mar 2022 01:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189996 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |