Candra, Leonard Enrico and Dr. Ir. Sri Utami, MT. (2021) Tingkat kenyamanan pengguna jalur pedestrian pada jalan penghibur, Makassar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Jalur pedestrian yang menjadi jalur sirkulasi pejalan kaki sering mengalami berbagai permasalahan. Kenyamanan dari pejalan kaki juga menjadi berkurang dengan adanya permasalahan-permasalahan yang terjadi. Jalan Penghibur sebagai salah satu jalan yang dekat dengan ikon kota Makassar menjadikan jalan Penghibur sering dilalui pejalan kaki. Jalan Penghibur telah memiliki jalur pedestrian. Tingkat kenyamanan jalur pedestrian jalan Penghibur dinilai dari empat variabel yakni, sirkulasi, peneduh, bentuk keindahan, dan keamanan. Mencari tingkat kenyamanan jalur pedestrian dilakukan secara kualitiatif dan kuantitatif melalui responden dengan metode analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian dapat dilihat bahwa variabel sirkulasi pada kedua zona masih memberikan banyak kekurangan. Masalah utama zona satu adalah kelengkapan dan perletakan perabot jalan. Masalah utama zona dua adalah kebersihan dari jalur pedestrian. Kelebihan dari kedua zona jalur pedestrian adalah variabel bentuk keindahan. Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa tingkat kenyamanan zona dua lebih baik dibandingkan zona satu. Kedua zona secara keseluruhan telah memberikan kenyamanan yang cukup, sehingga dapat dikatakan jalur pedestrian pada Jalan Penghibur telah memberikan kenyamanan yang cukup.
English Abstract
Pedestrian ways that become pedestrian circulation have various problems. Pedestrian comfort also reduced by all the problems. Penghibur street as one of the roads that is closed to the icon of Makassar makes Penghibur street often be passed by pedestrians. Penghibur street already had a pedestrian ways. The comfort level of pedestrian ways at Penghibur street is assessed from four variables namely, circulation, shade, aesthetic form, and safety. To find the comfort level of pedestrian ways are used qualitative and quantitative method from respondent with use statistic descriptive for data analysis methods. The result of the study can be seen that circulation from both zona still provides many shortcomings. The main problem from first zone. are comprehensiveness and street furniture location and position. The main problem from second zone are the cleanliness of pedestrian ways. The excess of both zones is aesthetic form variable. Overall, the comfort level of second two is better than first zone. Both of the zones overall already gave enough comfort, so that pedestrian ways at Penghibur street already gave enough comfort
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0'521070295 |
Uncontrolled Keywords: | Keywords : comfort level, pedestrian ways, descriptive statistic |
Subjects: | 700 The Arts > 720 Architecture |
Divisions: | Fakultas Teknik > Arsitektur |
Depositing User: | yulia Chasanah |
Date Deposited: | 11 Mar 2022 07:10 |
Last Modified: | 11 Mar 2022 07:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189946 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
175060500111035 - leonard enrico.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2021. Download (7MB) |
Actions (login required)
View Item |