Persepsi Masyarakat Terhadap Pemanfaatan Pedestrian Ways Pada Koridor Jalan Tunjungan Kota Surabaya Sebagai Ruang Publik

Al Madani, Moehammad Iqbal and M. Satya Adhitama, ST.M.Sc. (2022) Persepsi Masyarakat Terhadap Pemanfaatan Pedestrian Ways Pada Koridor Jalan Tunjungan Kota Surabaya Sebagai Ruang Publik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Koridor Jalan Tujungan Kota Surabaya merupakan kawasan bersejarah dan terletak pada pusat kota serta menjadi kawasan perdagangan dan jasa, tentunya hal tersebut memberikan kesan menarik pada kawasan tersebut. Kesan pada koridor tersebut yakni pada jalur pedestrian yang ada pada koridor Jalan Tunjungan, hal tersebut dikarenakan perlebaran jalur pedestrian yang dilakukan oleh pemerintahan Kota Surabaya dalam mendukung kawasan menjadi ruang publik Kota Surabaya. Namun, dengan adanya perlebaran jalur pedestrian terdapat ketidaksesuaian fungsi dari pemanfaatan jalur pedestrian tersebut. Mulai digunakannya sebagai tempat parkir kendaraan dan digunakan mobilitas kendaraan roda 2. Hal tersebut tentunya mengganggu dari kenyamanan dan keamanan pejalan kaki yang menggunakan jalur tersebut. Permasalahan yang terjadi pada jalur pedestrian menjadi fokus pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pemanfaatan pedestrian ways pada koridor Jalan Tunjungan Kota Surabaya. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif menjelaskan secara faktual kondisi yang ada pada lokasi penelitian. Kondisi faktual yang ditemukan di lapangan akan dibandingkan kesesuaiannya dengan standar dan teori terkait penelitian jalur pedestrian. Analisis deskriptif kuantitatif didapatkan dengan mengumpulkan data melalui pembahasan terkait kondisi eksisting dengan observasi dan data mean score melalui survey kuesioner online (Accidental Sampling). Data yang terkumpul dari penyebaran survey kuesioner online dianalisis menggunakan mean score dengan sintesis kualitatif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kategori penilaian dari pemanfaatan pedestrian ways “Sangat Baik”, “Baik”, “Cukup”, “Kurang”, dan “Sangat Kurang”. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan pedestrian ways pada koridor Jalan Tunjungan Kota Surabaya dikatakan baik dan sesuai dengan keinginan masyarakat sekitar. Penilaian tersebut tentunya dipengaruhi oleh 2 aspek penting yaitu aspek kenyamanan dan keamanan. Pada aspek kenyamanan yakni aksesibilitas dengan “baik”, street furniture dengan nilai “cukup”, serta estetika visual dengan nilai “sangat baik”. Sedangkan pada aspek keamanan yakni keterhubungan jalur dengan nilai “sangat kurang”, keamanan pengguna dengan nilai “baik”, keamanan street furniture dan penerangan jalan dengan nilai “cukup”, serta akses penyebrangan dengan kondisi lingkungan mendapatkan nilai “sangat baik”. Penilaian tersebut berdasarkan hasil persepsi masyarakat.

English Abstract

The Tunjungan Road Corridor in Surabaya City is a historic area and is located in the city center as well as being a trade and service area, of course it gives an interesting impression to the area. The impression on the corridor is on the pedestrian path in the Tunjungan Road corridor, this is due to the widening of the pedestrian path carried out by the Surabaya City government in supporting the area to become a public space for the City of Surabaya. However, with the widening of the pedestrian path, there is a mismatch in the function of the use of the pedestrian path. Starting to be used as a vehicle parking area and used for the mobility of 2-wheeled vehicles. This is certainly disturbing from the comfort and safety of pedestrians who use the lane. Problems that occur on pedestrian paths are the focus of this research. This study aims to determine the public's perception of the use of pedestrian ways in the corridor of Tujungan Road, Surabaya. In this research, the method used is descriptive qualitative and descriptive quantitative. Qualitative descriptive analysis explains factually the conditions that exist at the research site. The factual conditions found in the field will be compared for conformity with standards and theories related to pedestrian path research. Quantitative descriptive analysis was obtained by collecting data through discussions related to existing conditions with observation and mean score data through an online questionnaire survey (Accidental Sampling). The data collected from the distribution of the online questionnaire survey was analyzed using the mean score with a qualitative-quantitative synthesis. The results showed that there were categories of assessment of the use of pedestrian ways “Very Good”, “Good”, “Enough”, “Less”, and “Very Poor”. The results of the study show that the use of pedestrian ways in the Tunjungan Road corridor in Surabaya is said to be good and in accordance with the wishes of the surrounding community. The assessment is certainly influenced by 2 important aspects, namely aspects of comfort and safety. In terms of comfort, namely accessibility with "good", street furniture with "adequate" value, and visual aesthetics with "very good" value. Meanwhile, on the security aspect, namely the connectivity of the lane with a value of "very poor", user safety with a value of "good", the safety of street furniture and street lighting with a value of "adequate", as well as crossing access with environmental conditions get a value of "very good". The assessment is based on the results of public perception

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522070023
Uncontrolled Keywords: Keywords: Perception, Utilization, Pedestrian Ways, Corridor Tunjungan Street
Subjects: 700 The Arts > 720 Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 09 Mar 2022 04:28
Last Modified: 11 Dec 2023 07:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189941
[thumbnail of 175060500111015 - MOEHAMMAD IQBAL AL MADANI.pdf]
Preview
Text
175060500111015 - MOEHAMMAD IQBAL AL MADANI.pdf

Download (13MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item