Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi E-Commerce Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Ukm (Studi Pada Ukm Di Wilayah Kabupaten Subang)

Ausat, Abu Muna Almaududi and Prof. Dr. Dra. Endang Siti Astuti, , M.Si and Dr. Drs. Wilopo,, M.AB (2021) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi E-Commerce Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Ukm (Studi Pada Ukm Di Wilayah Kabupaten Subang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor teknologi, organisasi, lingkungan terhadap adopsi e-commerce dan kinerja UKM serta menganalisis pengaruh adopsi e-commerce terhadap kinerja UKM. Lima faktor diatas sangat jarang ditemukan dalam satu model penelitian dengan tujuh hipotesis yang dibangun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tanggapan responden yang berasal dari kuesioner yang dibagikan kepada 87 UKM sektor pengolahan makanan dan minuman via google form dan dikirim via whatsapp berisi tentang pendapat atau penilaian mereka. Alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM-PLS) yang merupakan pendekatan permodelan kausal yang bertujuan untuk memaksimumkan variansi dari variabel laten yang dapat dijelaskan oleh variabel prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif signifikan antara faktor teknologi dan organisasi dengan adopsi e-commerce dan faktor yang memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja UKM hanya faktor teknologi dan adopsi e-commerce. UKM yang telah memanfaatkan e-commerce harus diikuti dengan pemahaman mengenai pengendalian akses dan keamanan e-commerce itu sendiri bukan hanya bisa memakainya saja. Oleh sebab itu, apabila teknologi digital yang digunakan masih baru, para pemilik UKM dengan segera harus mempersiapkan fasilitas pelatihan kepada seluruh divisi maupun karyawan yang ada

English Abstract

This study aims to determine and analyze the influence of technological, organizational, environmental factors on e-commerce adoption and the performance of SMEs and analyze the effect of e-commerce adoption on the performance of SMEs. The five factors above are very rarely found in a research model with seven hypotheses built. The research method used is a quantitative method with a descriptive approach. The data collection procedure in this study was the respondents' responses from questionnaires distributed to 87 SMEs in the food and beverage processing sector via google form and sent via whatsapp containing their opinions or assessments. The analytical tool used is Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS) which is a causal modeling approach that aims to maximize the variance of latent variables that can be explained by predictor variables. The results showed that there was a significant positive influence between technology and organizational factors with e- commerce adoption and the only factors that had a significant positive effect on the performance of SMEs were technology and e-commerce adoption. SMEs that have taken advantage of e-commerce must be followed by an understanding of access control and security of e-commerce itself, not only using it. Therefore, if the digital technology used is still new, SME owners must immediately prepare training facilities for all existing divisions and employees

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0521030255
Uncontrolled Keywords: Adopsi e-commerce, kinerja UKM, lingkungan, organisasi, teknolog.,E-commerce adoption, SME performance, environment, organization, technology
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 21 Feb 2022 08:26
Last Modified: 25 Feb 2022 07:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189895
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
186030200111017 - ABU MUNA ALMAUDUDI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item