Firmansyah, Gilang Hagi and Dr. Siswidiyanto, MS and Aulia Puspaning Galih, S.IIP, MS (2021) Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik Di Bidang Layanan Pengguna Pada Era Pandemi Covid-19 (Studi Di Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Selama pandemi Covid-19 melanda di Indonesia banyak sekali berbagai fasilitas umum atau publik mengalami kendala dan hambatan dalam pelaksanaan pelayanan publik tidak terkecuali perpustakaan umum. Salah satu contoh perpustakaan umum yang mengalami kendala dalam pelayanannya ialah Perpustakaaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang mengalami kendala pada bidang layanan dan untuk tetap menjalankan pelayanan publik di bidang layanan pengguna Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang membuat kebijakan pembatasan kunjungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan pelayanan publik bidang layanan pengguna pada era pandemi Covid-19 di Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Selain itu ingin mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dari implementasi kebijakan pelayanan publik bidang layanan pengguna pada era pandemi Covid-19 di Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian deskriptif dengan pendekataan kualitatif. Teknik pengumuulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian penulis menyatakan jika keberhasilan implementasi kebijakan dilihat dari Outcomes yaitu : 1) dilihat dari proses yang melihat dari awal implementasi kebijakan, desain hasil implementasi kebijakan, pengambilan keputusan, kepatuhan staf, dan sumber daya. Hasil penelitian dapat diketahui jika untuk tetap menjalankan pelayana publik di bidang layanan pengguna Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang membuat kebijkaan pembatsan kunjungan. Kemudian untuk mendukung implementasi kebijakan tersebut Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang juga meluncurkan inovasi seperti Drive Thru, DRAB (Datang Antarkan Buku), dan Aplikasi M-Mobilib. 2) tujuan kebijakan tercapai dengan melihat faktor dampak terhadap masyarakat yaitu pemustaka yang sudah mulai berkunjung meskipun dibatasi. Dan tingkat perubahan yang terjadi menunjukkan Pemustaka dapat mengikuti kebijakan yang dibuat. Serta sudah digunakannya inovasi layanan yang diluncurkan
English Abstract
During the Covid-19 pandemic in Indonesia, many public or public facilities experienced obstacles and obstacles in the implementation of public services, including public libraries. One example of a public library experiencing problems in its service is The Public Library and Regional Archives of Malang City. The Public Library and Regional Archives of Malang City are experiencing problems in the service sector and to keep running public services in the field of user services, the Public Library and Regional Archives of Malang City make a policy of limiting visits. The purpose of this study was to determine the implementation of public service policies in the field of user services during the Covid-19 pandemic era at the Public Library and Regional Archives of Malang City. In addition, I want to know what are the supporting and inhibiting factors of the implementation of public service policies in the field of user services during the Covid-19 pandemic era at the Public Library and Regional Archives of Malang City. This study uses a descriptive research method with a qualitative approach. The technique of collecting data is by using interview, observation, and documentation techniques. From the results of the study, the authors state that the success of policy implementation is seen from the Outcomes, namely: 1) seen from the process that sees from the beginning of policy implementation, design of policy implementation results, decision making, staff compliance, and resources. The results of the study can be seen if to continue to run public services in the field of service users of the Public Library and Regional Archives of Malang City, make a policy of limiting visits. Then to support the implementation of the policy, the Public Library and Regional Archives of Malang City also launched innovations such as Drive Thru, DRAB (Come Deliver Books), and the M-Mobilib Application. 2) policy objectives are achieved by looking at the impact factors on the community, namely visitors who have started visiting even though they are limited. And the level of change that occurs shows the User can follow the policies made. And the service innovations that have been launched have been used.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521030239 |
Uncontrolled Keywords: | Impelementasi, Kebijakan Publik, Perpustakaan Umum, Pelayanan Publik Pembatasan Kunjungan.,Impelementation, Public Policy, Public Library, User Service Visit Restrictions |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 020 Library and information sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 21 Feb 2022 04:10 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189878 |
Preview |
Text
175030701111007 - gilang hagi.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |