Inovasi Aplikasi Jakarta Kini (Jaki) Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Dan Informasi Publik Terintegrasi Pemerintah Provinsi Dki Jakarta

Naomi, Sally Mitra and Muhammad Shobaruddin, Dr. Drs., MA and Nurjati Widodo, S.AP, M.AP (2021) Inovasi Aplikasi Jakarta Kini (Jaki) Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Dan Informasi Publik Terintegrasi Pemerintah Provinsi Dki Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai ibukota negara sekaligus pusat pemerintahan negara Republik Indonesia serta termasuk dalam kategori salah satu kota pusat ekonomi bisnis di Indonesia, Provinsi DKI Jakarta memiliki entitas tersendiri bagi publik. Entitas tersebut menyebabkan terjadinya penambahan penduduk di kota ini dari tahun ke tahunnya, baik untuk menetap maupun penglaju/komuter. Pesatnya jumlah penduduk yang bermukim serta tingginya tingkat mobilitas komuter di Ibukota Jakarta, menyebabkan timbulnya berbagai elemen permasalahan perkotaan yang harus segera diselesaikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal tersebut ditandai dengan diciptakannya sebuah terobosan baru yaitu inovasi aplikasi Jakarta Kini (JAKI) sebagai upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat akan layanan publik dan informasi resmi yang saling terintegrasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah penerimaan inovasi pelayanan dan informasi publik terintegrasi melalui aplikasi Jakarta Kini (JAKI) serta faktor pendukung dan penghambat penerimaan inovasi aplikasi Jakarta Kini (JAKI) sebagai bagian dari inovasi pelayanan dan informasi publik terintegrasi di Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerimaan inovasi pelayanan dan informasi publik terintegrasi melalui aplikasi JAKI, relatif cepat diadopsi baik oleh pihak internal instansi seta masyarakat kota Jakarta. Hanya saja memang masih memerlukan peningkatan di beberapa aspek yang dilihat dari 5 (lima) indikator karakteristik inovasi 1) Keunggulan Relatif (Relative Advantage), 2) Kesesuaian (Compability), (3) Kerumitan (Complexity), (4) Kemampuan diuji cobakan (Trialability), (5) Kemampuan diamati (Observability). Adapun faktor pendukung dari penerimaan inovasi JAKI adalah dukungan dari sisi internal dan eksternal organisasi, serta terdapat pula faktor penghambat yang berasal dari internal dan eksternal organisasi

English Abstract

As the capital of the state as well as the center of government of the Republic of Indonesia and included in the category of one of the economic centers of business in Indonesia, DKI Jakarta Province has a public entity. This entity causes an increase in population in this city from year to year, both for living and commuting. The rapid number of residents living and the high level of commuter mobility in the capital city of Jakarta has caused the emergence of various problems that must be implemented by the Provincial Government of DKI Jakarta. This is marked by the discovery of a breakthrough, namely the innovation of the Jakarta Kini (JAKI) application as an effort to fulfill the public's need for integrated public services and official information. This study was descriptive research with qualitative approach. The focus of this research is the acceptance of integrated public information and service innovations through the Jakarta Kini application (JAKI) as well as the supporting and inhibiting factors for the application of the Jakarta Kini application innovation (JAKI) as part of the integrated public information and service innovation at the Department of Communication, Informatics, and Statistics in DKI Jakarta Province. The results of this study indicate that the acceptance of service innovations and integrated public information through the JAKI application is relatively quickly adopted by internal agencies and public. It's just that it still requires improvement in several aspects as seen from the 5 (five) characteristic indicators 1) Relative Advantage, 2) Compatibility, (3) Complexity, (4) Trialability, (5) Observability. The supporting factors for implementing JAKI innovation are support from internal and external sides of the organization, and there are also inhibiting factors originating from internal and external organizations.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030201
Uncontrolled Keywords: INOVASI PELAYANAN PUBLIK, INFORMASI PUBLIK, JAKI., PUBLIC SERVICE INNOVATION, PUBLIC INFORMATION, JAKI
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:35
Last Modified: 07 Oct 2024 07:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189751
[thumbnail of 175030101111066 - Sally Mitra Naomi.pdf] Text
175030101111066 - Sally Mitra Naomi.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item