Analisis Penerapan E-Government Pada Pelayanan Pensiun Melalui Siapel Di Kabupaten Malang (Studi Pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Malang)

Nisa, Zaroh Khoirun and Dr. Fadillah Amin,, , M.AP., Ph.D. and Ali Maskur,, S.AP., M.AP MA (2021) Analisis Penerapan E-Government Pada Pelayanan Pensiun Melalui Siapel Di Kabupaten Malang (Studi Pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pegawai negeri sipil yang telah memasuki batas usia pensiun dan telah mengabdikan dirinya kepada negara, oleh karena itu seyogyanya mereka mendapatkan pelayanan yang baik dari pihak yang terkait untuk memenuhi haknya. Penerapan e-government diharapkan dapat memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah khususnya pada pelayanan pensiun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan e-government pada pelayanan pensiun melalui SIAPEL di Kabupaten Malang beserta faktor penghambat dan upaya untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara mendalam dilakukan dengan Kepala dan pegawai bagian pelayanan pensiun dan bagian infomasi data di Badan Pengembangan dan Kepegawaan Sumber Daya Manusia Kabupaten Malang, untuk mendapatkan informasi terkait pelaksanaan e-government pada pelayanan pensiun di Badan Pengembangan dan Kepegawaan Sumber Daya Manusia Kabupaten Malang. Penerapan e-government pada pelayanan pensiun melalui SIAPEL di Kabupaten Malang belum dapat dikatakan berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari berbagai indikator penerapan e-government yakni Infrastruktur Teknologi Informasi, Ketersediaan Perangkat Hukum, Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Finansial dan Value. Dari kelima indikator-indikator tersebut, ada beberapa indikator yang sudah baik, namun ada indikator yang belum sepenuhnya dilaksanakan secara maksimal. Penerapan e-government pada pelayanan pensiun melalui SIAPEL di Kabupaten Malang didukung dengan ketersediaan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Sumber daya finansial yang baik. Namun terdapat beberapa hambatan seperti kendala sumber daya manusia, kendala infrastruktur data dan kurangnya koordinasi dengan organisasi lain. Maka dari itu, saran yang dapat diberikan yaitu: mempertegas dan memperjelas pembagian tugas, menambah jumlah aparatur yang ahli di bidang IT dan melakukan sosialisasi serta pemberitahuan kepada seluruh perangkat daerah yang terkait untuk segera melakukan peremajaan data kepegawaian

English Abstract

Civil servants who have entered the retirement age limit and have dedicated themselves to the state, therefore they should get good service from the parties concerned to fulfill their rights. The implementation of e-government is expected to improve the quality of government services, especially in pension services. This study aims to describe and analyze the implementation of e- government in pension services through SIAPEL in Malang Regency along with the inhibiting factors and efforts to overcome these obstacles. This study uses a descriptive type of research with a qualitative approach method. Data was collected by using interview, observation and documentation techniques. In-depth interviews were conducted with the head and employees of the pension service division and the data information section at the Malang Regency Human Resources Development and Personnel Agency, to obtain information related to the implementation of e-government in pension services at the Malang Regency Human Resources Development and Personnel Agency. The implementation of e-government in pension services through SIAPEL in Malang Regency has not been said to be running well, this can be seen from various indicators of e-government implementation, namely Information Technology Infrastructure, Availability of Legal Instruments, Human Resources, Financial Resources and Value. Of the five indicators, there are several indicators that are already good, but there are indicators that have not been fully implemented to the fullest. The implementation of e-government in pension services through SIAPEL in Malang Regency is supported by the availability of Information Technology Infrastructure and good financial resources. However, there are several obstacles such as human resource constraints, data infrastructure constraints and lack of coordination with other organizations. Therefore, the suggestions that can be given are: to emphasize and clarify the division of tasks, increase the number of personnel who are experts in the IT field and carry out socialization and notification to all relevant regional apparatuses to immediately renew personnel data.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030188
Uncontrolled Keywords: E-government, SIAPEL, Pelayanan Pensiun, Kabupaten Malang.,E-government, SIAPEL, Pension Service, Malang district
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 11 Feb 2022 04:27
Last Modified: 23 Feb 2022 09:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189718
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175030100111051 - ZAROH KHOIRUN NISA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item