Ramadiani, Ayu Widiastuti and Dr. Lely Indah Mindarti, M.S.i and Aulia Puspaning Galih,, S.IIP., MS (2021) Analisis Perilaku Pustakawan Dalam Melayani Pemustaka Di Perpustakaan Umum Kota Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kegiatan perpustakaan merupakan kegiatan layanan atau jasa yang dapat dikelompokan menjadi dua kelompok yaitu layanan teknis dan layanan pemustaka. Layanan perpustakaan harus terdapat beberapa unsur utama yaitu fasilitas layanan perpustakaan, bahan pustaka yang dapat disediakan, pemustaka yang membutuhkan dan petugas layanan. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis: (1) perilaku pustakawan dalam melayani pemustaka di Perpustakaan Umum Kota Probolinggo, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat bagi perilaku pustakawan dalam melayani pemustaka di Perpustakaan Umum Kota Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif karena peneliti bertujuan mengetahui, memahami, mengolah, menganalisis dan mendeskripsikan berdasarkan fakta yang terdapat di lapangan mengenai bagaimana perilaku pustakawan dalam melayani pemustaka. Sumber data penelitian ini berusaha mendapatkan atas keberadaan dan fungsi Perpustakaan Umum Kota Probolinggo sebagai ruang publik melalui partisipasi dari narasumber. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perilaku pustakawan Perpustakaan Umum Kota Probolinggo bahwa pustakawan atau staff perpustakaan sudah melakukan sesuai dengan 8 karakteristik yang diperlukan sebagai pustakawan dalam suatu perilaku asertif, (2) Faktor penghambat Perilaku Pustakawan dalam melayani pemustaka pada Perpustakaan Umum Kota Probolinggo yaitu kurangnya ramah pada pemustaka pustakawan kadang tidak ada dilayanan jika kalau meminjam buku harus nyari atau tunggu pustakawan terlebih dahulu yang menyebabkan situasi atau kondisi yang ada di perpustakaan umum kota probolinggo selalu berubah – berubah dalam melayani pemustaka, sedangkan Perilaku Pustakawan dalam melayani pemustaka pada Perpustakaan Umum Kota Probolinggo yaitu fasilitas yang ada di Perpustakaan Umum Kota Probolinggo sudah tercukupi dan komitmen dari pimpinan atau instansi vertikal dan Anggaran sarana Prasana tetap menjalankan serta juga mensukseskan agar berhasil dan sesuai dengan tujuan yang telah diperlukan.
English Abstract
viii ABSTRACT Ayu Widiastusti Ramadiani, 2020, Behavioral Analysis of Librarians in Serving Users at Public Library Probolinggo City. Library activities are service activities or services that can be grouped into two groups, namely technical services and user services. Library services must have several main elements, namely library service facilities, library materials that can be provided, users who need and service officers. The purpose of this research is to know, describe and analyze: (1) the behavior of librarians in serving the users at the Probolinggo City Public Library, (2) the supporting and inhibiting factors for the librarian's behavior in serving the users at the Probolinggo City Public Library. The research method used in this research is descriptive research using a qualitative approach because the researchers aim to know, understand, process, analyze and describe based on the facts found in the field about how the behavior of librarians in serving users. The source of this research data is trying to find out the existence and function of the Probolinggo City Public Library as a public space through the participation of resource persons. Data collection techniques in this study using interviews, observation and documentation. The results of this study indicate that (1) the behavior of the librarian of the Probolinggo City Public Library that the librarian or library staff has carried out in accordance with the 8 characteristics needed as a librarian in an assertive behavior, (2) the inhibiting factors of librarian behavior in serving users at the Probolinggo City Public Library are the lack of friendliness to the librarian sometimes there is no service if you borrow books you have to look for or wait for the librarian first which causes the situation or conditions in the Probolinggo city public library to always change in serving users, while the librarian's behavior in serving users at the City Public Library Probolinggo, namely the existing facilities at the Probolinggo City Public Library, have been fulfilled and the commitment from the leadership or vertical agency and the budget for infrastructure facilities continues to run and also make it successful and in accordance with the required objectives
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521030186 |
Uncontrolled Keywords: | Perilaku, Perpustakaan, Pustakawan, Pemustaka., Behavior, Libraries, Librarians, Librarians |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 020 Library and information sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 11 Feb 2022 02:37 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 01:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189713 |
Text
165030707111005 - AYU WIDIASTUTI RAMADIANI..pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |