Studi Pengaruh Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Karakteristik Pengguna KRL Commuter Line Kota Bekas

Pratama, Rizky and Lasmini Ambarawatii, i ST., M.Eng. and Ir. A. Wicaksono, M.Eng, Ph.D. (2021) Studi Pengaruh Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Karakteristik Pengguna KRL Commuter Line Kota Bekas. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pandemi merupakan salah satu peristiwa besar yang terjadi di tahun 2020. Untuk mengurangi penyebaran Covid-19 yang cukup luas, pemerintah Indonesia memberlakukan program pembatasan sosial, dimana dilakukan pembatasan pergerakan dan kapasitas pada semua sektor salah satunya di sektor transportasi umum, salah satunya KRL Commuter Line. Pembatasan ini dilakukan dengan membatasi jumlah penumpang di setiap gerbong kereta yang hanya boleh maksimal setengah dari kapasitas gerbong kereta. Penelitian ini mengambil sampel dari pengguna KRL Commuter Line Kota Bekasi dengan tiga rute menggunakan survey online google form, dimana setiap rute diambil sebanyak 130 responden. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui karakteristik pelaku perjalanan, karakteritik perjalanan, serta model pemilihan moda antara KRL Commuter Line dengan sepeda motor. Analisis karakteristik menggunakan statistic deksriptif dan metode logit binomial untuk model pemilihan moda, dimana teknik stated preference digunakan dalam menentukan pemilihan moda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa ada perubahan pada karakteristik perjalanan untuk setiap waktu perjalanan. Sedangkan untuk hasil analisis model pemilihan moda dengan logit binomial, menunjukkan bahwa pengaruh dari masing- masing perubahan atribut, yaitu waktu perjalanan dan biaya perjalanan bernilai signifikan terhadap perpindahan ke moda KRL Commuter Line. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa semakin meningkatnya waktu dan biaya perjalanan dengan moda KRL Commuter Line, maka probabilitas KRL Commuter Line menurun dan probabilitas sepeda motor meningkat

English Abstract

The pandemic is one of the major events that occurred in 2020. To reduce the fairly wide spread of Covid-19, the Indonesian government implemented a social program, where movement and capacity were carried out in all sectors, one of which was in the public transportation sector, one of which was the KRL Commuter Line. This restriction is carried out by limiting the number of passengers in each train which can only be a maximum of half of the train capacity. This study took samples from users of the Bekasi City Commuter Line KRL with three routes using an online google form survey, where each route was taken as many as 130 respondents. This study aims to determine the traveler characteristics, travel characteristics, and the mode of choice between KRL Commuter Line and motorcycles. Characteristic analysis uses descriptive statistics and the binomial logit method for the mode selection model, where the technique is used states preferences to determining the mode selection. The results of the descriptive analysis show that there is a change in the characteristics of the trip for each time of the trip. As for the results of the analysis of the mode selection model with the binomial logit, it shows that the effect of each attribute change, travel times and travel costs, is significant on switching to the Commuter Line KRL mode. Results based on the analysis, it is known that the increase in travel time and costs with the Commuter Line KRL mode, then the probability of the Commuter Line KRL decreases and the probability of a motorcycle increases.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521070265
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : KRL Commuter Line, karakteristik, analisis, pemilihan moda
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 11 Feb 2022 01:52
Last Modified: 23 Feb 2022 07:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189708
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175060107111013 - rizky pratama.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item