Peran Nilai Destinasi, Kepuasan Wisatawan Dan Tourist Engagement Sebagai Mediasi Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Loyalitas Wisatawan ( Studi Pada Destinasi Wisata Pantai Di Maluku )

Huwae, Victor Ernest (2019) Peran Nilai Destinasi, Kepuasan Wisatawan Dan Tourist Engagement Sebagai Mediasi Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Loyalitas Wisatawan ( Studi Pada Destinasi Wisata Pantai Di Maluku ). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mengintegrasikan nilai destinasi, kepuasan wisatawan dan tourist engagement dengan konstruk pemasaran lainnya seperti, citra destinasi dan loyalitas wisatawan dalam ranah penelitian tourism, sehingga menjadi satu kerangka pemodelan penelitian yang komprehensif untuk menjawab research gap menjadi hal yang sangat penting dalam penelitian ini. Pengaruh antar konstruk terhadap loyalitas wisatawan juga diidentifikasi dalam analisis, melalui hubungan langsung maupun hubungan tidak langsung dengan pengujian mediasi. Penelitian ini secara empiris bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor penentu loyalitas wisatawan yang melakukan kunjungan ke destinasi wisata pantai yang berada di Provinsi Maluku. Keterkaitan antara citra destinasi, nilai destinasi, kepuasan wisatawan, tourist engagement terhadap loyalitas wisatawan, baik pengaruh secara langsung maupun pengaruh secara tidak langsung, dibahas dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Persepsi terhadap 216 wisatawan nusantara yang berkunjung ke destinasi wisata pantai yang berada di Provinsi Maluku akan digunakan untuk menguji dan menganalisis keterkaitan antara konstruk yang diteliti. Kumpulan data dianalisis dengan menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian secara empiris menunjukan bahwa citra destinasi tidak berpengaruh secara langsung terhadap tourist engagement dan loyalitas wisatawan, namun citra destinasi berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas wisatawan melalui nilai destinasi dan kepuasan wisatawan. Nilai destinasi berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan wisatawan, tourist engagement dan loyalitas wisatawan. Kepuasan wisatawan berpengaruh secara langsung terhadap tourist engagement dan loyalitas wisatawan. Tourist engagement juga berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas wisatawan, namun tidak berperan sebagai mediasi pengaruh citra destinasi terhadap loyalitas wisatawan.

English Abstract

The integration of destination value, tourist satisfaction, and tourist engagement with other marketing constructs such as destination image and tourist loyalty in the domain of tourism studies which produces a comprehensive research model framework becomes an inportant matter in this study. The influence among the consructs on tourist loyalty was also identified in its analysis through both direct and indirect relationships with mediation test. This study empirically aims to assess and analyze the determining factors for the loyalty of tourists who have visited beach tourism destinations in Maluku Province. The connections, both direct and indirect, between destination image, destination value, tourist satisfaction, and tourist engagement with tourist loyalty, are discussed in this research. This study is categorized into quantitative research. The perceptions of 216 domestic tourists who visited beach tourism destinations in Maluku Province were used to assess and analyze the connection among the constructs. The data sets were analyzed using Confirmatory Factor Analysis (CFA) and Structural Equation Modelling (SEM). The results of the study empirically show that destination image does not directly influence tourist engagement and tourist loyalty, but it indirectly influencestourist loyalty through destination value and tourist satisfaction. Destination value directly influence tourist satisfaction, tourist engagement, and tourist loyalty. Tourist satisfaction directly influence tourist engagement and tourist loyalty. Tourist engagement also directly influence tourist loyalty, but it does not mediate the influence of destination image on tourist loyalty.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/338.479 1/HUW/p/2019/061907621
Uncontrolled Keywords: Citra Destinasi, Nilai Destinasi, Kepuasan Wisatawan, Tourist Engagement, Loyalitas Wisatawan,-.destination image, destination value, tourist satisfaction, tourist engagement, tourist loyalty
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:38
Last Modified: 10 Feb 2022 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189695
[thumbnail of VICTOR ERNEST HUWAE.pdf] Text
VICTOR ERNEST HUWAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item