Pengaruh Destination Image Terhadap Revisit Intention Melalui Satisfaction Dan Place Attachment (Survey Pada Pengunjung Taman Rekreasi Selecta)

Satriawan, Aditya and Yusri Abdillah, S.Sos, M.Si., Ph.D, S.Sos, M.Si., Ph.D and Edriana Pangestuti, SE, M.Si., DBA, SE, M.Si., DBA (2021) Pengaruh Destination Image Terhadap Revisit Intention Melalui Satisfaction Dan Place Attachment (Survey Pada Pengunjung Taman Rekreasi Selecta). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling berkontribusi terhadap pemasukan Negara Indonesia. Namun di tahun 2019 terdapat sebuah virus mematikan yang menyebar ke seluruh dunia, yang bernama virus corona atau yang lebih populer dengan sebutan Covid-19. Pada tahun 2020 Covid-19 menyebar hingga Indonesia dan berdampak pada semua sektor, termasuk pariwisata yang menyebabkan penurunan jumlah kunjungan hingga 30%. Salah satu kota yang terdampak adanya pandemi Covid-19 adalah Kota Batu, yang menyebabkan turunnya jumlah kunjungan hungga 69%. Oleh karena itu perlu diadakan kajian terkait faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi niat berkunjung kembali guna berkontribusi dalam meningkatkan kembali jumlah kunjungan yang sempat menurun. Menurut beberapa sumber literatur, faktor- faktor yang berpengaruh terhadap niat berkunjung kembali diantaranya destination image, satisfaction dan place attachment. Tempat yang menarik untuk melakukan kajian faktor-faktor tersebut adalah Taman Rekreasi Selecta. Taman Rekreasi Selecta merupakan destinasi wisata yang berada di Kota Batu. Pada tahun 2019 tercatat kunjungan ke Taman Rekreasi Selecta mencapai 1.393.680, terbanyak di Kota Batu. Seperti halnya destinasi wisata lain, Taman Rekreasi Selecta juga mengalami penurunan jumlah kunjungan sebesar 82%, yang membuat Taman Rekreasi Selecta tempat yang sesuai untuk melakukan kajian tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh destination image, satisfaction dan place attachment terhadap revisit intention. Jenis penelitian ini merupakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini merupakan pengunjung domestik Taman Rekreasi Selecta berusia minimal 17 tahun yang setidaknya pernah berkunjung ke Taman Rekreasi Selecta minimal sekali. Ukuran sampel sebesar 116 responden. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan survey dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data dengan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Destination Image memiliki pengaruh secara positif signifikan terhadap Satisfaction; Destination Image memiliki pengaruh secara positif signifikan terhadap Place Attachment; Satisfaction memiliki pengaruh secara positif signifikan terhadap Place Attachment; Satisfaction memiliki pengaruh secara positif signifikan terhadap Revisit Intention; Place Attachment memiliki pengaruh secara positif signifikan terhadap Revisit Intention. Penelitian selanjutnya diharapkan mampu menggali kembali faktor apa saja yang dapat menjadi prediktor dari Revisit Intention selain variabel-variabel yang digunakan pada penelitian ini dan melakukannya di masa yang akan datang dimana pandemi Covid-19 sudah berakhir, karena hasilnya mungkin berbeda. Kemudian diharapkan bagi penelitian selanjutnya untuk membuat sistem yang baik guna memfilter calon responden agar benar-benar sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya, walapun penyebaran kuesioner kepada calon responden tidak dilakukan secara langsung atau tatap muka. Saran bagi Taman Rekreasi Selecta sebaiknya meningkatkan keramahan serta kesigapan dalam membantu dan melayani wisatawan yang berkunjung, serta lebih sering membuat acara-acara yang diselenggarakan untuk umum guna meningkatkan ikatan antara pengunjung dengan Taman Rekreasi Selecta, khususnya ikatan secara fungsion

English Abstract

Tourism is one of the sectors that contributes the most to Indonesia's income. But in 2019 there was a deadly virus that spread throughout the world, called the corona virus or more popularly known as Covid-19. In 2020 Covid-19 spread to Indonesia and had an impact on all sectors, including tourism, causing a decrease in the number of visits by up to 30%. One of the cities affected by the Covid-19 pandemic is Batu City, which has caused a decrease in the number of visits by up to 69%. Therefore, it is necessary to conduct a study related to what factors influence the intention to visit again in order to contribute to increasing the number of visits that had decreased. According to several literature sources, the factors that influence the intention to revisit include destination image, satisfaction and place attachment. An interesting place to study these factors is the Selecta Recreation Park. Selecta Recreation Park is a tourist destination located in Batu City. In 2019, the number of visits to the Selecta Recreation Park reached 1,393,680, the most in Batu City. As with other tourist destinations, the Selecta Recreation Park also experienced a 82% decrease in the number of visits, which made the Selecta Recreation Park an appropriate place to conduct the study. This study aims to examine the effect of destination image, satisfaction and place attachment on revisit intention. This type of research is an explanatory research with a quantitative approach. The population in this study were domestic visitors to Selecta Recreation Park aged at least 17 years who had visited Selecta Recreation Park at least once. The sample size is 116 respondents. The data collection technique is using a survey using a questionnaire. Methods of data analysis with descriptive analysis and path analysis. The results of this study indicate that: Destination Image has a significant positive effect on Satisfaction; Destination Image has a significant positive effect on Place Attachment; Satisfaction has a significant positive effect on Place Attachment; Satisfaction has a significant positive effect on Revisit Intention; Place Attachment has a significant positive effect on Revisit Intention. Further research is expected to be able to explore what factors can be predictors of Revisit Intention in addition to the variables used in this study and to do so in the future where the Covid-19 pandemic has ended, because the results may be different. Then it is hoped for further research to create a good system to filter potential respondents so that they really fit the predetermined criteria, even though the distribution of questionnaires to prospective respondents is not done directly or face to face Suggestions for the Selecta Recreational Park should be to increase friendliness and alertness in helping and serving visiting tourists, as well as more frequent public events to increase the bond between visitors and the Selecta Recreational Park, especially functional bonds

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0421030007
Uncontrolled Keywords: Destination Image, Satisfaction, Place Attachment, Revisit Intention.,Destination Image, Satisfaction, Place Attachment, Revisit Intention
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:10
Last Modified: 24 Feb 2022 03:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189692
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
166030200011006 - Aditya Satriawan.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item