Setyoningrum, Eva and Dr. Mohammad Nuh,, S.IP., M.Si and Suhartono Winoto, S.AP., M.AP (2021) Implementasi Strategi Pengelolaan Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) (Studi Pada Sma Negeri 3 Kota Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Strategi pada tata kelola pada pendidikan di sekolah sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas atau mutu peserta didik terutama pada sekolah yang berbasis TIK. Salah satu sekolah yang melaksanakan Strategi Pengelolaan Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah SMA Negeri 3 Kota Blitar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Implementasi Strategi Pengelolaan Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMA Negeri 3 Kota Blitar. Dan juga untuk mengetahui dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Implementasi Strategi Pengelolaan Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMA Negeri 3 Kota Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di SMA Negeri 3 Blitar. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitianyang digunakan adalah pedoman wawancara, alat perekam dan catatan lapangan. Analisis data yang dilaksanakan mengikuti alur analisis data Miles dan Hubberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data dan analisis data. Keabsahan data dilaksanakan dengan uji kredibilitas dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan aspek mekanisme strategi pengelolaan berbasis TIK pada tahap perencanaan menghasilkan Kurikulum 2013 Pintar. Perencanaan digunakan untuk pedoman agar program-program dapat berjalan tanpahalangan, (a) program imersi, (b) program blended learning melalui moddle learning system, (c) pelatihan peningkatan keterampilan guru untuk operasional TIK dalam pembelajaran, (d) pelatihan karyawan TU, (e) memaksimalkan penggunakan jejaring dan media sosial untuk menyampaikan informasi pendidikan kepada umum. Pada tahap implementasi strategi pengelolaan berbasis TIK dilaksanakan menggunakan website sekolah, media sosial sekolah (istagram, wa, twitter) dan pembelajaran menggunakan moodle learning system. Melalui implementasi pengelolaan berbasis TIK input data yang masih manual diubah menjadi data terkomputerisasi agar data lebih efektif dan efisien. Aspek mekanisme strategi pengelolaan evaluasi, dilaksanakan melalui hasil supervisi keterlaksanaan tertib administrasi dan pembelajaran berbasis TIK oleh Kepala Sekolah yang disampaikanpada rapat rutin di sekolah. Faktor pendukung adalah partisipasi orang tua, ketersediaan infrastruktur yang mendukung operasional sistem TIK dan sikap mental siswa, karyawan serta warga sekolah . Sedangkan faktor penghambat adalah pada kurangnya SDM yang menguasai TIK, teknis pelaksanaan TIK dan kesiapan user atau pelaksana TIK di sekolah terhadap permasalahan yang terjadi
English Abstract
Strategies on school management are very important in improving the quality or quality of students, especially in ICT-based schools. One school that implements the Information and Communication Technology-Based Education Management Strategy (ICT) is SMA Negeri 3 Kota Blitar. The purpose of this study was to observe and analyze the Implementation of Information and Communication Technology-Based Education Management Strategies in SMA Negeri 3 Kota Blitar. And also to find out and analyze supporting factors and inhibiting factors in the Implementation of Information and Communication Technology-Based Education Management Strategies in SMA Negeri 3 Kota Blitar. The type of research used is descriptive with a qualitative approach. The research location is SMA Negeri 3 Blitar. Data collection techniques carried out were observation, interviews and documentation. The research instruments used were interview guides, recording devices and field notes. Data analysis was carried out following the flow of Miles and Hubberman data analysis which consisted of data collection, data reduction, data display and data analysis. The validity of the data was carried out by means of a credibility test and triangulation. The results showed that the aspects of the ICT-based strategy mechanism management at the planning stage resulted as a Smart 2013 Curriculum. Planning stage is used for guidelines so that programs can run without hindrance, (a) immersion programs, (b) blended learning programs through a moddle learning system, (c) training to improve teacher skills for ICT learning, (d) school employee training, (e) maximizing the use of social networks and media to convey educational information to the public. The implementation stage of the ICT-based management strategy are using the school website, school social media (istagram, wa, twitter) and learning using the moodle learning system. Through the implementation of ICT-based management, manual data input is converted into computerized data so that data is more effective and efficient. The aspect of the evaluation management strategy mechanism is carried out through the results of supervision of the orderly implementation of administration and ICT-based learning by the Principal who is delivered at routine school meetings. Supporting factors are parental participation, the availability of infrastructure that supports the operation of the ICT system and the mental attitude of students, employees and school residents. While the inhibiting factor is the lack of human resources who master in ICT, technical implementation of ICT and the readiness of users ICT in schools to face an unexpected problems
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521030177 |
Uncontrolled Keywords: | IMPLEMENTASI, STRATEGI PENGELOLAAN, TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.,MPLEMENTATION, MANAGEMENT STRATEGY, INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 05:16 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 06:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189682 |
![]() |
Text
Eva Setyoningrum.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |