Theodores, Tirza Nesya and Dian Ari Nugroho,, S.E., MM., CMA. (2021) Analisis Pembentukan Brand Love Pada Konsumen Online Art Merchandise (Studi Kasus Pada Konsumen Online Art Merchandise Lokal Merek Jellipeach. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Brand love atau kecintaan konsumen terhadap suatu merek merupakan konsep yang dapat menghasilkan banyak manfaat terutama dalam bidang pemasaran bagi perusahaan, seperti brand loyalty, positive word of mouth serta resistensi terhadap informasi negatif. Sehingga brand love menjadi konsep yang dapat diterapkan dalam bisnis terutama di masa awal. Pembentukan karakteristik brand love konsumen pada online shop merek lokal bernama jellipeach yang bergerak dalam bidang art merchandise atau produk dengan karya seni berupa ilustrasi menjadi fokus dalam penelitian ini. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat membuat konsumen mencintai merek jellipeach serta mencari upaya yang tepat untuk meningkatkan kecintaan konsumen terhadap merek jellipeach. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara online pada konsumen jellipeach yang memiliki akun khusus untuk mengunggah review art merchandise merek lokal sebanyak lima orang, serta dianalisis menggunakan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor desain atau style menjadi faktor utama dalam membentuk karakteristik brand love konsumen pada merek jellipeach. Selain itu, berinovasi dalam segi produk dan desain, menjaga hubungan baik dengan konsumen serta menjaga kualitas produk menjadi upaya-upaya yang harus dilakukan guna meningkatkan brand love pada konsumen jellipeach.
English Abstract
Brand love or consumer love for a brand is a concept that can generate many benefits for companies, especially in the marketing sector such as brand loyalty, positive word of mouth, and resistance to negative information. So that brand love becomes a concept that can be applied in business, especially in the early days. Shaping the characteristics of brand love for jellipeach online shop consumers, which engaged in the business of illustrated art merchandise, is the focus of this study. Thus, this study aims to analyze the factors that can make the consumers love jellipeach as a brand and to find the right efforts to increase consumer love for jellipeach. This study design is qualitative descriptive by collecting data through online interviews with five jellipeach consumers who have an account made specifically to upload reviews of local illustrated art merchandise, and analyzed using the Miles and Huberman method. The results showed that design or style is a major factor in shaping the characteristics of consumer brand love for jellipeach. In addition, innovating in terms of products and designs, maintaining good relationships with consumers, and maintaining product quality are the efforts that must be made to increase consumers' brand love for jellipeach.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521020312 |
Uncontrolled Keywords: | Brand love, art merchandise, merek lokal., Brand love, art merchandise, local brand. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 01:18 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 03:37 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189639 |
Text
Tirza Nesya.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |