Syaifudin, Rohman and Dr. MR. Khairul Muluk, S.Sos, M.Si. and Anita Tri Widiyawati, SS. MA. (2021) Inovasi Perpustakaan dalam Menyediakan Kebutuhan Informasi untuk Mahasiswa Universitas Brawijaya di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Perpustakaan Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perpustakaan Universitas Brawijaya merupakan perpustakaan yang terletak di Kota Malang, berada dibawah naungan Universitas Brawijaya. Perpustakaan Universitas Brawijaya memiliki berbagai prestasi diantaranya Akreditasi “A” oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, dan bersertifikat ISO 9001: 2008. Selain prestasi tersebut juga memiliki permasalahan yaitu kurang maksimalnya layanan yang diberikan, meskipun saat ini telah terjadi suatu wabah virus Covid- 19 yang saat ini sudah ditetapkan sebagai Pandemi Covid-19, hal tersebut tidak boleh dijadikan alasan. Lain daripada hal itu, diduga permasalahan tersebut juga disebabkan oleh faktor internal dari perpustakaan seperti dari SDM (Sumber Daya Manusia), hardware-software atau birokrasinya. Oleh karenanya penelitian ini bermaksud mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis permasalahan yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan simple random sampling. Adapun analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan menguraikan, menginterpretasikan dan pada akhinya diambil satu kesimpulan. Hasil penelitian ini disebutkan bahwa SDM (Sumber Daya Manusia) yang terbatas, kurangnya perhatian yang serius dari organisasi yang menaungi seperti tersendatnya anggaran hal ini secara tidak langsung mempengaruhi pengadaan barang. Lain daripada hal itu dari sisi eksternal juga masih ada permasalahan seperti kurangya informasi mahasiswa dalam mengakses layanan yang disediakan perpustakaan sehingga layanan perpustakaan menjadi kurang maksimal.
English Abstract
Brawijaya University Library is a library located in Malang City, under the auspices of Brawijaya University. The Universitas Brawijaya Library has various achievements including "A" accreditation by the National Library of the Republic of Indonesia, and is certified ISO 9001: 2008. Apart from these achievements, it also has problems, namely the lack of maximum services provided, even though currently there has been an outbreak of the Covid-19 virus which is currently This has been designated as a Covid-19 Pandemic, this should not be used as an excuse. Apart from that, it is suspected that the problem is also caused by internal factors from the library such as from HR (Human Resources), hardware-software or the bureaucracy. Therefore, this research intends to know, describe and analyze the existing problems. This study uses a qualitative approach. Collecting data by observing, interviewing and documenting. The technique of determining the informants in this study used purposive sampling and simple random sampling. The data analysis used is descriptive analysis by describing, interpreting and in the end one conclusion is drawn. The results of this study stated that limited human resources, lack of serious attention from the organization that oversees it, such as budget stagnation, this indirectly affects the procurement of goods. Apart from that from the external side, there are still problems such as the lack of student information in accessing the services provided by the library so that library services are less than optimal.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521030149 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: inovasi perpustakaan, pandemi covid-19, kebutuhan informas |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 020 Library and information sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | yulia Chasanah |
Date Deposited: | 09 Feb 2022 02:10 |
Last Modified: | 05 Jul 2022 07:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189596 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
175030700111003 - Rohman Syaifudin.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |