Analisis Strategi Pengembangan Usaha Rumah Makan Ayam Bakar Abah Sholeh Di Pandaan Kabupaten Pasuruan

Wibowo, Rizky Ari and Sunarti,, Dr, S.Sos, MAB (2021) Analisis Strategi Pengembangan Usaha Rumah Makan Ayam Bakar Abah Sholeh Di Pandaan Kabupaten Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumah makan merupakan salah satu usaha yang banyak digeluti pengusaha dengan pertimbangan bahwa masakan mempunyai ciri khas yang disukai berbagai kalangan masyarakat. Hal itu memicu persaingan yang ketat antara rumah makan lainnya. Padahal bila dilihat dari jenis produk yang ditawarkan, rumah makan Abah Sholeh memiliki diferensiasi yang sangat sedikit bahkan cenderung sama. Dengan demikian usaha rumah makan ini memerlukan strategi yang tepat agar dapat terus bertahan dan berkembang. Oleh karena itu, Rumah Makan Ayam Bakar Abah Sholeh harus dapat menyusun strategi pengembangan usaha yang tepat agar rumah makannya dapat bersaing secara kompetitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan menentukan strategi pengembangan usaha Rumah Makan Ayam Bakar Abah Sholeh di Pandaan Kabupaten Pasuruan berdasarkan analisis SWOT, faktor Internal dan Eksternal. Hasil penelitian ini memberikan fakta bahwa saat ini Rumah Makan Ayam Bakar Abah Sholeh mempunyai kekuatan dan peluang yang besar untuk dapat bersaing. Berdasarkan analisis bahwa strategi yang harus diterapkan pada Rumah Makan Ayam Bakar Abah Sholeh haruslah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy). Strategi ini didesain untuk mencapai pertumbuhan baik dalam penjualan, aset, profit maupun kombinasi ketiganya. Hal ini dapat dicapai dengan cara menurunkan harga, mengembangkan produk baru, menambah kualitas produk atau jasa, atau meningkatkan akses ke pasar yang lebih luas yaitu strategi intensif. Disamping itu terdapat penerapan strategi lainnya yaitu alternatif strategi SO yang didesain untuk meningkatkan kompetitif usaha Rumah Makan Ayam Bakar Abah Sholeh yang berdampak pada volume penjualan dan pertumbuhan profit sehingga menjadikan rumah makan ini semakin berkembang untuk kedepannya dan mampu bertahan ditengah-tengah maraknya pengusaha yang membuka usaha rumah makan Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah adanya strategi pengembangan yang sesuai bagi Rumah Makan Ayam Bakar Abah Sholeh di Pandaan Kabupaten Pasuruan adalah strategi agresif yakni strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang.

English Abstract

Restaurant is one of the business which many entrepreneurs are engaged in with the consideration that cuisine has characteristics that are liked by various circles of society. It triggers intense competition between other restaurants. Even though when viewed from the types of products offered by Abah Sholeh Restaurant, there are very few differences and even tend to be the same. Therefore this restaurant business requires the right strategy in order to continue to survive and develop. Therefore Abah Sholeh Restaurant must be able to develop appropriate business development strategies so that their restaurants could be more competitive The purpose of the study are: (1) knowing, analyzing and determining the business strategy development on Abah Sholeh Grilled Chicken Restaurant in Pandaan Pasuruan Regency based on the results of SWOT, internal and external factor analysis . The result of this study gave the fact that Abah Sholeh Grilled Chicken Restaurant have the strength and great opportunity to become more competitive. Based on the analysis, the strategy that should be applied to Abah Sholeh Grilled Chicken Restaurant must support the policy of aggressive growth (growth oriented strategy). This strategy is designed to achieve growth, both in sales, assets, profits or a combination af all three. This can be achieved by lowering the price, developing new products, increasing the quality of product or service or to improve acces to the market which is more extensive, the intensive strategy. Besides, there is another alternative to the implementation of SO strategy which is designed to improve the competitiveness of Abah Sholeh Grilled Chicken Restaurant that also affects the growth of sales volume and profit which made this restaurant could grew in the future and able to survive in the midst of business competition between entrepreneurs with similar business concept. The conclusion drawn from this study shown that the appropriate development strategy for Abah Sholeh Grilled Chicken Restaurant is aggressive strategy, it is a strategy that uses strength to take advantage of opportunities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030142
Uncontrolled Keywords: STRATEGI BISNIS, RUMAH MAKAN, ANALISIS SWOT.,BUSINESS STRATEGY, RESTAURANT, SWOT ANALYSIS
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 08 Feb 2022 08:52
Last Modified: 24 Sep 2024 01:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189570
[thumbnail of Rizky Ari Wibowo.pdf] Text
Rizky Ari Wibowo.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item