Implementasi Sistem Manajemen Mutu Iso 9001:2008 Dalam Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat

Amelia, Vina and Dr. Imam Hanafi, M.Si, MS, Drs and Romula Adiono,, M.AP (2015) Implementasi Sistem Manajemen Mutu Iso 9001:2008 Dalam Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seperti yang terkandung dalam UU No 36 tahun 2009 tentang kesehatan bahwa kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia sebagai mana dimaksud dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Namun ditinjau dari The World Factbook, Central Intelligence Agency (CIA), merilis bahwa angkah harapan hidup di Indonesia masih berada pada peringkat ke 136 dari sejumlah negara-negara di dunia. Oleh karena itu, perlu adanya reformasi pada sistem pelayanan kesehatan, salah satunya dengan memperbaiki sistem manajemen mutu yang mengacu pada ISO 9001. ISO versi 9001:2008 fokus pada efektivitas proses continuous improvement merupakan sebuah filosofi dasar mengenai bagaimana mencapai standar kualitas yang optimal melalui beberapa langkah perbaikan yang sistematis dan dilaksanakan secara berkesinambungan. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, puskesmas perlu meningkatkan sistem manajemen mutu berstandar internasional, mengingat puskesmas merupakan sarana pelayanan kesehatan yang paling dekat dengan masyarakat. Ada dua permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 di Puskesmas Dinoyo. Kedua, apa sajakah faktor pendukung dan penghambat implementasi sisitem manajemen mutu ISO 9001:2008 di Puskesmas Dinoyo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif dimana peneliti bermaksud untuk mendeskripsikan fenomena yang terjadi pada objek yang diamati dan hasilnya berupa kata-kata dan gambar, bukan angka-angka. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dokumen sistem manajemen mutu di Puskesmas Dinoyo telah sesuai dengan standar ISO 9001:2008. Puskesmas Dinoyo menerapkan dokumen kebijakan mutu, sasaran mutu, manual mutu, prosedur kerja, instruksi kerja dan dokumen lain pendukung yang ditetapkan oleh pimpinan puskesmas sebagai bentuk komitmennya terhadap implementasi ISO 9001:2008. Pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas Dinoyo sudah baik dan sesuai dengan standar. Namun masih ada salah satu unsur pelayanan mengenai kecepatan pelayanan yang masih di nilai kurang dan perlu di tingkatkan. Selain itu masih perlu adanya peningkatan pemahaman bagi pegawai Puskesmas Dinoyo mengenai implementasi ISO 9001:2008, karena implementasi ISO 9001:2008 masih anggap rumit oleh beberapa pegawai

English Abstract

As contained in Law No. 36 Year 2009 concerning health its meant by health is a human right and one of the elements of welfare that should be realized in accordance with the ideals of the nation of Indonesia as referred to in the Pancasila and the Constitution of the Republic of Indonesia Year 1945. However, be reviewed from The world Factbook, Central Intelligence Agency (CIA), released that life expectancy in Indonesia was ranked 136 out of a number of countries in the world. Therefore, necessary to reformation the health care system, one of that by improving the quality management system based on ISO 9001. ISO 9001 version: 2008 focused on the effectiveness of the process of continuous improvement is a basic philosophy on how to achieve optimal quality standards by several steps of systematic improvement and implemented continuosly. In order to improve the quality of health services to the community, health centers need to improve the quality management system of international standard, considering the health center is a health-care facility closest to the community. There are two issues discussed in this study. First, how the implementation of quality management system ISO 9001: 2008 in Dinoyo Public Health Center. Second, what are the factors supporting and inhibiting the implementation of quality management system ISO 9001: 2008 in Dinoyo Public Health Center. The method used in this research is a qualitative descriptive approach where the researcher intends to describe the phenomenon that occurs in the observed object and the results in the form of words and pictures, not numbers. While data collection techniques by means of observations, interviews, and documentation. The results showed the quality management system documents in Dinoyo Public Health Center accordance with ISO 9001: 2008. Dinoyo Public Health Center implement document quality policy, quality objectives, quality manual, procedures, work instructions and other documents supporting health centers established by the leadership as a form of commitment to the implementation of ISO 9001: 2008. Health services provided by the health center has good and in accordance with the standards. But there is one element of service on the speed of service is not good and needs to be improved.. In addition there is need for an improved understanding of the health center employees on the implementation of ISO 9001: 2008, for the implementation of ISO 9001: 2008 is still regarded complicated by several employees.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 051503
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 08 Feb 2022 01:22
Last Modified: 08 Feb 2022 01:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189486
[thumbnail of - Vina Amelia.pdf]
Preview
Text
- Vina Amelia.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item