Hutahaean, Eidelwise Lelianty and Novi Haryati,, SP., MP., and Rachman Hartono,, SP., MP., (2021) Pengaruh Persepsi Masyarakat Terhadap Pemilihan Retail Outlet Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Bengkalis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
COVID-19 (Coronavirus Disease-19) merupakan ancaman bagi dunia. COVID-19 memberikan dampak buruk bagi kondisi sosial ekonomi Indonesia seperti penurunan pendapatan, peningkatan pemutusan hubungan kerja (PHK) dan peningkatan harga pangan. COVID-19 yang dapat menyebar dengan cepat karena sulit diprediksi dan menurunnya kondisi ekonomi masyarakat Indonesia mempengaruhi persepsi masyarakat dalam melakukan pola konsumsi. Selain itu, karakteristik masyarakat juga menjadi faktor yang mempengaruhi persepsi. Salah satu pola konsumsi yang dimaksud ialah pemilihan tempat untuk berbelanja. Kondisi ekonomi yang menurun, dan karakteristik dominan masyarakat Kabupaten Bengkalis, menjadikan berbelanja secara langsung menjadi solusi terbaik. Penelitian ini berlokasi di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau dan dilaksanakan pada Maret sampai Juni 2021. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 38 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner yang diberikan secara online. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling – Partial Least Aquare (SEM-PLS) dengan aplikasi WarpPLS 7.0. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa variabel persepsi kesadaran akan kesehatan dan selain kesadaran akan kesehatan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemilihan retail outlet. Variabel persepsi kesadaran akan kesehatan memiliki pengaruh signifikan kuat terhadap pemilihan retail outlet dengan besaran nilai koefisien jalur sebesar 34% dan P-Value sebesar <0.01. Variabel persepsi selain kesadaran akan kesehatan memiliki pengaruh signifikan kuat terhadap pemilihan retail outlet dengan besaran nilai koefisien jalur sebesar 59% dan P-Value <0.01. Nilai R-Square dari penelitian ini ialah sebesar 74%. Hal menyatakan bahwa variabel pemilihan retail outlet dipengaruhi variabel persepsi kesadaran akan kessehatan dan selain kesadaran akan kesehatan sebesar 74% dan faktor lain di luar penelitian ini sebesar 23%.
English Abstract
COVID-19 (Coronavirus Disease-19) is a threat to the world. COVID-19 had negative impact on Indonesia’s socio-economic condition such as declining income, increase layoffs rising cost of living. COVID-19, which can spread quickly because of unpredictability and declining economic conditions affect the perception of Indonesian society in consumption patterns. In addition, community characteristics are also factors that affect perception. One of the consumption patterns is retail outlet selection. The declining economic conditions and dominant characteristic of Bengkalis Regency’s peoples, makes shopping directly be the best solution. This research is located in Bengkalis Regency, Riau Province and was carried out from March to June 2021. This study used 38 respondents as the sample. This study is a quantitative approach with online questionnaires as the data collection techniques. In this study, the data analyzed by using Structural Equation Modeling – Partial Least Aquare (SEM-PLS) with WarpPLS 7.0 aplication. The results of this study found that the variables of safety issues perception and non-safety issues perception have a significant influence on retail outlet selection. The safety issues perception variable has a high significant effect on retail outlet selection with 34% of the path coefficient value and <0.01 of the P-Value. Non-safety issues perception variable has a high significant effect on retail outlet selection with 59% of the path coefficient value and P-Value <0.01. The R-Squared value of this research is 74%. It suggests that the retail outlet selection variables are affected by safety issues and non-safety issues perception at 74% and other factors outside the research at 23%.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521040171 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 07:12 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 03:56 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189472 |
![]() |
Text
Eidelwise Lelianty H.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |