Pengaruh Atribut Produk Dan Lingkungan Sosial Mikro Terhadap Minat Membeli Kembali Pada Kedai Kopi “Kopi Bossku” Di Kota Kediri

Eureka, Ikrana Rivera and Wisynu Ari Gutama,, SP., MMA. and Dr. Dwi Retno Andriani, ., SP., MP (2021) Pengaruh Atribut Produk Dan Lingkungan Sosial Mikro Terhadap Minat Membeli Kembali Pada Kedai Kopi “Kopi Bossku” Di Kota Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kesesuaian antara performa produk/ jasa yang ditawarkan akan memberikan kepuasan bagi konsumen dan menghasilkan minat untuk menggunakannya kembali di waktu yang akan datang (Diana, 2006). Kegiatan minat membeli kembali yang dilakukan oleh konsumen merupakan bentuk yang dibuktikan oleh konsumen bahwa konsumen sebagai buyer dan user loyal dan puas terhadap produk atau jasa tersebut. Kegiatan minat membeli kembali dipengaruhi oleh atribut produk yang melekat pada kedai kopi “Kopi BOSSku” dan juga dipengaruhi oleh lingkungan sosial mikro. Lingkungan tersebut merupakan lingkungan yang jaraknya paling dekat dengan kehidupan setiap individu. Keluarga dan kelompok referensi termasuk kedalam lingkungan sosial mikro. (Alma, 2000) berpendapat bahwa keluarga adalah lingkungan terdekat dengan individu dan sangat mempengaruhi nilai-nilai serta perilaku seseorang dalam mengkonsumsi barang tertentu. Sedangkan kelompok referensi adalah sejumlah orang/kelompok yang bertindak sebagai pembanding terhadap individu dalam setiap bentuk nilai, sikap/penuntun ke arah perilaku (Amirullah, 2002). Penelitian ini memiliki sebanyak 3 kriteria yang harus dipenuhi oleh responden yaitu adalah (1) mahasiswa/i yang menempuh pendidikan di universitas negeri maupun swasta di Kota Kediri, (2) berusia 18 hingga 24 tahun dan (3) responden setidaknya pernah melakukan pembelian produk di kedai kopi “Kopi BOSSku” minimal satu kali pembelian secara (dine in atau take away). Analisis yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis menggunakan alat analisis SEM (Structural Equation Model) dengan menggunakan software WarpPLS 7.0. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh atribut produk terhadap minat membeli kembali di kedai kopi “Kopi BOSSku” Kota Kediri dan (2) menganalisis pengaruh lingkungan sosial mikro terhadap minat membeli kembali di kedai kopi “Kopi BOSSku” Kota Kediri. Kegiatan penelitian dilaksanakan secara online dengan memberikan angket/kuesioner kepada calon responden pada bulan April 2021 hingga Juni 2021. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan rumus Wibisono untuk menentukan jumlah sampel dari populasi yang ada. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta yang ada di Kota Kediri yang memenuhi kriteria yang sebelumnya telah dibuat oleh penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel atribut produk dengan nilai koefisien jalur variabel atribut produk sebesar 0.23 terhadap variabel minat membeli kembali dan memiliki nilai p-value sebesar 0.01. Selanjutnya untuk variabel lingkungan sosial mikro dengan nilai koefisien jalur variabel atribut produk sebesar 0.49 terhadap variabel minat membeli kembali dan memiliki nilai p-value sebesar <0.01. ii Berdasarkan indikator dari variabel atribut produk, penulis memberikan rekomendasi untuk pemilik (owner) kedai kopi “Kopi BOSSku” Kota Kediri untuk meningkatkan kualitas indikator harga, promosi, desain produk. Agar kedepannya semua indikator dari variabel atribut produk dapat menjadi pertimbangan konsumen untuk memiliki minat membeli kembali di kedai kopi “Kopi BOSSku” Kota Kediri. Semakin banyak indikator yang menjadi pertimbangan konsumen maka semakin baik kinerja kedai kopi “Kopi BOSSku” Kota Kediri.

English Abstract

The match between the performance of the products/services offered will provide satisfaction for consumers and generate interest in using them again in the future (Diana, 2006). Activities in the form of repurchase intention carried out by consumers are a form that is proven by consumers that consumers as buyers and users are loyal to the product or service. The activity of repurchasing interest is influenced by the product attributes attached to the “Kopi BOSSku” coffee shop and is also influenced by the micro-social environment. The environment is the environment that is closest to the life of each individual. Families and reference groups are included in the micro-social environment. (Alma, 2000) argues that the family is the closest environment to the individual and greatly influences the values and behavior of a person in consuming certain goods. While the reference group is a number of people/groups that act as comparisons against individuals in every form of value, attitude/guide towards behavior (Amirullah, 2002). This study has 3 criteria that must be met by respondents, namely (1) students who study at public or private college in Kediri City, (2) aged 18 to 24 years and (3) respondents at least have made a purchase of products in Kediri. coffee shop "Kopi BOSSku" at least one time purchase (dine in or take away). The analysis used by the author in this study is quantitative descriptive analysis and analysis using SEM (Structural Equation Model) analysis using WarpPLS 7.0 software. This study aims to (1) analyze the effect of product attributes on repurchase intention at the "Kopi BOSSku" coffee shop in Kediri City and (2) analyze the influence of the micro-social environment on the repurchase intention at the "Kopi BOSSku" coffee shop in Kediri City. Research activities will be carried out online by providing questionnaires to prospective respondents from April 2021 to June 2021. The determination of sample in this study uses a purposive sampling technique, with the Wibisono formula to determine the number of samples from the existing population. The population in this study were all university students, both public and private college, in the city of Kediri who met the criteria previously made by the author. The results showed that the product attribute variable with a path coefficient value of the product attribute variable was 0.23 on the variable of repurchase intention and had a p-value of 0.01. Furthermore, for the micro social environment variable with a path coefficient value of the product attribute variable of 0.49 on the variable of repurchase intention and has a p-value of <0.01. iv Based on the indicators of the product attribute variables, the authors provide recommendations for the owner of the Kediri City "Kopi BOSSku" coffee shop to improve the quality of price indicators, promotions, product design. So that in the future all indicators of product attribute variables can be considered by consumers to have an interest in buying back at the "Kopi BOSSku" coffee shop Kediri City. The more indicators that are considered by consumers, the better performance of the "Kopi BOSSku" coffee shop in Kediri City.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040163
Uncontrolled Keywords: Atribut produk, Lingkungan sosial mikro, dan Minat membeli kembali, Attributes product, Micro-social environment, and repurchase intention
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 07 Feb 2022 02:12
Last Modified: 24 Feb 2022 16:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189396
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175040118113046 - Ikrana Rivera Eureka.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item