Analisis Sikap Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Mie Instan Lemonilo

Syifana, Nahara Putri and Dr. Fitria Dina Riana,, SP., MP and Andrean Eka Hardana,, SP., MP., MBA (2021) Analisis Sikap Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Mie Instan Lemonilo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pola kehidupan yang serba cepat dan modern menyebabkan munculnya kebutuhan yang serba praktis, dimana salah satunya adalah adanya produk makanan yang siap saji. Makanan cepat saji merupakan makanan yang disajikan secara cepat, praktis serta dapat dihidangkan kapan pun dan dimana saja. Mie instan merupakan produk pangan yang paling sering dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat baik sebagai makanan sarapan maupun selingan. Produk mie instan lemonilo merupakan mie instan yang menawarkan komposisi kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Selain itu mie instan lemonilo memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan produsen mie instan lain. Agar dapat bersaing dengan produsen lain, produen mie instan lemonilo perlu memikirkan strategi pemasaran yang baik dengan mempelajari sikap dan kepuasan konsumen terhadap mie instan. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis sikap konsumen terhadap atribut-atribut mie instan Lemonilo dan menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut-atribut mie instan Lemonilo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kabupaten Jombang, pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan April-Mei 2021. Metode penentuan sampel menggunakan metode Non-Probability Sampling dengan teknik purposive sampling dimana teknik ini dilakukan dengan pertimbangan yaitu konsumen yang pernah mengkosumsi makanan mie instan Lemonilo, sehingga diperoleh jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan cara menyebarkan kuisioner atau daftar pertayaan melalui google formulir. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model multiatribut fishbein, metode Importance Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI) dengan pengolahan data menggunakan Softwere Microsoft Office Excel dan IBM SPSS Statistics 20. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen memiliki sikap positif terhadap atribut mie instan lemonilo. Sikap konsumen dapat diketahui dengan menganalisis tingkat kepercayaan dan evaluasi konsumen terhadap atribut produk. Atribut produk yang memiliki tingkat kepentingan paling tinggi yaitu pada atribut rasa memperoleh nilai sebesar 4,28 dengan tingkat kinerja sebesar 3,99 dan atribut komposisi memperoleh nilai sebesar 4,23 dengan tingkat kinerja sebesar 4,14. Sedangkan atribut yang memiliki tingkat kepentingan paling rendah yaitu pada atribut ketersediaan dengan nilai sebesar 3,90. Atribut yang memiliki tingkat kinerja paling rendah yaitu pada atribut harga dengan nilai sebesar 3,50. Hasil yang diperoleh dari analisis Customer Satisfaction Index CSI menunjukkan nilai kepuasan konsumen terhadap atribut produk mie instan lemonilo sebesar 75,39%, ii terletak pada rentan skala interval 60% - 80% yang berarti konsumen merasa puas terhadap produk mie instan lemonilo. Saran yang dapat diberikan kepada perusahan agar dapat memperhatikan dan meningkatkan kemampuan pelaksanaan pada atribut produk yang memliki tigkat kinerja rendah, sehingga dapat meningkatkan tingkat kepuasan konsumen. Atribut yang memiliki tingkat kinerja rendah yaitu pada atribut tekstur, aroma, isi/volume, varian rasa, merek dan harga. Pada atribut tekstur tingkat kinerjanya dianggap konsumen masih rendah. Produsen hendaknya melakukan perbaikan pada tekstur produk mie instan. Salah satu cara yang dapat digunakan yaitu dengan memilih penggunaan bahan baku pembuatan mie instan lemonilo yang dapat mempengaruhi tekstur mie instan lemonilo yang dihasilkan . Selain melakukan promosi melalui media televisi dan media massa sebaiknya perusahaan juga meningkatkan promosi melalui promosi hubungan masyarakat yang dilakukan secara langsung dengan pemberian hadiah langsung atau dengan promosi secara langsung melalui penempatan produk semenarik mungkin di tempat penjualan sehingga konsumen dapat melihat atau mengetahui produk tersebut. Bagi akademisi yang tertarik untuk pelakukan peleitian selanjutnya, diharapkan dapat melakukan analisis mengenai tingkat kepentingan konsumen terhadap atribut kandungan yang terdapat pada mie instan dan menganalisis mengenai implikasi studi perilaku konsumen terhadap strategi pemasaran pada produk khususnya mie instan lemonilo.

English Abstract

The fast-paced and modern pattern of life has led to the emergence of practical needs, one of which is ready-to-eat food products. Fast food is food that is served quickly, practically and can be served anytime and anywhere. Instant noodles are food products that are most often consumed by most people, both as breakfast food and as a distraction. Lemonilo instant noodle product is an instant noodle that offers a composition of nutritional content that is good for health. In addition, lemonilo instant noodles have a relatively more expensive price compared to other instant noodle manufacturers. In order to compete with other producers, lemonilo instant noodle producers need to think of a good marketing strategy by studying consumer attitudes and satisfaction with instant noodles. The purpose of this study was to analyze consumer attitudes towards the attributes of Lemonilo instant noodles and to analyze the level of consumer satisfaction with the attributes of Lemonilo instant noodles. The research method used in this research is to use a quantitative research approach. This research was conducted in the Jombang Regency area, the research was carried out in April-May 2021. The method of determining the sample used the Non-Probability Sampling method with purposive sampling technique where this technique was carried out with the consideration that consumers who had consumed Lemonilo instant noodle food, so that the number of The sample used in this study was 100 respondents. The data collection technique used in this study used primary data by distributing questionnaires or a list of questions through google forms. The data analysis method used in this research is the multi-attribute fishbein model, the Importance Performance Analysis (IPA) method, and the Customer Satisfaction Index (CSI) with data processing using Microsoft Office Excel and IBM SPSS Statistics 20 software. The results of this study indicate that consumers have a positive attitude towards the attributes of lemonilo instant noodles. Consumer attitudes can be known by analyzing the level of trust and consumer evaluation of product attributes. The product attribute that has the highest level of importance, namely the taste attribute, gets a value of 4.28 with a performance level of 3.99 and the composition attribute gets a value of 4.23 with a performance level of 4.14. While the attribute that has the lowest level of importance is the availability attribute with a value of 3.90. The attribute that has the lowest level of performance is the price attribute with a value of 3.50. The results obtained from the analysis of the CSI Customer Satisfaction Index show that the value of consumer satisfaction with the attributes of the lemonilo instant noodle product is 75.39%, located on a vulnerable interval scale of 60% - 80%, which means that consumers are satisfied with the lemonilo instant noodle product. Suggestions that can be given to companies are to pay attention to and improve implementation capabilities on product attributes that have low performance levels, so that they can increase the level of consumer satisfaction. iv Attributes that have a low level of performance are the attributes of texture, aroma, content/volume, flavor variants, brand and price. In the texture attribute, the level of performance is considered by consumers to be still low. Manufacturers should make improvements to the texture of instant noodle products. One way that can be used is by choosing the use of raw materials for making lemonilo instant noodles which can affect the texture of the resulting lemonilo instant noodles. In addition to promoting through television and mass media, companies should also increase promotions through public relations promotions that are carried out directly by giving direct gifts or by direct promotion through placing attractive products at the point of sale so that consumers can see or know the product. For academics who are interested in conducting further research, it is hoped that they can analyze the level of consumer interest in the attributes of the content contained in instant noodles and analyze the implications of consumer behavior studies on marketing strategies for products, especially lemonilo instant noodles.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040161
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 07 Feb 2022 01:48
Last Modified: 16 Oct 2024 02:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189388
[thumbnail of Nahara Putri Syifana.pdf] Text
Nahara Putri Syifana.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item