Pengaruh Strategi Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Di Kedai Kopi Kota Kediri Jawa Timur

Herdiamti, Nuansa and Dr. Dwi Retno Andriani,, SP, MP. and Andrean Eka Hardana,, SP, MP, M.BA (2021) Pengaruh Strategi Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Di Kedai Kopi Kota Kediri Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan bisnis dalam dunia kopi, Indonesia dapat dikatakan menjadi salah satu dari perkembangan produksi kopi keempat di dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia. Tingkat produksi yang tinggi menyebabkan konsumsi kopi selalu meningkat setiap tahunnya. Meningkatnya budaya konsumsi kopi di Indonesia mendatangkan produk dan kedai-kedai kopi di sekitar masyarakat. Perkembangan serta persaingan yang semakin ketat menjadikan tugas dari produsen untuk melakukan strategi pemasaran yang unik untuk menarik konsumen dalam memutuskan pembelian produknya serta mempertahankan konsumen dalam pembelian produk ulang. Hal tersebut dapat dilihat dari persaingan penentuan harga,dan kegiatan promosi agar konsumen tertartik untuk membeli produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh strategi promosi terhadap keputusan konsumen dalam membeli minuman dan makanan di kedai kopi My Kopi, (2)menganalisis pengaruh strategi harga terhadap keputusan konsumen dalam membeli minuman dan makanan di kedai kopi My Kopi, dan (3) menganalisis pengaruh strategi kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen dalam membeli minuman dan makanan di kedai kopi My Kopi. Metode penelitian ini dilakukan di kedai kopi dengan penentuan lokasi secara sengaja yang dilakukan di kedai kopi Kota Kediri yaitu My kopi. Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah purposive sampling dengan menggunakan rumus rule of thumb pada alat analisis SEM-PLS dengan total responden sebanyak 70 responden yang sedang berkunjung di lokasi penelitian. Analisis pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan responden pada penelitian ini merupakan konsumen yang berkunjung di kedai MyKopi Kota Kediri yang berjumlah 70 responden. Karakteristik responden dikelompokkan menjadi beberapa kriteria diantaranya jenis kelamin, usia, tempat tinggal, dan jenis pekerjaan dari konsumen di kedai tersebut. Jumlah persentase dimana konsumen berjenis kelamin laki-laki berjumlah 46% dari 70 pelanggan sementara 54% dari 70 pelanggan terdapat konsumen berjenis kelamin perempuan yang sedang membeli dan berkunjung di kedai kopi tersebut, pada karakteristik responden yang dilihat dari usia konsumen dominan 21-25 tahun dan bertempat tinggal mayoritas di Kota Kediri. konsumen yang berkunjung di kedai My Kopi dominan konsumen yang berprofesi sebagai pelajar dan mahasiswa ,jadi dapat disimpulkan bahwa mahasiswa lebih loyal terhadap produk yang ditawarkan oleh karyawan kedai kopi tersebut, tidak hanya vii itu pelajar dan mahasiswa lebih sering dijumpai ditempat tongkrongan seperti kedai kopi-kedai kopi yang lainnya. Analisis statitstik deskriptif terdapat nilai rata-rata dari variabel harga (X1) dengan indikator fleksiblitas harga (X1.1) , ketetapan harga (X1.2), dan potongan harga (X1.3) memiliki rentan nilai rata-rata cukup tinggi berkisar antara 4,5 dibandingan dengan indikator yang berada dalam variabel promosi (X2) , kualitas pelayanan (X3) , dan keputusan pembelian (Y) yang memiliki nilai rata-rata berkisar antara 3,2-3,8 dimana hal tersebut diartikan bahwa variabel harga termasuk pada kriteria tinggi. Penelitian ini memilki dua perhitungan pada uji validitas konvergen , karena pada perhitungan pertama ada beberapa indikator yang tidak memenuhi syarat kriteria dimana pada indikator personal selling (X2.1), daya tanggap (X3.1), dan kompetensi (X3.2) loading factor yang dihasilkan sebesar 0.635, 0.563, dan 0.364 hal tersebut menunjukkan outer loading masih lebih kecil dari ketentuan nilai loading factor yaitu lebih besar dari 0.7. Hasil p-value dari setiap masing-masing indikator sudah memenuhi ketentuan nilai p-value yaitu <0.001. Jika dilihat pada pengujian hipotesis dapat dijelaskan bahwa H1 diterima maka H0 ditolak, sehingga strategi harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian di kedai My Kopi Kota Kediri. Pada penelitian ini ditunjukan bahwa strategi promosi tidak mempengaruhi terhadap keputusan pembelian di kedai kopi atau dapat dikatakan bahwa variabel promosi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Ditunjukkan pada tabel hasil nilai koefisien jalur dan p-value yaitu nilai koefisien variabel promosi terhadap keputusan pembelian sebesar 0.10 dan p-value sebesar 0.19 yang artinya p-value tidak memenuhi ketentuan. variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif atau signfikan terhadap keputusan pembelian. Jika dilihat pada pengujian hipotesis dapat dijelaskan bahwa H3 diterima maka H0 ditolak, sehingga strategi kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian di kedai My Kopi Kota Kediri. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh strategi harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian terdapat beberapa saran untuk produsen dan peneliti selanjutnya yakni, bagi produsen atau pemilik kedai kopi dapat mempertahankan strategi kualitas pelayanan serta meningkatkan kualitas pelayanan di kedai MyKopi tersebut. Hal ini dikarenakan pada hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien diantara ketiga variabel yakni harga, promosi, dan kualitas pelayanan responden mendorong jawaban dengan tertinggi ada pada nilai koefisien kualitas pelayanan dimana memiliki arti bahwa kualitas pelayanan yang ada di kedai MyKopi sudah sesuai dengan harapan konsumen serta dapat mendukung adanya keputusan konsumen dalam memutuskan pembelian produk di kedai tersebut. Bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan strategi terhadap kualitas pelayanan yang ada di kedai tersebut dikarenakan kualitas pelayanan yang viii diimplementasikan dan dimiliki oleh kedai MyKopi sudah berhasil menarik hati para konsumen untuk memutuskan pembelian produk di kedai tersebut.

English Abstract

Business development in the coffee world, Indonesia can be said to be one of the fourth coffee production developments in the world after Brazil, Vietnam, and Colombia. The high level of production causes coffee consumption to increase every year. The increasing culture of coffee consumption in Indonesia brings products and coffee shops around the community. Developments and increasingly fierce competition make it the task of producers to carry out unique marketing strategies to attract consumers in deciding to purchase their products and to retain consumers in purchasing repeat products. This can be seen from the price determination competition, and promotional activities so that consumers are interested in buying the product. This study aims to (1) analyze the effect of promotional strategies on consumer decisions in buying drinks and food at My Kopi coffee shop, (2) analyze the effect of price strategies on consumer decisions in buying drinks and food at My Kopi coffee shop, and (3) analyze the effect of service quality strategy on consumer decisions in buying drinks and food at My Kopi coffee shop. This research method was carried out in a coffee shop by deliberately determining the location at a coffee shop in Kediri, namely My Kopi. The sampling technique that the researcher uses is purposive sampling using the rule of thumb formula on the SEM-PLS analysis tool with a total of 70 respondents who are visiting the research location. The analysis in this study uses Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS) with WarpPLS 7.0 software. The results showed that the respondents in this study were consumers who visited the MyKopi shop in Kediri, amounting to 70 respondents. Characteristics of respondents are grouped into several criteria including gender, age, place of residence, and type of work of consumers in the shop. The number of percentages where male consumers are 46% of 32 customers while 54% of 38 customers are female consumers who are buying and visiting the coffee shop, the characteristics of respondents seen from the age of the dominant consumers are 21-25 years and the majority reside in the city of Kediri. consumers who visit the My Kopi shop are dominant consumers who work as students and college students, so it can be concluded that students and college students are more loyal to the products offered by the coffee shop employees, not only that students and students are more often found in hangout places such as coffee shops. another coffee shop. x Descriptive statistical analysis shows the average value of the price variable (X1) with price flexibility indicators (X1.1), price fixing (X1.2), and price discounts (X1.3) having a fairly high average value ranging from 4.5 compared to indicators that are in the promotion variable (X2) , service quality (X3) , and purchasing decisions (Y) which have an average value ranging from 3.2 to 3.8 where it means that the price variable includes on high criteria. This study has two calculations on the convergent validity test, because in the first calculation there are several indicators that do not meet the criteria, which are personal selling indicators (X2.1), responsiveness (X3.1), and competence (X3.2) loading factor. The resulting values are 0.635, 0.563, and 0.364, it shows that the outer loading is still smaller than the specified loading factor value, which is greater than 0.7. The results of the p-value of each indicator have met the provisions of the p-value, which is <0.001. If it is seen in hypothesis testing, it can be explained that H1 is accepted, then H0 is rejected, so that the price strategy has a positive effect on purchasing decisions at the My Kopi Kediri shop. In this study, it is shown that the promotion strategy does not affect the purchasing decision at the coffee shop or it can be said that the promotion variable is not significant to the purchasing decision. Shown in the table the results of the path coefficient and p-value, namely the coefficient value of the promotion variable on purchasing decisions of 0.10 and p-value of 0.19, which means that the p-value does not meet the requirements. service quality variable has a positive or significant effect on purchasing decisions. If it is seen in hypothesis testing, it can be explained that H3 is accepted then H0 is rejected, so that the service quality strategy has a positive effect on purchasing decisions at the My Kopi Kediri shop. Based on the results of research on the effect of price, promotion, and service quality strategies on purchasing decisions, there are several suggestions for producers and further researchers, namely, for producers or coffee shop owners to maintain service quality strategies and improve service quality at the MyKopi shop. This is because the results of the study indicate that the coefficient value between the three variables namely price, promotion, and service quality of respondents encourages the answer with the highest value in the service quality coefficient value which means that the quality of service at the MyKopi shop is in accordance with consumer expectations and can support consumer decisions in deciding to purchase products at the store. For further researchers, they can develop strategies for the quality of service in the shop because the quality of service that is implemented and owned by the MyKopi shop has succeeded in attracting the hearts of consumers to decide to buy products at the shop.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040160
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 07 Feb 2022 01:40
Last Modified: 03 Oct 2024 07:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189386
[thumbnail of Nuansa Herdiamti.pdf] Text
Nuansa Herdiamti.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item