Minat Beli Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Produk Sayurbox

Kusumaningtyas, Chaerani and Dr. Dwi Retno Andriani,, SP.,MP. and Dr. Riyanti Isaskar, SP.,M.Si. (2021) Minat Beli Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Produk Sayurbox. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perubahan perilaku konsumen merupakan salah satu dampak dari adanya kebijakan stay at home selama pandemi Covid-19. Konsumen dari berbagai kalangan usia mulai beralih untuk berbelanja secara online. Kebutuhan pokok, seperti sayur dan buah, menjadi prioritas konsumen selama pandemi Covid-19. Sayurbox merupakan salah satu alternatif e-commerce untuk memenuhi kebutuhan pokok konsumen selama pandemi Covid-19. Selama pandemi Covid-19 penjualan produk Sayurbox mengalami peningkatan. Namun, konsumen yang berasal dari berbagai generasi dapat menjadi masalah bagi Sayurbox dalam meningkatkan minat beli. Oleh karena itu, pelaku usaha perlu memperhatikan faktor utama bagi konsumen dalam mempengaruhi minat beli secara online, seperti, kemudahan penggunaan, persepsi kemanfaatan, kualitas informasi, dan kepercayaan. Berdasarkan penjelasan tersebut, penelitian ini memiliki empat tujuan yaitu, menganalisis pengaruh kemudahan penggunaan, menganalisis pengaruh persepsi kemanfaatan, menganalisis pengaruh kualitas informasi, dan menganalisis pengaruh kepercayaan terhadap minat beli secara online selama pandemi Covid-19 pada produk Sayurbox. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan secara online dengan menggunakan google form untuk penyebaran kuesioner. Waktu penelitian dimulai pada Bulan April – Juni 2021. Jumlah populasi yang tak hingga dalam penelitian ini mengharuskan penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling dalam penentuan responden yang akan digunakan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari jawaban kuesioner responden, sedangkan data sekunder berasal dari buku atau jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Analisis data penelitian menggunakan metode SEM-PLS (Structural Equation Modeling- Partial Least Square) untuk memprediksi hubungan variabel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa variabel kepercayaan memiliki pengaruh paling besar (p – value 0,000) terhadap minat beli online. Indikator kebaikan memiliki rata-rata tertinggi dibandingkan dengan indikator variabel kepercayaan lainnya. Responden penelitian ini yakin bahwa Sayurbox selalu mementingkan dan memberikan pelayanan terbaik calon konsumen. Persepsi kemanfaatan (p – value 0,001) juga memiliki pengaruh yang besar. Indikator meningkatkan kinerja pekerjaan memiliki rata-rata tertinggi. Responden setuju bahwa dengan menggunakan website Sayurbox selama pandemi Covid-19, dapat memudahkan dan memperlancar pembelian sayur dan buah. Variabel kemudahan penggunaan juga memiliki pengaruh terhadap minat beli online (p – value 0,043). Indikator fleksibel memili rata-rata tertinggi dibandingkan dengan indikator variabel kemudahan penggunaan lainnya. Responden setuju bahwa website Sayurbox dapat digunakan kapan saja sesuai dengan kebutuhannya. Sedangkan variabel kualitas informasi tidak memiliki pengaruh terhadap minat beli online. Indikator ketepatan waktu memili rata-rata ix terendah. Responden penelitian ini merasa bahwa Sayurbox tidak memperbarui informasi yang ditampilkan, sehingga responden tidak mengetahui informasi produk sebenarnya. Berdasarkan hasil penelitian ini, terdapat beberapa saran yang diberikan penulis. Sayurbox perlu mempertahankan bahkan meningkatkan pelayanan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan merespon cepat calon konsumen. Selain itu, Sayurbox juga perlu mempertahankan dan meningkatkan kemanfaatan website, sehingga konsumen mempunyai sikap positif terhadap manfaat yang diterima. Perbaruan website perlu dilakukan agar website Sayurbox dapat diakses cepat oleh calon konsumen. Sayurbox juga perlu memperhatikan perbaruan informasi yang ditampilkan serta menambah fitur ulasan produk, agar calon konsumen dapat mengetahui informasi produk dari konsumen terdahulu

English Abstract

Changes in consumer behavior are one of the impacts of stay at home policies during the Covid-19 pandemic. Consumers of all ages have started to switch to online shopping. Primary needs, such as vegetables and fruits, have become a priority for consumers during the Covid-19 pandemic. Sayurbox is one of the e-commerce alternatives to meet the primary needs of consumers during the Covid-19 pandemic. During the Covid-19 pandemic, sales of Sayurbox product have increased, this is because many consumers have switched to shopping online. However, consumers who came from various generations can be a problem for Sayurbox in increasing buying interest. Therefore, businesses need to pay attention to the main factors for consumers in influencing online buying interest, such as perceived ease of use, perceived usefulness, information quality, and trust. Based on this explanation, this study has four objectives, namely, to analyze the effect of ease of use, to analyze the effect of perceived usefulness, to analyze the effect of information quality, and to analyze the effect of trust on online purchase intention during pandemic Covid-19 on Sayurbox products. The approach in this study uses a quantitative approach. This research was conducted online using google form for distributing questionnaires. The research time starts in April – June 2021. The number of population in this study is infinite, it is requires this study to use a non-probability sampling technique with purposive sampling method in determining the respondents to be used. The data used in this study are primary data and secondary data. Primary data comes from respondents' questionnaire answers, while secondary data comes from books or journals relevant to this study. Analysis of research data using SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Square) method to predict research variable relationships. Based on the results of this study, the trust variable has the greatest influence (p – value 0,000) on online purchase intention. The benevolence indicator has the highest mean than other trust’s indicator. Respondents believe that Sayurbox always prioritizes and provides the best service for potential consumers. Perceived usefulness (p – value 0,001) also has a large influence. Improving job performance is the indicator of perceived usefulness that has the highest mean. Respondents agreed that by using the Sayurbox website during the Covid-19 pandemic could facilitate and expedite the purchase of vegetables and fruit. Perceived ease of use also has an influence on online purchase intention (p – value 0,043). Flexible is the indicator that has the highest mean than other perceived ease of use’s indicator. Respondents agreed that the Sayurbox website can be used at any time according to their needs. While the information quality variable has no influence on online purchase intention. The up-to-date information is the information quality’s indicator that has the lowest mean. Respondents felt that Sayurbox did not update the information displayed, so that respondents did not know the actual product information. xi Based on the results of this study, there are several recommendations given by the author. Sayurbox needs to maintain and even improve service. One of the efforts that can be done is to respond quickly to potential consumers. In addition, Sayurbox also needs to maintain and improve the usefulness of the website, so that consumers have a positive attitude towards the benefits received. Website updates need to be done so that the Sayurbox website can be accessed quickly by potential consumers. Sayurbox also needs to pay attention to updating the information displayed and adding product review features, so that potential consumes can find out product information from previous consumers.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040156
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 07 Feb 2022 01:11
Last Modified: 03 Oct 2024 01:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189371
[thumbnail of CHAERANI KUSUMANINGTYAS.pdf] Text
CHAERANI KUSUMANINGTYAS.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item