Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kemanfaatan, Dan Kepercayaan Terhadap Repurchase Intention (Studi Pada Pengguna Tokopedia Di Jakarta

Beatrice, Sari Ester and Rizal Alfisyahr, SE.,MM (2021) Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kemanfaatan, Dan Kepercayaan Terhadap Repurchase Intention (Studi Pada Pengguna Tokopedia Di Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh persepsi kemudahan, kemanfaatan, dan kepercayaan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap repurchase intention. Penelitian ini menggunakan metode eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi persepsi kemudahan, kemanfaatan, kepercayaan, dan repurchase intention. Populasi dalam penelitian ini merupakan pengguna Tokopedia yang berdomisili di Jakarta yang tidak diketahui jumlahnya. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 120 responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kriteria sampel dalam penelitian ini adalah pengguna Tokopedia yang berdomisili di Jakarta, minimal berusia 17 tahun, dan pernah melakukan pembelian minimal 2 kali selama 8 bulan terakhir. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dengan instrumen kuesioner online berupa google form. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa persepsi kemudahan (X1), kemanfaatan (X2), dan kepercayaan (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terhadap Repurchase Intention (Y) baik secara parsial maupun simultan. Berdasarkan hasil penelitian, nilai kemudahan, kemanfaatan, dan kepercayaan Tokopedia diterima baik oleh para penggunanya. Namun demikian, perusahaan perlu meningkatkan teknis dan keamanan situs websitenya sehingga pengguna akan terus melakukan transaksi di Tokopedia di masa yang akan datang

English Abstract

This study was aimed to determine and explain the effect of perceived ease of use, usefulness, and trust either partially or simultaneously on repurchase intention. This study uses an explanatory research method with a quantitative approach. The variables used in this study are Perceived Ease of Use, Usefulness, Trust, and Repurchase Intention. The population of this research is Tokopedia users who live in Jakarta. The number of samples was 120 respondents and taken by using purposive sampling technique. The sample criteria are Tokopedia users who are at least 17 years old, domiciled in Jakarta, and have made purchases at least 2 times in the last 8 months. The data was collected by using a questionnaire method through an online questionnaire instrument (Google Form). The results of multiple linear regression analysis show that the perceived ease of use (X1), usefulness (X2), and trust (X3) have a significant effect on Repurchase Intention (Y) both partially and simultaneously. Based on the results of this research, Tokopedia's users well received the value of simplicity, usability, and trust, but the company needs to improve the technical and security of its website so that users will continue to make transactions on Tokopedia in the future.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030132
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kemudahan, Kemanfaatan, Kepercayaan, dan Repurchase Intention.,Perceived Ease of Use, Usefulness, Trust, and Repurchase Intention
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 04 Feb 2022 08:36
Last Modified: 22 Feb 2022 07:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189360
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- SARI ESTER BEATRICE.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item