Fatimah, Zuhriyyah Hasna Nur and Bayu Adi Kusuma,, SP., MBA. and Ir. Edi Dwi Cahyono,, M.Sc., Ph.D. (2021) Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Malang Pada Era Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) selama wabah Covid-19 menghadapi permasalahan yaitu penurunan pada kinerja usaha. Masalah kinerja tersebut menyebabkan terjadinya penurunan omzet penjualan, sepinya pelanggan dan penurunan keuntungan. Kondisi tersebut mengharuskan pelaku UMKM mencari alternatif untuk meningkatkan pendapatan mereka. Salah satu yang dilakukan yaitu dengan mengembangkan strategi komunikasi pemasaran. Strategi komunikasi pemasaran menjadi hal penting bagi pelaku UMKM karena dapat mengkomunikasikan produknya kepada pasar sasaran secara tepat pada era pandemic Covid-19 sehingga dapat meningkatkan kinerja usaha. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan startegi komunikasi pemasaran terhadap kinerja UMKM di Kota Malang pada era pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik penskalaan dengan kategori rating scales dari skala dikotomis kemudian diubah menjadi data nominal untuk dianalisis dengan uji statistic. Terdapat lima variabel yaitu word of mouth (X1), media social (X2), personal selling (X3), promosi penjualan (X4) sebagai variabel bebas dan kinerja UMKM (Y) sebagai varianel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survey. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner menggunakan opsi jawaban (Jawaban Ya atau Tidak). Penelitian ini di uji validitas dan reliabilitasnya, uji regresi logistic multinomial dan uji hipotesis. Selanjutnya alat analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi logistic multinomial untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dan dilanjutkan pengujian hipotesis uji serentak dan uji wald. Ukuran sampel penelitian ini terdapat 53 pemilik UMKM di Kota Malang dan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu convenience sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran secara offline tatap muka langsung atau personal selling memiliki pengaruh secara parsial terhadap penurunan kinerja UMKM. Sedangkan strategi komunikasi pemasaran word of mouth, media social dan promosi penjualan tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap penurunan kinerja UMKM. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan UMKM lebih meningkatkan strategi komunikasi pemasaran terutama pada strategi word of mouth, media social dan promosi penjualan agar dapat mempertahankan keberlangsungan bisnis dan dapat meningkatkan kinerja usaha.
English Abstract
The performance of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) during the Covid-19 outbreak faced a problem, namely a decline in business performance. These performance problems lead to a decrease in sales turnover, lack of customers and a decrease in profits. This condition requires MSME actors to look for alternatives to increase their income. One of the ways to do this is by developing a marketing communication strategy. Marketing communication strategies are important for MSME actors because they can communicate their products to the target market appropriately during the Covid-19 pandemic era so that they can improve business performance. This study was conducted to describe marketing communication strategies on the performance of MSMEs in Malang City during the Covid-19 pandemic era. This research approach used is quantitative research. The data collected using a scaling technique with a rating scale category from a dichotomous scale and then converted into nominal data to be analyzed by statistical tests. There are five variables, such as word of mouth (X1), social media (X2), personal selling (X3), sales promotion (X4) as independent variables and MSME performance (Y) as the dependent variable. The data collection technique used the survey method. The data collection instrument used a questionnaire (Answer options Yes or No). This study was tested for validity and reliability, multinomial logistic regression test and hypothesis testing. Furthermore, the data analysis tool used quantitative descriptive analysis and multinomial logistic regression analysis to determine the effect of independent variables on the dependent variable and continued with simultaneous hypothesis testing and Wald's test. The sample size of this study were 53 owners of MSMEs in Malang City and the sampling technique used was convenience sampling. The results of this study indicate that face-to-face offline marketing or personal selling has a partial effect on the decline in the performance of MSMEs. While the marketing communication strategy of word of mouth, social media and sales promotion did not have a partial effect on the decline in the performance of MSMEs. Based on the results of this study, it is recommended that MSMEs improve their marketing communication strategies, especially on word of mouth, social media and sales promotion strategies in order to maintain business continuity and improve business performance.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521040152 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Pemasaran, media social, personal selling, promosi penjualan,Kinerja UMKM, Marketing Communication Strategy, social media, personal selling, sales promotion, Performance of MSMEs |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 06:22 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 10:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189340 |
![]() |
Text
ZUHRIYYAH HASNA NUR FATIMAH.pdf Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |