Syamsiyah, Zelia Nur and Wisynu Ari Gutama,, SP., MMA and Destyana Ellingga Pratiwi,, SP., MP., M.BA (2021) Penentuan Strategi Prioritas Pemasaran Beras Cap Pak Tani Semeru Di Kabupaten Lumajang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kabupaten Lumajang termasuk kedalam sepuluh terbesar penghasil padi di Jawa timur. Luas tanam padi di Kabupaten Lumajang mencapai 33.898 Ha dan luas panen 61.372 Ha dengan produksi 342.752 ton pada tahun 2018 (BPS, 2019). Berdasarkan data tersebut penggilingan padi pada daerah Kabupaten Lumajang cukup berkembang. Hal ini sesuai dengan rencana kerja Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang dan Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang yang berkerjasama dengan kelompok lumbung dan penggilingan padi yang erat kaitanya dengan mendukung ketahanan pangan nasional. Seiring dengan banyaknya penggilingan padi yang berkerja sama, banyak penggilingan padi yang menawarkan beras dengan kualitas dan harga yang bervariasi. Persaingan dalam pemasaran beras semakin ketat. Mengingat strategi pemasaran penting dalam mempengaruhi kinerja dan kelangsungan usaha maka perlu dilakukan analisis prioritas strategi pemasaran yang tepat. Penentuan prioritas strategi pemasaran tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh UD Pak Tani, menentukan prioritas strategi pemasaran produk beras cap “Pak Tani Semeru” pada UD Pak Tani dalam upaya peningkatan volume penjualan. Penelitian ini dilaksanakan di UD Pak Tani, Desa Rojopolo, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Lumajang. Penentuan responden dilakukan dengan purposive sampling . Responden dalam penelitian ini terdiri dua responden yaitu pemilik dan direktur marketing UD Pak Tani. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu, penelitian yang dilakukan ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode analisis AHP yang digunakan dalam menentukan prioritas strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh UD Pak Tani. VIII Hasil penelitian menunjukkan bahwa prioritas dari kriteria strategi pemasaran yang harus dilakukan oleh UD Pak Tani adalah meningkatkan volume penjualan dengan nilai bobot prioritas yang dimiliki (0.509), prioritas kriteria kedua yaitu menghadapi persaingan dengan bobot prioritas (0.256), prioritas kriteria ketiga yaitu meningkatkan wilayah pemasaran dengan bobot prioritas (0.152) dan kriteria prioritas yang terakhir yaitu meningkatkan keuntungan dengan bobot (0.083). Terkait alternatif prioritas strategi pemasaran yang memiliki bobot paling tinggi untuk memaksimalkan kriteria strategi meningkatkan volume penjualan, menghadapi pesaing, meningkatkan wilayah pemasaran dan meningkatkan keuntungan adalah melakukan pemasaran secara langsung kepada konsumen. Hasil dari keseluruhan analisis alternatif strategi pemasaran pemasaran produk beras cap “Pak Tani Semeru” pada UD Pak Tani adalah alternatif strategi melakukan pemasaran secara langsung kepada konsumen yang menjadi prioritas utama dengan bobot (0.292) dengan CR 0.08. Kegiatan pemasaran langsung yang dilakukan akan menciptakan berbagai hubungan mulai dari hubungan pemasaran sampai hubungan persahabatan (Setiawan dan Busan, 2017). Selain itu pemasaran langsung mencakup hubungan yang luas, interaktif antara dua pihak dengan lebih dekat, sehingga hal ini akan lebih mempermudah pada saat menawarkan atau melakukan pemasaran. Oleh karena itu UD Pak Tani dapat menggunakan alternatif tersebut untuk meningkatkan strategi pemasaran yang optimal.
English Abstract
Lumajang district is one of the ten largest rice producers in East Java. The rice planted area in Lumajang district reaches 33,898 Ha and the harvested area is 61,372 Ha with a production of 342,752 tons in 2018 (BPS, 2019). Based on these data, rice mills in Lumajang district are quite developed. This is in accordance with the work plan of the Lumajang district Food Security Service and the Lumajang district Agriculture Office in collaboration with the granary and rice mill groups which are closely related to supporting national food security. Along with the many rice mills that work together, many rice mills offer rice of varying quality and price. Competition in rice marketing is getting tighter. Considering that marketing strategy is important in influencing performance and business continuity, it is necessary to analyze the priorities of the right marketing strategy. Determining the priority of the marketing strategy can be done using the Analytic Hierarchy Process (AHP) method. The purpose of this research is to identify the marketing strategy that has been carried out by UD Pak Tani, to determine the priority of the marketing strategy for the rice product labeled "Pak Tani Semeru" at UD Pak Tani in an effort to increase the sales volume. This research was conducted at UD Pak Tani, Rojopolo Village, Jatiroto sub-district, Lumajang district. Determination of respondents was done by purposive sampling. Respondents in this study consisted of two respondents, namely the founder or chairman of the UD Pak Tani management and management. The data collection techniques of this research are observation, interview and documentation. In addition, this research uses a quantitative descriptive research approach with AHP analysis method which is used in determining the priority of marketing strategies that can be carried out by UD Pak Tani. The results show that the priority of the marketing strategy criteria that must be carried out by UD Pak Tani is to increase sales volume with a priority weight X value (0.509), the second criterion priority is to face competition with a priority weight (0.256), the third priority criterion is to increase the marketing area. with a priority weight (0.152) and the last priority criterion is to increase profits with a weight (0.083). Regarding the alternative marketing strategy priorities that have the highest weight for maximizing the strategy criteria to increase sales volume, face competitors, increase marketing areas and increase profits, do marketing directly to consumers. The results of the overall analysis of the marketing strategy for the marketing strategy of the "Pak Tani Semeru" rice product at UD Pak Tani is an alternative strategy for marketing directly to consumers which is the main priority with a weight of (0.292) with a CR of 0.08. Direct marketing activities carried out will create various relationships ranging from marketing relationships to friendly relationships (Setiawan and Busan, 2017). In addition, direct marketing includes a broad, interactive relationship between two parties more closely, so this will make it easier when offering or doing marketing. Therefore, UD Pak Tani can use these alternatives to improve the optimal marketing strategy.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521040150 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 03:34 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 08:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189328 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
175040107111050 - ZELIA NUR SYAMSIYAH.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |