Strategi Bauran Pemasaran Cv. Bagus Agriseta Mandiri Dalam Menghadapi Pandemi Covid 19

Azzahra, Salsabila and Dr. Ir. Abdul Wahib Muhaimin,, MS. and Wisynu Ari Gutama,, SP., MMA. (2021) Strategi Bauran Pemasaran Cv. Bagus Agriseta Mandiri Dalam Menghadapi Pandemi Covid 19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menyebar luas baik di Indonesia maupun di seluruh dunia yang sampai saat ini masih belum jelas kapan berakhirnya. Dampak dari pandemi Covid-19 begitu besar bagi sektor kesehatan dan ekonomi. Pembatasan aktivitas masyarakat yang berpengaruh terhadap aktivitas dan mobilitas manusia dapat mengakibatkan terhambatnya perkembangan ekonomi maupun bisnis seperti yang dirasakan oleh usaha mikro, kecil, dan menengah. Hal tersebut akan memengaruhi perekonomian Indonesia karena kontribusi yang diberikan oleh UMKM sangat besar baik dari segi jumlah, penyerapan tenaga kerja, PDB atas dasar harga, dan total ekspor non migas. Sekitar 37.000 UMKM telah memberikan laporan kepada Kemenkop UKM atas penurunan penjualan. CV. Bagus Agriseta Mandiri merupakan salah satu usaha mikro kecil dan menengah yang mengalami dampak dari pandemi Covid-19. Masalah utama yang mereka hadapi adalah penurunan omzet dan penjualan selama pandemi Covid-19. Hal tersebut dikarenakan jumlah wisatawan menurun, sedangkan target pasar mereka adalah para wisatawan. Selain itu menurunnya minat konsumen untuk membeli produk oleh – oleh karena konsumen lebih memilih membeli makanan pokok pada kondisi yang seperti ini sehingga perlu dilakukan penelitian pada CV. Bagus Agriseta Mandiri untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bauran pemasaran yang dilakukan, menganalisis pengaruh variabel bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen dan mendeskripsikan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan produk CV. Bagus Agriseta Mandiri selama pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret – Juni 2021 di CV. Bagus Agriseta Mandiri yang terletak di Jalan Kopral Kasdi No.2 Banaran Bumiaji Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Responden pada penelitian ini sebesar 70 orang yang terdiri dari pemilik, karyawan, dan konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran memiliki sumbangan pengaruh sebesar 69.7% terhadap keputusan pembelian. Variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), dan bukti fisik (X7) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) sehingga sebaiknya dilakukan perbaikan dan disesuaikan dengan harapan, kebutuhan, dan keinginan konsumen. Selain itu variabel hubungan publik (X8) dan kekuatan (X9) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) sehingga dapat dijaga konsistensinya dan ditingkatkan agar lebih baik. Strategi pemasaran yang tepat bagi CV. Bagus Agriseta Mandiri adalah penjualan produk secara online, pemanfaatan program kampus merdeka, bekerja sama dengan platform yang berkesinambungan, pemanfaatan media promosi secara online, dan mengadakan event secara online.

English Abstract

The Covid-19 pandemic has spread widely in Indonesia and around the world, and it is still unclear when it will end. The impact of the Covid-19 pandemic is enormous for the health and economic sectors. Social restrictions that affect human activity and mobility can impede economic and business development as experienced by micro, small, and medium enterprises (MSME). This will affect to the economy in Indonesia because the contribution from MSMEs is very large such as in terms of numbers, employment, GDP based on price, and total non-oil and gas exports. Around 37.000 MSMEs have submitted reports to the Ministry of Cooperatives and MSME about the decrement in sales. CV. Bagus Agriseta Mandiri is one of the micro, small, and medium enterprises that has been affected by the Covid-19 pandemic. The main problem is the decrement in profit and sales during the Covid-19 pandemic. These are because of the number of tourists has decreased, while their market target is tourists. In addition, the customers prefer to buy staple foods than gift food or snack like fruit chips in this condition so it is necessary to do research on CV. Bagus Agriseta Mandiri to solve the problems. The purpose of this study are to describe the marketing mix that carried out, analyse the effect of marketing mix variables on customer’s purchasing decisions and describe the appropriate marketing strategies to increase sales during the Covid-19 pandemic. This research was conducted in March - June 2021 at CV. Bagus Agriseta Mandiri which is located at Kopral Kasdi Street No.2 Banaran Bumiaji, Bumiaji District, Batu City, East Java. Respondents in this study were 70 people consist of owners, employees, and customer’s. The method used in this research is multiple linear regression analysis. The results showed that the marketing mix has an influence contribution of 69.7% on purchasing decisions. Product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4), people (X5), process (X6), and physical evidence (X7) variables have no significant effect on purchasing decisions (Y) so should be improved and adjusted to the expectations, needs, and desires of customer. In addition, public relations and power variables have a significant effect on purchasing decisions so should be maintained in consistency and improved to be better. The right marketing strategies for CV. Bagus Agriseta Mandiri are selling products online, utilizing independent campus programs, collaborating with sustainable platforms, utilizing online promotion media, and creating online events.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040149
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Marketing Strategy, Marketing Mix, Purchasing Decision
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 04 Feb 2022 03:28
Last Modified: 03 Oct 2024 07:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189326
[thumbnail of SALSABILA AZZAHRAd.pdf] Text
SALSABILA AZZAHRAd.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item