Strategi Pengembangan Usaha Bumdes Raharjo “Lumbung Strawberry” Di Desa Pandanrejo Kota Batu

Wahdini, Nadia Laila and Prof. Dr. Ir. Budi Setiawan,, MS. and Febriananda Faizal,, SP., MP. (2021) Strategi Pengembangan Usaha Bumdes Raharjo “Lumbung Strawberry” Di Desa Pandanrejo Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) penting dilakukan oleh setiap desa, mengingat upaya tersebut akan berpengaruh pada ekonomi desa dan kesejahteraan masyarakat desa. Pengembangan BUMDes juga akan berpengaruh pada perekonomian nasional. Pentingnya peran BUMDes masih belum diikuti penanganan yang baik oleh manajemen BUMDes sendiri dan pemerintah daerah. Perkembangan yang baik pada suatu BUMDes akan berpengaruh pada desa, sehingga dapat dijadikan contoh oleh BUMDes lainnya dalam pengembangan usaha serta persaingan antar usaha yang sama akan semakin besar. Salah satu cara yang dapat digunakan oleh BUMDes untuk bertahan dalam kompetisi bisnis yang dilakukan yaitu dengan menerapkan suatu model bisnis untuk memudahkan proses bisnisnya. Pengembangan usaha yang dapat digunakan oleh BUMDes yaitu dengan menerapkan suatu model bisnis untuk memudahkan proses bisnisnya. Salah satu model bisnis yang dapat diterapkan secara sederhana menggunakan Business Model Canvas (BMC), dimana model bisnis ini akan menggambarkan terkait cara yang dilakukan BUMDes dalam menciptakan dan memberikan nilai tambah terhadap hasil produksinya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan gambaran usaha pada BUMDes Raharjo, mengidentifikasi usaha BUMDes Raharjo melalui Business Model Canvas (BMC), menganalisis potensi usaha yang dapat dijadikan sebagai keunggulan dari BUMDes Raharjo, dan membuat alternatif strategi yang dapat dijadikan sebagai prioritas pengembangan usaha BUMDes Raharjo. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu unit usaha BUMDes Raharjo, yaitu Lumbung Strawberry di Desa Pandanrejo, Kota Batu dengan teknik penentuan responden berupa purposive sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak dua orang yaitu Mas Andri sebagai koordinator lumbung stroberi, Mas Yudis sebagai koordinator stroberi fresh, dan Mas Sadam sebagai tour guide wisata petik stroberi. Selain itu, dalam penelitian ini juga menggunakan metode linear time function untuk mengetahui respoden dari konsumen lumbung stroberi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara menggunakan daftar pertanyaan dan kuisioner, observasi, dan dokumentasi untuk pendukung hasil penelitian. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis model bisnis berupa BMC yang digunakan untuk mengidentifikasi usaha di lumbung stroberi. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan analisis VRIO (Value, Rarity, Imitability, Organization) untuk melakukan analisis potensi usaha yang dapat dijadikan sebagai keunggulan kompetitif oleh lumbung stroberi. Melalui kedua analisis tersebut, alternatif strategi yang digunakan untuk pengembangan usaha dapat ditentukan melalui analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dan terakhir melakukan analisis IPA (Importance Performance Analysis) untuk mengetahui antara kepentingan harapan dari customer dengan tingkat kinerja dari lumbung viii stroberi. Sehingga, dapat diketahui prioritas strategi yang harus dilakukan oleh lumbung stroberi melalui matriks SWOT. Berdasarkan hasil analisis melalui sembilan blok BMC (Business Model Canvas) dapat diketahui bagaimana pelaksanaan usaha di lumbung stroberi yang terdiri dari: customer segment: wisatawan dan pedagang buah, customer relationship: konsistensi untuk menjaga mutu dan kualitas buah, channels: memanfaatkan media sosial untuk promosi dan mendatangi event-event, revenue stream: stroberi fresh dan wisata petik stroberi, value proposition: produk buah stroberi yang berkualitas, menjaga komunikasi dengan pelanggan, dan kemasan yang menarik, key activities: sortasi, pengiriman, dan perawatan fasilitas, key resource: buah stroberi yang berkualitas dan kemampuan dan pengalaman SDM, key patners: petani stroberi, tengkulak, dan wisata petik buah lainnya, dan cost structure: biaya air, listrik, pengemasan dan perawatan fasilitas. Berdasarkan hasil dari analisis VRIO (value, rarity, imitability, and organization) menujukkan bahwa sumber daya lumbung stroberi sebagian besar bersifat “Kesetaraan kompetitif” yang dimana dapat dijadikan sebagai keunggulan kompetitif, namun keunggulan tersebut bersifat sama dengan kompetitior. Terdapat juga satu sumber daya yang tergolong “Keunggulan kompetitif berkelanjutan. Selain itu juga, terdapat juga sumber daya yang tergolong “Keunggulan kompetitif sementara”. Selanjutnya, kapabilitas yang dimiliki oleh lumbung stroberi sebagian besar tergolong “Kesetaraan kompetitif”. Terdapat juga satu kapabilitas yang tergolong “Keunggulan kompetitif berkelanjutan”. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis SWOT, diketahui bahwa prioritas strategi terdapat pada kuadran I yang merupakan penerapan strategi SO (Strength-Opportunity) yang dinilai sangat menguntungkan bagi lumbung stroberi. Dan berdasarkan hasil analisis IPA diketahui bahwa kinerja dari lumbung stroberi sudah melebihi dari harapan konsumen atau sudah memuaskan baik dari produk wisata petik stroberi maupun buah stroberi fresh. Hal tersebut ditunjukkan hasil dari tingkat kesesuaian sudah lebih dari 100%. Namun, terdapat beberapa yang masuk ke kuadran I yang dimana perlu untuk dilakukan perbaikan.

English Abstract

The development of Village Owned Enterprises (BUMDes) is important for every village, considering that these efforts will affect the village economy and the welfare of the village community. The development of BUMDes will also affect the national economy. The importance of the role of BUMDes still not followed proper handling by its own management and local government BUMDes. Good development in a BUMDes will affect the village, so that it can be used as an example by other BUMDes in business development and competition between the same businesses will be even greater. One way that BUMDes can use to survive in business competition is by implementing a business model to facilitate its business processes.Business development that can be used by BUMDes is by implementing a business model to facilitate its business processes. One business model that can be applied simply is using the Business Model Canvas (BMC), where this business model will describe the way BUMDes creates and provides added value to their production results. The purpose of this research is to describe the business description at BUMDes Raharjo, identify the BUMDes Raharjo business through the Business Model Canvas (BMC), analyze the business potential that can be used as an advantage of BUMDes Raharjo, and create alternative strategies that can be used as a priority for business development of BUMDes Raharjo. This research was conducted in one of the BUMDes Raharjo business units, namely Lumbung Strawberry in Pandanrejo Village, Batu City with a purposive sampling technique for determining respondents. The respondents in this study were two people, namely Mas Andri as the coordinator of the Lumbung Strawberry, Mas Yudis as the coordinator of fresh strawberries, and Mas Sadam as the tour guide for picking strawberries. In addition, this study also uses the linear time function method to determine the respondents from strawberry barns consumers. Data collection techniques used are interviews using a list of questions and questionnaires, observation, and documentation to support the research results. This research is a quantitative descriptive research using business model analysis in the form of BMC which is used to identify businesses in the strawberry barn. In addition, this study also uses VRIO analysis (Value, Rarity, Imitability, Organization) to analyze business potential that can be used as a competitive advantage by the Lumbung Stroberi. Through these two analyzes, alternative strategies used for business development can be determined through a SWOT analysis (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) and finally an IPA (Importance Performance Analysis) analysis to determine the importance of customer expectations and the level of performance of the Lumbung Strawberry. Thus, it can be seen the strategic priorities that must be carried out by the Lumbung Strawberry through the SWOT matrix. Based on the results of the analysis through nine BMC (Business Model Canvas) blocks, it can be seen how the business implementation in the Lumbung x Strawberry consists of: customer segment: tourists and fruit traders; customer relationship: consistency to maintain fruit quality; channels: utilizing social media for promotion and attending events; revenue stream: fresh strawberries and strawberry picking tours; value proposition: quality strawberry fruit products, maintaining communication with customers, and attractive packaging; key activities: sorting, delivery, and facility maintenance; key resource: fruit quality strawberries and the ability and experience of human resources; key partners: strawberry farmers, middlemen, and other fruit picking tours; cost structure: costs of water, electricity, packaging and facility maintenance. Based on the results of the VRIO analysis, it shows that most of the lumbung strawberry resources are "competitive parity" which can be used as a competitive advantage, but these advantages are the same as competitors. There is also one resource that is classified as “Sustainable competitive advantage. In addition, there are also resources that are classified as “temporary competitive advantage”. Furthermore, the capabilities possessed by the lumbung strawberry are mostly classified as “Competitive parity”. There is also one capability that is classified as “Sustainable competitive advantage”. Furthermore, based on the results of the SWOT analysis, it is known that the strategic priority is in quadrant I which is the implementation of the SO (Strength-Opportunity) strategy which is considered very profitable for the lumbung strawberry. And based on the results of the IPA analysis, it is known that the performance of the strawberry barn has exceeded consumer expectations or has been satisfactory both from strawberry picking tourism products and fresh strawberries. This is indicated by the results of the conformity level being more than 100%. However, there are some that fall into quadrant I which need to be improved.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040148
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 04 Feb 2022 03:21
Last Modified: 23 Feb 2022 03:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189325
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175040107111041 - NADIA LAILA WAHDINI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item