Valuasi Ekonomi Agrowisata Lumbung Stroberi Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu Dengan Individual Travel Cost Method

Ningrum, Nadia Atika and Dr. Fahriyah ,, SP.,M.Si. and Dr.Ir. Suhartini ,, MP (2021) Valuasi Ekonomi Agrowisata Lumbung Stroberi Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu Dengan Individual Travel Cost Method. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor pariwisata di Indonesia menyumbangkan devisa negara yang cukup besar. Berbagai aspek pun menjadi hal penting untuk mendukung pariwisata, salah satunya adalah faktor pengunjung. Pengunjung berkontribusi melalui biaya yang dikeluarkan untuk melakukan kegiatan wisata. Biaya yang dikeluarkan pengunjung atas dasar kesediaan membayar (willingness to pay) merupakan perwakilan dari penerimaan suatu lokasi wisata. Agrowisata Lumbung Stroberi adalah salah satu destinasi wisata di Kota Batu, Malang yang memiliki beberapa potensi. Namun, dibandingkan dengan agrowisata lain yang berada di Kota Batu, Agrowisata Lumbung Stroberi masih belum ramai diketahui masyarakat. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi karakteristik dan persepsi pengunjung di Agrowisata Lumbung Stroberi, (2) Menganalisis faktor yang mempengaruhi permintaan kunjungan Agrowisata Lumbung Stroberi, (3) Menganalisis nilai ekonomi yang dihasilkan Agrowisata Lumbung Stroberi menggunakan Individual Travel Cost Method, dan (4) Mengetahui manfaat bagi masyarakat sekitar setelah adanya Agrowisata Lumbung Stroberi dibuka, serta saran pengunjung untuk perbaikan lokasi kedepannya. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kuantitatif. Metode penentuan lokasi dilakukan secara sengaja di Agrowisata Lumbung Stroberi dengan pertimbangan merupakan salah satu lokasi wisata alam yang baru dibuka. Kemudian metode pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan teknik non-probability sampling secara perhitungan linier time finction. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif untuk persepsi dan karakteristik konsumen, analisis regresi berganda untuk variabel independen yang ditetapkan oleh penulis, dan perhitungan nilai ekonomi dari Agrowisata Lumbung Stroberi dengan menggunakan rumus surplus konsumen. Analisis regresi linear berganda dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden pengunjung Agrowisata Lumbung Stroberi adalah perempuan, berusia 21-25 tahun, memiliki pekerjaan pelajar/mahasiswa, dengan pendapatan >Rp 2.000.000 per bulan. Dalam melakukan kunjungan wisata, mayoritas pengunjung menggunakan kendaraan pribadi berupa motor dengan jarak tempuh >2,5 Km, dan biaya perjalanan yang dikeluarkan selama menuju lokasi Agrowisata Lumbung Stroberi adalah <Rp 100.000. Kedatangan mayoritas pengunjung adalah untuk melakukan kegiatan petik strawberry, dengan biaya wisata <Rp 100.000. Adapun persepsi pengunjung adalah bahwa lokasi wisata berikut fasilitasnya sudah ternilai bersih dan rapih. Kemudian untuk masyarakat sekitar lokasi Agrowisata Lumbung Stroberi merasakan manfaat setelah Agrowisata Lumbung Stroberi dibuka adalah bertambahnya lokasi wisata edukasi, membuka lapangan pekerjaan, serta i menambah pendapatan masyarakat setempat. Terakhir, tiap responden memberikan saran dimana mayoritas saran adalah untuk menambah jumlah fasilitas seperti toilet dan tempat sampah, serta menambah dekorasi seperti lokasi spot foto. Hasil analisis linear berganda didapatkan bahwa ketiga variabel independen yaitu biaya perjalanan, pendapatan, dan jarak tempuh secara (simultan) bersma-sama berpengaruh terhadap frekuensi kunjungan di Agrowisata Lumbung Stroberi. Besar nilai surplus konsumen Agrowisata Lumbung Stroberi per individu per kunjungan adalah Rp 6.336.155. Sedangkan nilai ekonomi per tahun dari Agrowisata Lumbung Stroberi adalah Rp 4.416.300.035.

English Abstract

The tourism sector in Indonesia contributes a large amount of foreign exchange. Various aspects are also important to support tourism, one of which is the visitor factor. Visitors contribute through the costs incurred to carry out tourism activities. The costs incurred by visitors on the basis of willingness to pay are representative of the acceptance of a tourist location. Lumbung Stroberi Agrotourism is one of the tourist destinations in Batu City, Malang which has several potentials. However, compared to other agro-tourism located in Batu City, the Strawberry Barn Agro-tourism is still not widely known by the public. Therefore, the objectives of this study are: (1) Identifying the characteristics and perceptions of visitors at the Strawberry Barn Agrotourism, (2) Analyzing the factors that influence the demand for Strawberry Barn Agrotourism visits, (3) Analyzing the economic value generated by Strawberry Barn Agrotourism using Individual Travel Cost Method, and (4) Knowing the benefits for the surrounding community after the Strawberry Barn Agrotourism was opened, as well as visitor suggestions for future improvement of the location. The research approach used is a quantitative approach. The method of determining the location is carried out intentionally at the Strawberry Barn Agrotourism with the consideration that it is one of the newly opened natural tourism locations. Then the sampling method is carried out using a non-probability sampling technique with a linear time fiction calculation. The data analysis technique used is descriptive test for consumer perceptions and characteristics, multiple regression analysis for the independent variables set by the author, and the calculation of the economic value of Strawberry Barn Agrotourism using the consumer surplus formula. Multiple linear regression analysis was performed using the SPSS 25 application. The results showed that the majority of respondents who visited the Lumbung Strawberry Agrotourism were women, aged 21-25 years, had student jobs, with income > Rp 2,000,000 per month. In making tourist visits, the majority of visitors use private vehicles in the form of motorbikes with a distance of > 2.5 Km, and the travel costs incurred during the trip to the Strawberry Barn Agrotourism location are < Rp 100,000. The arrival of the majority of visitors is to carry out strawberry picking activities, with a tourist cost of <Rp 100,000. The visitor's perception is that the tourist location and its facilities are clean and tidy. Then for the community around the location of the Strawberry Barn Agrotourism to feel the benefits after the Strawberry Barn Agrotourism was opened, namely the increase in educational tourism locations, creating jobs, and increasing the income of the local community. Finally, each respondent gave suggestions where the majority of suggestions were to increase the number of facilities such as toilets and trash cans, as well as add decorations such as photo spot locations. iii The results of multiple linear analysis showed that the four independent variables, namely travel costs, income, travel costs, and mileage (simultaneously) had an effect on the frequency of visits at the Strawberry Barn Agrotourism. The value of the consumer surplus of Strawberry Barn Agrotourism per individual per visit is IDR 6.336.155. While the annual economic value of the Strawberry Barn Agrotourism is IDR 4.416.300.035.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040146
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 04 Feb 2022 03:08
Last Modified: 23 Feb 2022 08:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189321
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175040107111034 - Nadia Atika Ningrum.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item